Dimulai Sebelum Berkeluarga, Atur Keuangan Anda Agar Tak Berantakan

Image dari bobbyfinance.com

Image dari bobbyfinance.com

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa masa muda adalah identik dengan masanya bersenang-senang. Masa muda adalah masa dimana seseorang bebas mengeluarkan uang mereka tanpa harus berpikir ke depan. Alasan yang sering mereka jadikan argumen adalah karena mereka belum terikat oleh siapapun alias belum berumah tangga. Makanya mereka cenderung memuaskan diri mereka dengan tidak mengindahkan beberapa aturan, terutama sering terjadi pada masalah #keuangan.

Kebanyakan para pemuda, meski memiliki gaji besar mereka seperti sulit sekali mengatur keuangan mereka sendiri. Akibatnya adalah keuangan mereka kacau dan berantakan, dan bahkan sering terjadi uang sudah habis sebelum gaji bulan depan didapatkan.

Keadaan semacam ini jika Anda juga mengalaminya, maka sebaiknya segera Anda tinggalkan. Jangan sampai berkepanjangan, karena jika dibiarkan maka masa depan Anda akan semakin tidak jelas. Untuk itu, Anda harus pandai mengelola keuangan ketika masih lajang, simak tips mengelola keuangan ketika masih single di bawah ini.



1. Ubahlah Mindset Anda Dalam Keuangan

Umumnya mereka yang masih lajang sering menggunakan kalimat “mumpung masih lajang”, kalimat tersebut sering digunakan untuk menghalalkan Anda dalam menghamburkan uang. Mulai saat ini, jangan gunakan kalimat tersebut untuk melakukan hal negatif. Maknai kalimat tersebut dengan arti bahwa mumpung masih lajang Anda harus pandai mengelola keuangan.

Anda tidak boleh bertindak boros dan mengeluarkan uang begitu saja tanpa berpikir ke depan. Single tau lajang adalah alasan yang sangat tepat bagi Anda untuk terus mengumpulkan uang untuk persiapan masa depan.

Artikel lain: Belajar Mengatur Keuangan Keluarga Baru Agar Lebih Stabil 

2. Ada Baiknya Anda Menggunakan Beberapa Rekening

Jika selama ini Anda terbiasa bertindak boros, maka tips dengan menyimpan uang pada beberapa rekening bisa sangat bermanfaat. Jadi Anda bisa menggunakan dua atau tiga rekening berbeda untuk menyimpan uang Anda. Dari masing-masing rekening tersebut bisa Anda bagi untuk pos-pos keuangan yang Anda butuhkan.

Misalnya jika Anda memiliki tiga rekening, maka rekening pertama bisa Anda gunakan untuk menyimpan gaji misalnya, rekening selanjutnya untuk uang operasional, dan rekening ke tiga untuk persiapan kebutuhan tak terduga. Cara ini bisa sangat membantu Anda dalam membagi keuangan yang efektif dalam kehidupan.

3. Biasakan Dalam Diri Anda Untuk Menabung

Ingat ya, dibiasakan, jangan hanya asal ingat saja baru menabung. Sebisa mungkin sisihkan uang dari gaji Anda untuk ditabung meskipun sedikit. Biasakan hal ini setiap bulan, dan jangan Anda ambil sedikitpun uang tabungan Anda.

Kebiasaan seperti ini sangat bagus, meski Anda menabung dengan nominal yang tidak seberapa, namun jika Anda melakukannya secara konsisten, maka tentu semakin lama akan semakin besar jumlahnya. Jadikan menabung sebagai kebiasaan Anda.

4. Jadilah Pribadi yang Hemat

Jangan menjadi seseorang yang konsumtif dalam kehidupan Anda, jadilah orang yang lebih hemat. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang Anda untuk keperluan yang tidak perlu. Ubah gaya ahidup Anda jika selama ini Anda merasa sebagai pribadi yang konsumtif.

Membeli barang mewah atau bagus sah-sah saja, namun jangan jadikan itu sebagai kebiasaan Anda dalam setiap kali berbelanja. Usahakan sebisa meungkin pengeluaran Anda jangan sampai melebihi gaji yang Anda peroleh. Akan lebih baik jika Anda bisa mengatur pengeluaran seminim mungkin untuk menjaga kesehatan finansial Anda.

5. Jauhkan Diri Anda Dari Hutang

Memang seringkali kita melakukan hal ini, namun sebaiknya hindari sejauh mungkin untuk berhutang. Hutang, ketika Anda melakukannya sekali saja, maka Anda akan terus melakukannya karena Anda sudah terjerat dalam kecanduan untuk melakukannya. Sehingga hal ini akan semakin menyulitkan Anda ke depannya, bukannya membuat hidup Anda menjadi mudah.

Jeratan hutang akan sangat sulit sekali terlepas ketika Anda sudah memulainya sendiri. Maka sebisa mungkin hindari hutang, jangan sampai Anda terjebak di dalamnya.

Baca juga: Semasa Masih Single, Manfaatkan Dana Untuk Investasi Yuk!

6. Hiduplah Sederhana Dan Bersahaja

Kadang masa muda itu sangat identik dengan gensi gede-gedean. Ketika teman membeli barang mewah, kita sering terbakar emosi sehingga ingin juga membeli barang yang lebih mewah. Inilah yang salah, mulai dari sekarang cobalah hidup sederhana dan bersahaja.

Hidup sederhana bukan berarti Anda hidup dalam kekurangan, namun lebih kepada bagaimana Anda mampu mengelola keuangan Anda sendiri agar tetap sehat. Apalagi jika Anda masih lajang, maka tentunya Anda juga perlu memikirkan masa depan.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud