5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mulai Bisnis Online

memulai bisnis online

Fenomena bisnis online di Indonesia semakin mempesona dan membuat banyak pebisnis tertarik untuk ikut terjun di dalamnya. Semua kalangan bisnis dengan berbagai macam produknya berlomba – lomba membuat bisnis offlinenya menjadi bisnis online. Jika dilihat dari perkembangan #eCommerce di Indonesia yang begitu luar biasa, ke depan bisnis dunia maya ini tampaknya akan semakin menjadi primadona di Indonesia.

Begitu banyak sekali startup bisnis online yang bermunculan dengan menawarkan berbagai macam produk maupun jasanya. Namun demikian banyak juga startup bisnis online yang terkesan asal – asalan dan melakukan berbagai kesalahan dalam persiapannya melaunching bisnis online. Jika Anda termasuk pelaku bisnis yang sedang mengembangkan bisnis online, maka perhatikan kesalahan – kesalahan yang sering terjadi berikut ini, dan hindarilah.

1. Terlalu Lama Melaunching Sebuah Produk atau Jasa

Ketika Anda memutuskan menekuni bisnis internet, maka segalanya harus berjalan dengan cepat dan terkonsep dengan baik. Karena jika Anda tidak sigap menangkap sebuah peluang, maka jangan heran jika peluang tersebut akan hilang dalam sekejap. Persaingan yang demikian ketat menjadi sebuah tantangan untuk kita agar selalu cermat dan tangkas dalam melangkah.

Jika Anda terlalu lama dan tidak segera melaunching produk atau jasa yang akan Anda kelola, maka kemungkinan besar Anda akan disalip oleh pesain. Untuk itu, betapa pentingnya sebuah konsep dalam mempersiapkan bisnis online menjadi kunci utama Anda dalam mengembangkan startup bisnis online.

Artikel lain: Tips Menghadapi Bisnis Online yg Sedang Sepi

2. Tidak Memperhatikan Suara Konsumen

Pelanggan atau konsumen adalah bisa diibaratkan nyawa bagi bisnis yang Anda kelola. Bagaimana bisnis yang sedang Anda kelola bisa berkembang dan tumbuh lebih besar tanpa adanya pelanggan, rasanya itu tidak lah mungkin. Selalu mendengarkan saran dan kritik dari pelanggan sangat membantu menjadikan #startup bisnis online Anda semakin tumbuh dan berkembang.

Jangan sampai Anda mengabaikan hal ini, karena suara konsumen sangat Anda perlukan dalam masa – masa membangun sebuah bisnis online. Meskpiun juga harus Anda lakukan filterisasi terhadap suara mereka. Tidak semua konsumen juga menyampaikan saran yang membangun.

3. Tidak Menawarkan Sesuatu Yang Berbeda

Bisnis online adalah pertarungan yang sangat ketat. Percayalah jika Anda tidak menawarkan sesuatu yang berbeda, berarti Anda mengawalinya dengan buruk. Sesuatu yang berbeda bisa menjadi daya tarik yang sangat efektif untuk memikat para pelanggan. Sesuatu yang berbeda bukan saja tentang produk yang Anda tawarkan. Anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda meskipun produk yang Anda tawarkan sama dengan yang lain.

Memberikan reward atau semacamnya bisa menjadi salah satu cara menjadikan produk Anda berbeda. Jadi untuk memulai sebuah bisnis online, Anda haru mampu membuat sesuatu menjadi berbeda dan menarik di mata konsumen.

4. Tidak Mempunyai Tim Kerja

Sangat berat memulai bisnis apalagi bisnis online dengan persaingan yang sangat ketat seperti saat ini dengan mengandalkan diri sendiri. Tidak ada seorang pun yang berhasil memulai dan mengelola bisnis tanpa adanya bantuan dari orang lain.




Jangan terlalu memaksakan diri untuk menjalankan semuanya sendirian, terlalu berat jika Anda melakukannya. Coba manfaatkan potensi – potensi yang ada di sekitar Anda, baik dari keluarga maupun teman – teman Anda.

Selain itu, pengalaman dari orang yang berada di atas Anda juga sangat penting dalam menopang usaha bisnis Anda. Ketika semua itu bisa Anda maksimalkan dan bersinergi dengan baik, maka ke depan perjalanan bisnis Anda akan lebih nyaman dan bisa berkembang dengan baik.

Baca juga: Beberapa Kelebihan Bisnis Online, Tapi Jangan Terlena!

5. Berpikir Terus Tanpa Action

Jangan terlalu banyak berpikir segeralah action. Terlalu banyak memikirkan konsep, bisnis plan atau yang lainnya bisa sangat menghabiskan waktu Anda. Meskipun semuanya itu sangat diperlukan, namun jangan sampai Anda hanya terjebak dalam situasi tingkat berpikir saja. Anda menjadi lupa bagaimana harus memulainya jika semuanya hanya ada dalam pikiran Anda.

Biasakan sejak sekarang untuk segera mengeksekusi semua plan bisnis Anda. Jangan sampai Anda hanya sibuk merevisi rencana yang telah Anda buat saja. Semuanya tergantung bagaimana Anda menyikapi nya. Jika semuanya dirasa sudah siap, maka segera kerjakan, jangan ditunda – tunda lagi.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud