10 Tips Cara Jadi Rockstar di Kantor, Coba Deh!

10 Tips Cara Jadi Rockstar di Kantor, Coba Deh!

Salah satu tantangan terbesar bagi sebuah perusahaan adalah mempekerjakan kandidat yang tepat untuk mengisi suatu posisi. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang baik tentu tidak akan segan akan memberikan fasilitas untuk memaksimalkan kinerja karyawan, mulai dari menyediakan lingkungan kerja nyaman hingga mengadakan berbagai program pelatihan.

Meski demikian, usaha perusahaan tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan niat sang karyawan untuk memberikan performa maksimal. Menjadi seorang pegawai handal memang tidaklah semudah membalikkan tangan, namun hal itu bukan berarti tak mungkin dilakukan kok.

Nah, Anda yang ingin menunjukkan dedikasi terhadap perusahaan tentu memerlukan cara agar dapat menjadi karyawan rockstar. Untuk itu, tim redaksi telah menyiapkan beberapa langkah mudah agar Anda dapat bertransformasi dari karyawan biasa saja menjadi super menonjol berikut ini:

Artikel lain: Membangun Suasana Kerja Kondusif Ternyata Tidak Mahal

1. Mengambil Inisiatif, Sangat Perlu Dilakukan!

Mengambil inisiatif telah terbukti menjadi salah satu strategi paling ampuh yang dapat dilakukan agar Anda menjadi karyawan rockstar. Langkah ini tentu akan membuat Anda bersinar, dan pastinya diikuti dengan penghargaan jika inisiatif tersebut berakhir dengan kesuksesan.

Jangan hanya diam atau komplain, namun segeralah mengambil inisiatif mencari jalan keluar jika Anda mengetahui ada masalah yang terjadi dalam lingkungan kerja. Kinerja bagus ini pasti akan diakui dan Anda segera mendapatkan apresiasi.

2. Kemampuan Berkomunikasi yg Handal

Sebagian masalah biasanya dapat diselesaikan dengan pemilihan kata yang tepat selama negosiasi atau diskusi berlangsung. Oleh karena itu, asahlah kemampuan berkomunikasi Anda setajam mungkin agar dapat bertutur kata dengan baik. Ingat, pastikan orang lain – baik sesama karyawan atau atasan – memahami dengan jelas maksud dan tujuan setiap pernyataan Anda.

3. Belajarlah Dari Para Senior

Anda tidak perlu tahu semua hal tentang kantor untuk menjadi karyawan rockstar karena Anda memiliki senior yang lebih memahami seluk-beluk tempat kerja. Mereka adalah orang-orang yang telah berpengalaman selama beberapa waktu, sehingga pastinya lebih mengetahui cara menyelesaikan suatu tugas dengan efisien.

Jangan pernah malu belajar dari orang-orang berpengalaman tersebut. Lihatlah bahgaimana mereka menyiapkan pekerjaan dan menyelesaikannya dengan baik. Ikuti cara mereka berkomunikasi dengan pelanggan maupun atasan, kemudian belajar dan tingkatkan kualitas diri Anda dengan menambahkan berbagai sisi positif yang telah dipelajari.

4. Jangan Ragu Bertanya

Banyak orang ragu bertanya karena mereka takut terlihat bodoh di mata orang lain. Namun ingatlah bahwa pertanyaan adalah hal yang cukup penting untuk membantu percepatan proses belajar sekaligus meningkatkan kemampuan. Hanya saja, berpikirlah dulu sebelum bertanya sehingga pertanyaan yang diajukan bukanlah sesuatu yang retoris atau tidak penting.

Artikel lain: Tips Mendekorasi Kantor Agar Terlihat Makin Cantik

5. Teruslah Berlatih

Latihan tidak hanya membuat Anda semakin “sempurna” namun juga meningkatkan kecepatan menyelesaikan masalah. Dengan terus-menerus berlatih, pikiran dan tenaga Anda akan dibentuk untuk lebih sigap dan tanggap menghadapi segala hal yang mungkin terjadi dalam lingkungan kantor.

6. Selalu Siap

Bersiaplah untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi begitu menginjakkan kaki di kantor. Anda tidak hanya menunjukkan diri sebagai pribadi yang dapat diandalkan, namun juga memberitahu atasan bahwa Anda layak menyandang gelar karyawan rockstar.

7. Jangan Terlalu Kompetitif

Semua orang dapat melihat jika Anda berusaha sangat keras, oleh karena itu jangan sampai terjebak dalam “lingkaran setan” ini. Anda harus mempersiapkan diri dengan baik agar segala urusan kantor dapat diselesaikan tanpa memberikan dampak negatif pada Anda maupun kolega.

Ambisi memang merupakan sikap cukup bagus, namun hal ini tak dapat dijadikan sebagai alasan untuk mengorbankan apapun demi tercapainya sebuah hal. Ingatlah, untuk menjadi rockstar Anda erlu menunjukkan dedikasi, bukan ambisi.

8. Jangan Membuang Waktu

Bergosip atau berdiskusi kusir selama jam produktif berlangsung bukanlah sesuatu yang bisa ditoleransi. Maka dari itu, hindari kegiatan ini selama Anda masih terikat jam kerja agar dapat menampilkan hasil maksimal.

9. Berbuat Baik Kepada Sesama

Jangan pernah menjadi terlalu sok memerintah atau mengatur ketika ada karyawan baru datang ke perushaan. Jadilah orang yang senang membantu dan membuat nyaman karena lingkungan kantor yang baik juga berengaruh pada kinerja seorang pegawai.

Baca juga: Situs Job Listing ~ Era Baru Media Online Pencari Kerja

10. Berpikirlah Sebelum Berbicara

Luangkan waktu sejenak untuk berpikir mengenai segala hal yang akan dilakukan. Berhati-hatilah dengan pernyataan yang keluar dari mulut karena hal itu dapat berpengaruh pada pencitraan diri dalam pikiran orang lain.

Itulah beberapa strategi menjadi karyawan rockstar dalam sebuah kantor. Ingat, seorang karyawan rockstar diukur dari kemampuannya menyelesaikan pekerjan kantor dan bukan karena perkataannya. So, talk less and do more.

2 KOMENTAR

  1. Tips yang sangat menginspirasi. Tentu saja semua karyawan ingin menjadi yang terbaik diantara rekan rekannya. Namun ada satu teori yang mengatakan, se-cemerlang apapun anda di tempat kerja, jangan pernah sekalipun menunjukkan bahwa anda lebih baik dari bos anda :D itu malah akan berdampak buruk :)

    • Wah bener banget itu mas hahaha…. boss nya malah ga senang. Sifat manusia ingin selalu tampil dan terlihat lebih baik dari orang lain. Kalau memang lebih baik dari boss, mendingan jangan ditonjolkan ya, nunggu saat yang tepat saja.

Tinggalkan Balasan