4 Tips Mengatur Keuangan Yang Baik Bagi Seorang Freelancer

Tips-Mengatur-Keuangan-Yang-Benar-Bagi-Seorang-Freelancer

Salah satu pekerjaan yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun adalah menjadi seorang freelancer. Jangan anggap remeh bekerja sebagai seorang freelancer karena di era modern ini semakin banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa mereka. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam menekuni profesi sebagai pekerja lepas. Yang paling disukai dari bekerja sebagai freelancer adalah karena kita bisa bekerja sesuai dengan passion dan kemampuan kita.

Selain itu kita juga bisa menentukan sendiri berapa gaji yang ingin kita peroleh dari pekerjaan yang kita kerjakan, tentunya juga harus disesuaikan dengan kemampuan kita. Namun ada kelemahan yang sering menjangkiti seorang freelancer, yaitu lemahnya pengelolaan #keuangan yang ia dapatkan. Banyak freelancer yang gagal dalam hal keuangan karena tidak bisa memanage finansialnya dengan baik.

Karena earning yang tidak tentu, kadang mereka menghasilkan uang sangat banyak dan kadang bahkan tidak mendapat apapun. Karena itu, kemampuan mengatur keuangan dengan baik harus dimiliki oleh seorang freelancer. Bagaimana cara mengatur keuangan yang benar bagi seorang pekerja lepas? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Pisahkan Uang Untuk Kebutuhan Pokok Di Awal

Kalkulasikan dengan baik dan benar apa saja yang menjadi kebutuhan pokok Anda ke depan. Jika Anda sudah berkeluarga, utamakan kebutuhan di rumah. Berapa kebutuhan Anda sekeluarga setiap bulannya, biaya makan, listrik, air, obat, jika ada hutang atau cicilan juga harus Anda hitung sekalian. Jika sudah menemukan berapa jumlah yang harus dikeluarkan dalam sebulan, segera sisihkan uang atau gaji yang Anda dapat.

Hal ini untuk mengamankan finansial keluarga Anda, selain itu juga untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Ini semua harus Anda lakukan di awal bulan, jika Anda menghitungnya bulanan, atau juga bisa Anda lakukan segera ketika Anda mendapatkan penghasilan.

Artikel lain: Alasan Betapa Pentingnya Ahli Keuangan Untuk Bisnis Anda

2. Selalu Persiapkan Dana Darurat

Harus kita sadari bahwa seorang freelancer tidak sama dengan karyawan atau pegawai yang lainnya. Karena besarnya penghasilan seorang freelancer tidak bisa dipastikan setiap bulannya. Untuk itu kita harus selalu menyisihkan uang untuk keperluan darurat yang sangat mungkin ditemui.

Dana ini bisa digunakan untuk keperluan mendadak, jangan Anda pakai untuk keperluan yang lain. Misalnya bisa Anda gunakan untuk biaya perbaikan mobil/ motor yang tiba-tiba rusak, atau mungkin juga untuk anggota keluarga Anda yang mendadak sakit. Sisihkan 20% – 30% saja dari gaji yang Anda dapatkan. Sebaiknya lakukan dengan berkala, karena mungkin saja ke depan kebutuhan darurat kita sangat besar.

3. Hindari Gaya Hidup Yang Konsumtif

Syarat menjadi seorang freeancer yang sukses salah satunya adalah bisa menjaga pola hidup yang baik. Artinya tidak menjadi seseorang yang konsumtif. Seringkali penyebab freelancer mengalami kesulitan dalam keuangan adalah karena kebiasaan hidupnya yang terlalu konsumtif. Jika mendapatkan gaji, selalu ingin membeli sesuatu yang bahkan tidak penting untuk dimiliki.

Ini mungkin karena seorang freelancer dibayar atas kerjanya per proyek yang biasanya tentu lebih besar dari karyawan bulanan. Untuk itu, seorang freelancer harus bisa mengatur keuangannya agar pada saat tidak mendapatkan proyek masih bisa bertahan sampai ada proyek lagi.

4. Catat Setiap Earning Yang Masuk

Terlihat sepele memang, hanya mencatat setiap penghasilan yang diperoleh. Namun manfaat yang kita dapatkan dari mencatat setiap penghasilan tersebut sangat banyak. Jadi dalam menyelesaikan proyek yang freelancer dapatkan pasti akan mendapatkan earning yang berbeda.




Dengan mencatat penghasilan, kita bisa memperhitungkan berapa besar kebutuhan yang bisa diambil dari gaji tersebut. Karena setiap proyek memiliki penghasilan yang berbeda, maka Anda juga harus pandai-pandai menyiasati dalam menyesuaikan pendapatan dengan pengeluaran. Dengan mencatat earning, Anda bisa menggunakan uang secara efektif dan efisien.

Baca juga: Kesalahan ini Sering Dilakukan Pebisnis Muda Saat Mengelola Keuangan

Itulah sedikit tips bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik bagi seorang freelancer. Sekarang ini banyak sekali freelancer sukses yang penghasilannya lebih besar dari pada seorang pegawai kantoran atau karyawan. Walaupun mendapat earning yang besar, penghasilan tersebut harus dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Belajar mengatur keuangan memang harus kita lakukan supaya kita mepergunakan uang dengan baik dan benar, terima kasih atas postingannya, di tunggu postingan selanjutnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud