5 Hal Ini Menandakan Kinerja Customer Service Bisnis Anda Perlu Pembenahan

5 Hal Ini Menandakan Kinerja Customer Service Bisnis Anda Perlu Pembenahan

Image dari Businessreviewusa.com
Image dari Businessreviewusa.com

Peran customer service terhadap perusahaan dan bisnis sangat vital. Mereka adalah salah satu ujung tombak yang bisa menentukan perjalanan keberhasilan bisnis Anda. Karena dari customer servicelah konsumen akan langsung berinteraksi dengan bisnis Anda. Ketika customer service bekerja dengan maksimal, maka itu akan sangat membantu bisnis Anda akan semakin maju. Namun sebaliknya, ketika customer service Anda melempem, tentu itu adalah masalah yang bisa menghambat kinerja perusahaan Anda.

Ada beberapa tanda atau indikator yang bisa dilihat secara kasat mata dari kinerja seorang customer service. Jika ada beberapa tanda di bawah ini pada customer service Anda, maka artinya ada yang perlu dibenahi dari kinerja customer service Anda.

1. Keluhan Pelanggan dan Konsumen yang Semakin Tinggi

Jangan abaikan keluhan dari konsumen atau pelanggan Anda. Keluhan dari konsumen pada perusahaan sebenarnya bukan hanya selalu terkait dengan produk yang Anda tawarkan. Perlu juga Anda pelajari dari banyaknya keluhan yang masuk ke perusahaan. Bisa jadi itu terjadi karena pelayanan customer service Anda bekerja kurang profesional.

Karena kurang profesionalnya customer service Anda, bisa mengakibatkan penilaian konsumen dan pelanggan menjadi buruk terhadap keseluruhan bisnis Anda. Jadi, tanda-tanda seperti ini juga harus menjadi perhatian utama Anda terhadap kinerja customer service Anda.

Artikel lain: Inilah 5 Unsur Penting Dalam Pelayanan Konsumen, Coba Terapkan!

2. Semakin Berkurangnya Pelanggan Anda

Mulai berkurangnya pelanggan setia Anda bisa jadi sebagai indikator bahwa customer service tidak bekerja maksimal. Pelanggan adalah seseorang atau konsumen yang bukan hanya sekali atau dua kali bekerja sama dengan Anda, namun lebih dari itu pelanggan membina hubungan baik dengan Anda.

Nah, jika pelanggan Anda mulai ada yang meninggalkan Anda, maka perlu adanya evaluasi yang menyeluruh. Jangan hanya produk bisnis Anda saja yang Anda evaluasi, namun sumber daya yang ada dalam perusahaan juga perlu dievaluasi. Termasuk di dalamnya kinerja customer service Anda. Bagaimana mereka bekerja dan memberikan layanan kepada para konsumen, apakah sudah maksimal atau sebaliknya.

3. Customer Service Tidak Menjadi Agen Pemasaran yang Baik

Semua perusahaan tentu sudah menyadari bahwa peran customer service sangat besar dalam berkontribusi kepada perusahaan. Namun kontribusi tersebut akan sangat baik jika mereka juga masuk dalam rencana #strategi marketing perusahaan Anda.

Kenapa demikian, karena memang costumer service lah yang paling sering bersentuhan langsung dengan konsumen maupun pelanggan perusahaan Anda. Jadi dengan memaksimalkan peran mereka sama halnya dengan memaksimalkan strategi marketing Anda.

Baik secara langsung maupun tidak, reputasi bisnis Anda berada di tangan customer service. Sehingga ketika seorang customer service tidak memiliki kemampuan “menjual” maka ini akan sangat merugikan pada bisnis Anda.

4. Sering Terjadi Kesalahan Dalam Memberi Informasi Pada Konsumen

Ini sangat berbahaya bagi perusahaan Anda jika benar-benar terjadi. Jangan sampai informasi yang diberikan oleh customer service perusahaan kepada konsumen salah. Sangat fatal lagi jika kesalahan informasi tersebut Anda ketahui justru dari konsumen, ini tidak boleh terjadi dan tidak bisa dibiarkan.

Cara terbaik adalah dengan selalu mengingatkan dan memberikan briefing pada costumer service Anda. Berikan pengertian kepada meraka bahwa mereka adalah ujung tombak perusahaan. Jadi sebaik mungkin diusahakan untuk memberikan informasi sebenar-benarnya kepada konsumen.

Baca juga: 6 Kiat Agar Bisnis Online Anda Kredibel di Mata Konsumen

5. Tidak Ada Respon Sama Sekali Dari Konsumen

Keadaan seperti ini juga patut Anda waspadai, sama sekali tidak ada respon dari konsumen bukan berarti keadaan baik-baik saja. Justru bisa sebaliknya, jika sesekali ada komplain maupun keluhan yang masuk, itu adalah bentuk perhatian dari mereka kepada perusahaan Anda.

Namun jika sama sekali tidak ada masukan baik berupa kritik atau saran, maka artinya perusahaan Anda di mata mereka para konsumen tidak begitu penting. Untuk itu, jika Anda mengalami keadaan seperti ini, ada baiknya segera melakukan evaluasi.

Tentu saja respon positif yang selalu kita harapkan dari para konsumen, ketika mereka sudah menyampaikan respon positif, maka dengan tidak langsung mereka juga tak segan memberikan rekomendasi positif kepada yang lain terhadap perusahaan Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan