Lakukan 7 Hal Ini Untuk Membentuk Karakter Manajer Yang Baik

karakter manajer

Dalam menjalankan sebuah bisnis, baik itu besar ataupun masih #startup, kedudukan seorang manajer adalah sangat vital. Meskipun sedang menjalankan bisnis Anda sendiri, meskipun tidak ada posisi manajer secara formal, namun fungsi manajer dalam bisnis yang Anda kerjakan harus terisi secara maksimal. Bisa jadi Anda sendiri lah yang menjadi seorang manajer dalam bisnis yang Anda kelola.

Untuk mendukung bisnis yang Anda kerjakan, Anda harus bisa membangun karakter manajer yang baik. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang manajer yang handal dan disayangi karyawannya. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Jadilah Seorang yang Pandai Memberi Motivasi Positif

Ada banyak karakter orang yang bekerja pada Anda. Masing-masing karakter biasanya juga mempunyai alasan yang berbeda juga dalam melakukan pekerjaan. Ada sebagian orang yang bekerja karena memang mereka menyukai pekerjaannya. Ada juga yang bekerja dengan orientasi uang saja.

Selain itu ada pula yang bekerja karena keduanya. Untuk itu Anda harus pandai menyelami masing-masing karakter yang ada dan apa yang mereka inginkan dalam bekerja. Kemudian dari situ Anda bisa mulai memberi motivasi yang positif dalam urusan bekerja.

Artikel lain: 10 Etika Dalam Berbisnis, Sudahkah Anda Memilikinya?

2. Jadilah Seorang Pemimpin, Jangan Hanya Jadi Seorang Manajer

Ketika Anda sudah membangun sebuah tim dari karyawan yang terpilih, lalu Anda sudah memberikan motivasi yang mereka butuhkan. Mungkin Anda merasa masih ada sesuatu yang kurang, itu adalah sikap leadership. Jadi tidak akan ada gunanya motivasi yang Anda lakukan terhadap karyawan untuk memacu nya bekerja pada puncaknya, tanpa adanya sosok seorang pemimpin yang tegas dan berwibawa.

Kemampuan memimpin orang lain sangat berperan penting dalam melakukan tugas sebagai seorang manajer. Karakter manajer ideal tentunya harus mampu merangkum baik fungsi sebagai manajer maupun pemimpin tersebut.

3. Menjadi Seorang Komunikator yang Handal

Tidak bisa tidak, seorang manajer yang baik harus memiliki gaya komunikasi yang baik dalam karakter manajerialnya. Bagaimana bisa Anda memimpin orang lain, jika Anda tidak mampu mengkomunikasikan visi dan misi bisnis Anda. Anda tidak dapat memotivasi orang jika mereka tidak bisa mengerti apa yang Anda inginkan. Keterampilan komunikasi dapat ditingkatkan melalui banyak latihan.

4. Kelola Waktu Dengan Baik

Seorang manajer yang bijak, tidak hanya pandai dalam mengelola sebuah tim bisnis. Namun lebih dari itu, manajer harus pandai pula mengelola waktunya untuk menjalankan sebuah bisnis agar tetap berjalan dengan baik. Hal ini harus tercermin dalam karakter manajer yang terus dikembangkan setiap saat.

Semakin pandai Anda mengelola waktu, maka efektifitas dan efisiensi sebuah bisnis akan tercapai dengan sempurna. Efektifitas dalam berbisnis adalah elemen utama pendukung dalam meningkatkan keuntungan maupun meminimalisasi biaya yang memungkinkan. Dan tentu saja hal ini menjadi salah satu faktor penunjang kesuksesan bisnis Anda.




5. Handal Dalam Mengelola Keuangan

Tentu saja dalam berbisnis tidak bisa dipisahkan dengan urusan keuangan. Menjadi seorang manajer pun juga demikian, pengelolaan keuangan juga menjadi prioritas utama. Bagian keuangan dalam sebuah bisnis memang ada yang menghandel sendiri. Namun Anda sebagai seorang manajer juga harus mengetahui seluk beluk keuangan dalam sebuah bisnis.

Anda juga harus mampu memberikan kritik maupun saran keuangan dalam sebuah bisnis yang sedang Anda atau perusahaan Anda jalankan. Ini juga menjadi tantangan tersendiri dalam membangun karakter manajer yang baik.

6. Selalu Meningkatkan Kualitas Diri Setiap Waktu

Jangan pernah melupakan diri Anda sendiri. Kadang fokus yang terlalu banyak pada karyawan membuat Anda lupa pada diri Anda. Lupa untuk selalu meningkatkan kualitas dan kemampuan diri. Selalu pelajari diri Anda setiap waktu, temukan kekurangan yang ada pada diri Anda untuk kemudian diperbaiki.

Disadari atau tidak kemampuan untuk mengelola diri sendiri juga termasuk karakter manajer yang baik. Sebuah konsep pengembangan diri juga harus Anda petakan dengan baik untuk memudahkan dalam melakukan evaluasi diri ke depan nya.

Baca juga: Intip Tips 3 CEO Dunia Bebas dari Stress Berat

7. Selalu Luangkan Waktu Untuk Istriahat

Apapun pekerjaan yang Anda geluti, jangan lupakan istirahat sejenak. Bagaimanapun juga kekuatan tubuh dan pikiran manusia ada batasnya. Anda menjadi kurang toleran pada diri Anda sendiri dan tentu saja tim Anda jika mengabaikan hal ini. Anda juga menjadi mudah tersinggung dan tegang jika kurang istirahat. Selain itu, jika terlalu over-stres Anda juga menjadi tidak efektif lagi dalam bekerja. Istirahatlah! Berikan diri Anda kesempatan untuk bersantai dan mengisi ulang kembali baterai Anda. Peningkatan produktivitas Anda ketika Anda kembali akan lebih dari ketika Anda sama sekali tidak beristirahat.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. bermanfaat banget bagi para manager. ok terima kasih.

    • sama-sama mas

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud