Tips Menghadapi Bisnis Online yg Sedang Sepi

Menghadapi-Bisnis-Online-Sedang-Sepi

Menjalankan bisnis apapun harus sabar, tekun dan selalu berinovasi. Tak terkecuali dengan bisnis online. Walaupun kita rajin memberikan informasi melalui media sosial atau membuat update produk, bukan berarti bisnis online tak akan mengalami keadaan sepi dan kurang order.

Banyak orang lebih memilih bersikap pasif dan tidak melakukan inovasi apa-apa pada saat bisnis online mereka sedang sepi. Padahal hal ini malah akan membuat bisnis yang dirintis dengan susah payah akan semakin tenggelam dan kalah saing dengan ribuan bisnis online lainnya.

Lalu langkah-langkah apa yang harus dilakukan saat menghadapi bisnis online yang sedang sepi pesanan?

1. Mengamati dan Memperbaiki

Tak ada bisnis online yang langsung ramai pesanan ketika baru saja dirintis. Untuk membuat bisnis online kita menjadi lebih ramai dan diminati pelanggan, maka kita harus mengamati jenis produk yang kita pasarkan, kualitas pelayanan serta akses yang mudah bagi para pelanggan. Dengan senantiasa melakukan pengamatan terhadap bisnis yang kita jalankan, maka kita akan lebih termotivasi untuk melakukan perbaikan untuk memajukan bisnis online.

Artikel terkait: Tips Sederhana Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

2. Update Produk Agar Lebih Variatif

Para pelanggan dan calon pelanggan kita tentu akan merasa senang bila bisa memilih berbagai varian produk yang banyak jenisnya. Mereka jadi tak akan mudah bosan dan tetap setia mengikut perkembangan bisnis online kita. Bila kita menjual produk fashion berupa busana wanita, maka kita bisa menyediakan aneka jenis, warna dan ukuran produk yang bervariasi. Sementara jika kita menjual produk kuliner bercitarasa pedas, mulailah menyediakan beragam produk kuliner yang bervariasi, contohnya keripik, basreng, abon, sambal dan varian produk kuliner lainnya. Ini contoh saja ya.




3. Tampil Lebih Unik dan Berbeda Dari yang Lain

Bila kita merasa bahwa menjual produk fashion seperti baju, sepatu atau aksesoris sudah menjadi hal yang lumrah di bidang bisnis online, maka kita bisa mencoba berinovasi dengan menjual produk-produk yang unik dan beda dari yang lain. Beberapa jenis produk handmade seperti gelang etnik, kerajinan paper quilling atau kerajinan clay bahkan tak hanya tampak keren dan eksklusif, namun juga bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

4. Pemasaran Online dan Offline Sama Pentingnya

Proses pemasaran bagi bisnis online tak hanya harus dilakukan melalui berbagai media online seperti media sosial, forum jual beli atau aplikasi chat saja. Kita juga harus lebih giat untuk mengikuti event offline seperti pameran, bazaar atau event kerjasama lainnya. Melalui event yang bersifat offline, kita bisa memperkenalkan bisnis online kita secara langsung kepada banyak orang.

Artikel lain: Bahasa Marketing yang Sangat Ampuh untuk Pemasaran Online

Jangan lupa untuk menyediakan kartu nama yang unik dan informatif agar bisnis online kita tampak menarik dan selalu diingat oleh orang lain. Cantumkan saja informasi dan nomor kontak yang jelas agar mudah dihubungi oleh orang-orang yang kita temui saat melakukan pemasaran secara offline.

5. Jangan Pelit Memberi Bonus atau Reward

Jangan pernah pelit untuk memberi bonus atau bentuk reward lainnya kepada para pelanggan kita. Apalagi jika pelanggan kita sering membeli atau sedang membeli dalam jumlah yang banyak. Bonus yang ingin kita berikan bisa beragam jenisnya, mulai dari bonus produk yang sama, potongan ongkos kirim atau voucher cash back.




Meskipun keuntungan yang kita peroleh akan berkurang sedikit, namun upaya ini cukup ampuh untuk mempertahankan loyalitas dan kepercayaan para pelanggan kita. Pelanggan yang merasa puas dan dihargai tentu tak akan segan untuk kembali mempercayai bisnis online kita di lain kesempatan.

Kesimpulan yang bisa kita peroleh dari ulasan bisnis online kali ini adalah bahwa kita akan menemukan banyak cara untuk meningkatkan reputasi dan order bisnis online kita bila kita memiliki semangat dan terus optimis. Keoptimisan akan membuat kita jadi bisa berpikir secara jernih dan menemukan inovasi-inovasi baru di bidang bisnis online.

Baca juga: Belajar Mengenali Tipe Konsumen dalam Bisnis Online

Ketatnya persaingan bisnis online seharusnya tak menjadi alasan bagi kita untuk menjadi pebisnis yang pesimis dan mudah menyerah. Karena ada banyak jalan keluar untuk orang yang senantiasa mau berusaha.So, fill your energy up !




2 total comments on this postSubmit yours
  1. ini dia tips yg saya cari-cari, bisnis online saya sedang mengalami penurunan, semoga dengan menerapkan tips diatas bisa lebih baik lagi

  2. terimakasih kang tipsnya, saya juga sedang belajar bisnis online nih.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud