5 Kebiasaan Positif yang Dapat Dilakukan di Akhir Pekan

5 Kebiasaan Positif yang Dapat Dilakukan di Akhir Pekan

kebiasaan positif

Akhir pekan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Utamanya para pekerja yang sudah menghabiskan 5 hari dalam hidupnya untuk bekerja, akhir pekan bahkan bisa menjadi layaknya hadiah pelepas penat selepas bekerja.

Untuk mengisi waktu akhir pekan, kebanyakan dari kita mungkin lebih memilih bersantai di rumah serta menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun bagi sebagian yang lain, ada juga yang justru memilih tetap bekerja, tentunya dengan berbagai alasan.

Lalu apakah Anda tahu kebiasaan positif apa saja yang bisa kita lakukan di akhir pekan. Yang pasti beberapa kebiasaan berikut ini telah banyak dilakukan oleh mereka kini sukses. Tidak hanya memberikan dampak positif terhadap psikologis, kebiasaan ini ternyata juga dapat mempersiapkan diri kita menghadapi tantangan di awal pekan.

1. Berlatih Meditasi

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa meditasi menjadi pilihan kebiasaan positif bagi pengusaha sukses tingkat dunia macam Donald Trumt serta banyak lainnnya. Alasannya tentu sederhana, kegiatan meditasi bisa memberikan aura relaksasi yang menenangkan.

Untuk melakukan meditasi tentu tidak selalu membutuhkan trainer khusus, kita bisa melakukannya dengan cara yang mudah. Yang paling penting adalah mencari tempat tenang serta jauh dari gangguan, baik dari keluarga atau lingkungan sekitar. Berikutnya ambil posisi yang paling nyaman dan mulailah mengatur pernafasan. Lebih lengkap kita bisa browsing teknik meditasi sederhana via #internet.

Artikel lain: 5 Kebiasaan Sederhana Untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis Via Media Sosial

2. Mengikuti Kegiatan Kemasyarakatan

Kebiasaan positif berikutnya adalah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan. Kegiatan kemasyarakatan yang dimaksud di sini bisa sangat luas. Kegiatan kerja bakti atau arisan santai dengan tetangga lingkungan sekitar bisa menjadi contoh yang paling umum. Namun lebih luas lagi, menjadi relawan di tempat-tempat pelayanan masyarakat juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Selain mampu memberikan suasana lain, kebiasaan ini juga mampu memupuk persaudaraan yang lebih erat dengan orang disekitar kita. Kita bisa lebih mengenal tetangga atau bahkan memperbanyak kenalan dari berbagai kalangan.

3. Menyediakan “Me Time”

Mungkin banyak dari rekan-rekan yang sudah pernah mendengar istilah “Me Time”. Istilah ini merepresentasikan waktu khusus yang diperuntukkan hanya bagi diri kita sendiri untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Pendapat lainya menambahkan,  umumnya Me Time dilakukan secara seorang diri tanpa ditemani orang lain karena ingin memciptakan suasana personal.

Jika berbicara tentang Me time tentu bisa sangat bervariasi satu orang dengan yang lain, karena setiap orang tentu mempunyai kesenangan sendiri-sendiri. Ada yang akan menyendiri tenggelam dengan hobi yang ditekuni. Atau bagi para kaum hawa ada yang memilih meluangkan waktu pergi ke pusat perbelanjaan, entah untuk berbelanja atau sekedar jalan-jalan cantik memantau tren fashion terbaru.

4. Menggali Potensi Diri

Bagi Anda dengan kepribadian aktif dan tidak suka berdiam diri, kebiasaan positif yang bisa menjadi pilihan adalah menggali potensi diri.

Kegiatan ini bisa sangat menyenangkan mengingat kita akan mencoba sesuatu yang baru dalam hidup kita. Bagi pribadi ekstrovert mencari bakat diri yang selama ini masih tersimpan terdengar sangat menantang. Sebagai contoh yakni dengan mempelajari hobi, alat musik, atau olahraga baru yang belum pernah kita coba.

Selain bisa menjadi sarana pelepas penat, bukan tidak mungkin kebiasaan positif yang satu ini bisa mengantarkan kita pada pintu kesuksesan lain yang tidak terduga.

Baca juga: 4 Pola Pikir Yang Bisa Membunuh Ide Kreatif Anda

5. Membuat Catatan Kegiatan

Kebiasaan positif yang terakhir adalah membuat catatan kegiatan. Tips pamungkas ini pasti terdengar mainstream bagi kita. Mengingat kembali hal-hal yang telah dilalui kemudian menuangkannya dalam media tulisan mungkin sudah banyak orang melakukannya.

Namun sadarkah Anda seberapa besarnya keuntungan mempunyai catatan personal tentang kegiatan kita sehari hari. Kita bisa mengetahui semua hal baik kesalahan, kelalaian atau hal buruk agar ke depan bisa kita hindari. Dan sebaliknya, jika kita telah melakukan hal yang bisa memberikan efek positif, kita bisa melakukannya kembali.

Beberapa saran kebiasaan positif di atas semoga bisa memberikan masukan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah jalankan semua kegiatan tersebut dengan konsisten. Dengan menjaga konsistensi, perlahan dampak positif kegiatan tersebut akan bisa kita rasakan. Dan akhirnya membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

4 KOMENTAR

  1. Ane cuma ngeblog min sama main game Age Of Empires :v

  2. Wah kalau saya paling hari minggu cuman molor dan maen game doang min, haha

Tinggalkan Balasan