Inilah 5 Kebiasaan Gaya Hidup Boros yang Harus Segera Anda Tinggalkan

Inilah 5 Kebiasaan Gaya Hidup Boros yang Harus Segera Anda Tinggalkan

menghilangkan gaya hidup boros
Image dari Tribunnews.com

Sebagian besar orang pada umumnya sudah hidup serba susah malah suka menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang sifatnya tidak penting. Bahkan dalam segi pemakaian sesuatu kadang sampai berlebihan. Ada peribahasa lama yang isinya ‘Sudah Jatuh Tertimpa Tangga’ yang artinya sudah tertimpa sial malah di timpa lagi dengan kesialan. Mungkin peribahasa ini cocok untuk menggambarkan bagi setiap orang yang suka menghamburkan uangnya, dan juga memakai sesuatu hal tidak pada porsinya.

Akan lebih bijak apabila kita telah bisa menempatkan segala hal pada tempatnya masing-masing, tanpa harus menuruti nafsu dan keegoisan diri kita. Apakah Anda saat ini mengalami pengeluaran yang berlebihan ketimbang pemasukan yang Anda dapatkan? Coba untuk bisa lebih memperhatikan pos-pos mana saja yang paling menguras kantong Anda, sebagai dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan gaya hidup boros Anda.

Maka dari itu, demi menekan dan mengubah kebiasaan gaya hidup boros, dan agar bisa berinvestasi atau menabung demi bekal masa depan, simak 5 kebiasaan boros yang harus Anda tinggalkan secepatnya berikut ini.

1. Gaya Hidup Online

Seiring dengan pesatnya perkembangan kemajuan teknologi dan juga informasi di internet, semakin banyak orang mengikuti tren gaya hidup serba online. Mencari hiburan semakin mudah juga menyenangkan, jika ingin menonton film secara online Anda tinggal mengunjungi situs Netflix atau Amazon. Sedangkan mengunduh lagu secara resmi bisa melalui iTunes ataupun sejenisnya.

Gaya hidup yang serba online semakin lengkap dengan hadirnya berbagai aplikasi game berbasis online di berbagai perangkat #smartphone. Saat ini makin banyak orang yang rela meluangkan waktunya untuk main game, bahkan tak segan untuk bisa membeli sejumlah perangkat game pendukung demi memuaskan kebutuhannya tersebut. Inilah salah satu kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan secepatnya, apabila Anda tidak menginginkan kondisi keuangan saat ini semakin memburuk.

Artikel lain: Inilah 4 Alasan Mengapa Pegawai Sulit Kaya!

Usahakan agar Anda bisa me-manage segalanya dengan baik, jangan sampai terjebak gaya hidup online yang tidak terkendali, apalagi ada dua hal yang harus Anda bayar biaya #internet dan juga biaya tambahan lainnya seperti langganan situs dan game. Meski memang tidak dipungkiri lagi bahwa orang pada dasarnya membutuhkan apa itu yang dinamakan hiburan, tapi lebih baik untuk tidak terlalu berlebihan.

2. Boros Listrik dan Air

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan ialah usahakan agar bisa menekan biaya pengeluaran bulanan. Dimulai dari menghilangkan kebiasaan buruk di rumah, matikan perangkat elektronik yang tidak dipakai seperti AC, TV, begitu pula mematikan lampu di siang hari atau di saat rumah Anda kosong. Jangan meremehkan biaya listrik meskipun terdengar sepele, tapi pada kenyataannya telah banyak orang merasakan aliran listrik di rumahnya di cabut karena tidak mampu membayar biaya listrik yang kian membengkak.

Mulai terapkan kesadaran pada diri dengan hemat energi, hemat listrik di rumah. Selain itu pertimbangkan untuk mengganti lampu lama Anda dengan jenis lampu LED yang lebih hemat energi dan lebih rendah konsumsi listrik.

3. Pengeluaran yang Tidak Perlu

Orang pada umumnya, demi menjaga hidup serba kekinian, banyak yang rela merogoh kantong dalam-dalam untuk keperluan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Entah itu untuk keperluan pribadi seperti pergi ke salon, terapi kecantikan, dan membeli barang yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Langkah baik untuk mengatasi semua hal itu hapus salah satu yang paling membebani keuangan Anda dan jarang di gunakan.

4. Kebiasaan Merokok

Merokok intinya tidak memiliki manfaat apapun terhadap diri kita, oleh karena itu cobalah secara perlahan agar bisa menghentikan kebiasaan buruk satu ini. Misalnya jika harga sebungkus rokok mungkin tak begitu mahal, namun apa jadinya jika habis 20 bungkus dalam seminggu atau sebulan? apabila harga sebungkus dari rokok harganya 20.000, maka hitung dengan banyaknya bungkus yang Anda habiskan setiap minggunya.

Itu belum termasuk biaya kesehatan yang nantinya akan mengenai Anda atas dampak yang ditimbulkan dari rokok tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi intinya sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri Anda, maka ada baiknya untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Artikel lain: Dimulai Sebelum Berkeluarga, Atur Keuangan Anda Agar Tak Berantakan

5. Salah Dalam Perencanaan Keuangan

Dalam merencanakan #keuangan ada baiknya jika Anda membuatnya ke dalam beberapa poin. Misalnya dengan tabungan, investasi, serta asuransi, khusus investasi dan juga asuransi Anda harus lebih berhati-hati dan memiliki bekal pengetahuan yang tepat.

Untuk prinsip asuransi yang memiliki resiko tinggi perlu Anda pahami dulu dengan baik. Pemborosan biasanya terjadi pada hal investasi dan asuransi yang bentuknya unit link. Sedangkan untuk segi asuransi sendiri, pemborosan kadang terjadi pada pengambilan produk yang sebenarnya belum Anda perlukan saat ini.

1 KOMENTAR

  1. itu tuh.. yang gaya hidup online yang blum bisa difilter :D

Tinggalkan Balasan