5 Keuntungan Saat Merintis Usaha Sendiri Menurut Founder dan CEO BukaLapak

ceo bukalapak

Image dari Vidio.com

“Berwirausahalah, maka Anda akan mendapatkan banyak keuntungan,” Inilah pesan yang disampaikan oleh founder dan CEO BukaLapak Ahmad Zaky. Ahmad Zaky saat ini memang telah menjadi pebisnis e-commerce yang sukses. Namun jalan menuju kesuksesannya tidak berjalan dengan mulus. Ada banyak halangan dan rintangan yang menghadang perjalanan Zaky.

Dari keinginan orangtuanya menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), usaha awal mi ayam yang bangkrut hingga penolakan dari banyak pihak saat merintis BukaLapak. Namun meski banyak penolakan, Zaky tetap bertekad untuk mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses.  Lalu apa yang membuat semangat Ahmad Zaky begitu bersemangat dan bergelora dalam mewujudkan impiannya untuk menjadi seorang entrepreneur ini? Berikut lima keuntungan yang diungkap Zaky ketika seseorang menjadi pengusaha dan merintis usaha sendiri. Berikut ulasannya.

1. Hubungan Relasi yang Baik

Keuntungan pertama menurut Ahmad Zaky dari berwirausaha atau merintis usaha sendiri adalah memiliki hubungan relasi yang banyak dan baik.  Jika Anda telah menjadi seorang pengusaha Anda mau tak mau harus menjalin hubungan dengan banyak orang, entah itu mitra, konsumen atau para pekerja Anda.

Dari sini maka Anda akan memiliki relasi atau jaringan yang banyak dan luas. Selain itu berbeda ketika Anda menjadi karyawan dimana Anda harus menjaga sikap dihadapan atasan. Disitu Anda akan menjadi orang yang penuh dengan kepura-puraan. Sikap yang penuh Kepura-puraan inilah yang akhirnya membuat Anda dan lingkungan menjadi tidak sehat.

Artikel lain: Mau Sukses Seperti Tony Fernandes? Berikut 4 Tips Bisnis dari Bos Air Asia Tersebut




Namun hal ini akan berberda ketika Anda menjadi pengusaha dan membangun bisnis sendiri. Wirausahawan disini umumnya akan cenderung memilih partner kerja yang memiliki visi sama agar tak terjadi bentrok sehingga tak perlu membuat sikap yang penuh kepura-puraan.

2. Keuntungan Lebih Banyak

Jika Anda menjadi pengusaha, Anda hanya akan memperoleh penghasilan dari gaji yang bersifat tetap setiap bulannya. Namun Jika Anda menjadi wirausahawan, Anda bisa memperoleh pendapatan atau penghasilan yang tak terbatas, tergantung pada usaha dan kerja keras Anda mengerjakannya.

Pada buku yang ditulis Dan Miller, No More Dreaded Mondays, dijelaskan bahwa kesempatan menjadi orang berpenghasilan besar memang datang dari mereka yang mau merintis usaha sendiri atau berwirausaha. Namun sayangnya, karena banyak orang yang takut dan khawatir akan risiko yang ada maka banyak orang yang kemudian enggan mau mengambil peluang ini.

3. Lebih Banyak Pelanggan

Sudah tak terbantahkan jika Anda menjadi seorang wirausahawan, maka Anda akan mendapatkan respon dari para konsumen atau pelanggan Anda. Apalagi jika Anda memiliki produk atau jasa yang baik, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang akan berdatangan kepada Anda. Ini tentu saja akan sangat berbeda jika Anda bekerja menjadi karyawan.

Bila Anda menjadi karyawan maka Anda tidak akan mendapat banyak pelanggan atau konsumen dari apa yang Anda lakukan. Alih-alih mendapatkan pelanggan, Anda justru akan memberikan pelanggan bagi perusahaan tempat Anda bekerja.




4. Adaptasi Lebih Cepat

Seorang pengusaha memang akan dituntut untuk cepat menyesuaikan diri baik dengan lingkungan maupun dengan perubahan yang ditimbulkannya. Adaptasi yang cepat ini ternyata juga berlaku saat pengusaha akan menjalin hubungan dengan orang lain sebagai mitra atau pelanggan. Mereka bisa menyesuaikan diri dengan lebih cepat dan juga bekerja dengan lebih cepat.

Namun hal ini akan sulit terjadi pada orang yang masih berstatus karyawan, dimana mereka akan cenderung kesulitan menyesuaikan diri dalam hal apapun, termasuk dalam memenuhi ekspektasi lingkungannya.

Baca juga: Mengutip 6 Pelajaran Bisnis Dari Hadirnya Startup Go-Jek

5. Lebih banyak respek

Terakhir, keuntungan yang akan diperoleh ketika seseorang menjadi wirausahawan menurut Ahmad Zaky adalah mendapatkan banyak respek. Ya, karena Anda adalah seorang pimpinan bisnis atau usaha, maka sangat wajar bila Anda akan mendapatkan banyak sorotan dan perhatian dari banyak orang.

Nah dari sinilah kesempatan Anda untuk mendapatkan respek lebih besar muncul, sebab dengan Anda bekerja dengan baik dalam menjalankan perusahaan dan terlebih mencapai sebuah prestasi, maka gelombang respek akan datang menghampiri Anda. Namun hal ini akan berbeda jika Anda hanya menjadi seorang karyawan dimana respek akan didapat dari seorang atasan itu pun jika Anda berhasil membuat prestasi yang hebat.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Saya setuju sekali dengan tulisan ini, bagaimanapun juga kalau kita wirausaha salah satu juga yg bisa kita dapatkan adalah kebebasan, dalam artian kita bisa mengatur waktu kita sendiri.

  2. Saya juga sering memasang iklan di bukalapak mas.. hasilnya pun lumayan..

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud