5 Cara Meningkatkan Integritas Anda Dalam Dunia Bisnis

integritas bisnis

Integritas adalah suatu yang harus Anda miliki ketika Anda memutuskan untuk berbisnis. Integritas bisa menentukan kesuksesan Anda dalam mengelola, menjalankan dan bahkan mengembangkan sayap bisnis Anda.

Integritas berhubungan langsung dengan tingkat kepercayaan baik klien maupun rekan partner bisnis Anda. Integritas berbanding langsung dengan cara menjunjung tinggi nilai – nilai positif dalam mengimplementasikan etika dalm berbisnis.

Apalagi jika Anda seorang pemula dalam berbisnis atau mungkin sedang menjalankan perusahaan #startup, integritas menjadi sangat penting Anda miliki. Meningkatkan integritas Anda dalam mengelola sebuah bisnis bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Anda bisa meningkatkan integritas dalam berbisnis dengan 5 cara di bawah ini.

1. Buatlah Janji yang Bisa Anda Tepati

Janji adalah bagian pertama dari keputusan, yang Anda pilih untuk Anda pertanggung jawabkan dalam bisnis. Bila Anda tidak menindak lanjuti janji-janji Anda, Anda telah kehilangan sebagian kepercayaan dari orang dan mungkin gagal untuk memenuhi tanggung jawab Anda. Jadilah bijaksana dalam menjaga dan memenuhi kewajiban Anda pada waktu yang tepat.

Bukan hanya janji terhadap orang – orang dalam lingkungan kerja Anda, namun janji terhadap keluarga dan orang terdekat juga harus menjadi pertimbanga. Hargailah janji dan waktu Anda kepada mereka.




Artikel lain: Stop! Jangan Lakukan Ini, Jika Anda Ingin Meraih Sukses

2. Jujur Dalam Semua Komunikasi yang Anda Jalin

Jujur dalam dalam komunikasi Anda adalah berarti mengatakan apa yang akan Anda lakukan dan kemudian Anda benar – benar melakukannya. Orang memahami bahwa hidup penuh dengan tantangan. Ketika Anda memberikan komunikasi yang jujur kepada orang lain tentang kewajiban Anda dan mengapa sesuatu bisa (atau tidak bisa) terjadi dalam kerangka waktu yang dijanjikan, mereka kemungkinan besar akan mengerti.

Cobalah untuk tidak overcommit untuk menyenangkan orang lain. Hal ini akan menyebabkan hilangnya integritas dan hubungan yang Anda jalin kemungkinan besar akan mengalami kegagalan.

3. Jadikan Lingkungan Anda Tetap Bersih dan Terorganisir

Jika sebagian besar waktu Anda habiskan untuk bekerja di kantor, maka jagalah lingkungan kantor Anda menjadi bersih. Kelihatan sederhana memang, namun percayalah dengan melakkan hal kecil seperti sekedar menata kertas yang berserakan di kantor akan sangat berpengaruh terhadap integritas Anda dalam bekerja.

Jika itu Anda lakukan sendiri, maka jelas terlihat bahwa Anda pandai mengorganisir waktu dan tempat dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan sendirinya ini bisa menjadi penilaian yang sangat bagus bagi bawahan maupun rekan atau kolega bisnis Anda.




Selain itu menyempatkan waktu untuk melakukan hal-hal kecil yang Anda telah lama ingin lakukan untuk diri sendiri juga sangat bermanfaat. Misalnya saja, kapan terakhir kali Anda meluangkan waktu untuk membaca buku? Mulai sekarang coba organisir waktu dengan efektif dan efisien.

4. Tetap Fokus Pada Tujuan Bisnis

Betapa pentingnya sebuah fokus dalam dunia bisnis, bahkan jika Anda gagal fokus maka akan membuat semua yang menjadi rencana kerja Anda akan berantakan. Selalu fokus pada tujuan awal dari bisnis Anda. Target yang sudah Anda buat dalam master plan bisnis Anda harus Anda kerjakan sekuat tenaga. Jangan mudah beralih fokus dalam berbisnis, semua itu akan menghabiskan energi Anda dan mempengaruhi integritas Anda sendiri.

Cara fokus bisnis yang baik salah satunya adalah dengan mengorganisir waktu yang bagus. Menata waktu dengan benar bisa menjaga keseimbangan hubungan baik dengan pekerjaan maupun dengan keluarga, yang akhirnya bisa meningkatkan fokus Anda dalam bisnis.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Untuk Membentuk Karakter Manajer Yang Baik

5. Berada Dalam Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan saat ini bukan saja interaksi sosial secara langsung person by person. Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan berinteraksi dengan handphone, #internet atau pun dengan cara lain yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan masukan positif.

Untuk meningkatkan integritas Anda, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang Anda kagumi bisa sangat membantu. Jika Anda tidak merasa Anda dapat terlibat secara pribadi dengan orang-orang berpengaruh, maka dengan membaca buku atau mendengarkan seminar motivasi bisa menjadi pilihan untuk membantu meningkatkan kesadaran Anda ke arah yang lebih baik. Integritas Anda dalam hidup bisa jadi terpengaruh dengan masukan yang Anda dapatkan dari lingkungan Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud