4 Tips Jitu Memenangkan Persaingan Ketat dalam Bisnis Batik

Image dari viva.co.id

Image dari viva.co.id

Kalau dulu mungkin batik adalah barang yang sulit dijumpai dan ditemukan di pusat perniagaan, kini batik sangat merajalela dan hampir bisa ditemui di mana saja. Ya, sekarang batik memang telah menjadi komoditas yang bernilai jual sangat baik.

Sejak diakuinya batik sebagai budaya milik Indonesia oleh UNESCO, batik memang telah melesat dan populer. Maka tak ayal apabila kini banyak sekali orang yang tertarik menjual dan berbisnis komoditas batik ini. Dari baju hingga atribut pendukung fashion lain yang terbuat dari batik mereka jual dengan harapan memperoleh keuntungan lebih.

Tidak hanya dari tingkat pengecer, para produsen pada komoditas batik ini pun meningkat sangat signifikan. Maka kemudian tumbuh kota-kota industri batik di Indonesia seperti Solo, Jogja, Pekalongan dan lain-lain. Dari tumbuhnya batik sebagai komoditi bisnis ini maka tak ayal bila kemudian saat ini bisnis batik ini telah menciptakan persaingan yang sangat sengit.

Artikel lain: Strategi Pemasaran Yang Efektif Dengan Target Pasar Lokal

Maka dari itu untuk Anda yang memang telah berbisnis batik atau lebih-lebih Anda yang sedang merencanakan berbisnis batik, perlu mempersiapkan strategi khusus agar produk batik Anda bisa langsung diterima pasar. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk berbisnis batik di tengah persaingan yang sangat sengit ini.




1. Buatlah Model Sendiri yang Kreatif

Tips pertama untuk berbisnis batik di tengah persaingan yang sangat ketat ini adalah dengan membuat model sendiri. Diferensiasi produk memang sesuatu yang mutlak dilakukan agar Anda bisa dilirik oleh konsumen di tengah banyaknya bisnis serupa.

Untuk menciptakan diferensiasi di bidang #fashion batik ini tentu Anda harus bisa melakukan perbedaan model dengan lainnya. Dengan adanya model kreasi Anda yang berbeda, produk Anda akan menjadi familiar karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki pebisnis batik lain. Jika Anda mampu menciptakan keunikan dengan adanya perbedaan pada produk, Anda akan berpeluang besar untuk menarik konsumen lebih besar.

Maka dari itu jangan ragu dan takut untuk melakukan kreasi pada model produk batik yang akan Anda pasarkan. Terus eksplorasi diri Anda dengan menciptakan karya-karya batik yang kreatif dan bisa menjadi trensetter.

2. Ciptakan Brand Bisnis Batik yang Populer

Untuk bisa laris manis dan memenangkan persaingan yang ketat ini, brand memang mau tak mau harus Anda perkuat. Brand atau merk produk batik Anda akan menjadi senjata ampuh untuk menaklukkan pasar seketat apapun persaingan yang terjadi disana. Untuk menjadikan atau menciptakan brand yang kuat dan populer ini Anda harus mencari nama yang mudah diingat untuk mewakili produk Anda.

Setelah mendapatkan brand yang kuat, perkenalkan brand batik yang Anda miliki kepada publik dengan strategi #promosi yang baik tentunya. Setelah brand batik Anda banyak dikenal, maka selanjutnya Anda harus bisa menjaga image dan citra brand tersebut agar selalu dipandang baik dimasyarakat.




3. Kuasai dan Gunakan Teknologi

Berbisnis dijaman sekarang tanpa melibatkan #teknologi mungkin sudah sangat tidak efektif. Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan berdampak pada banyak bidang termasuk bisnis memang menuntut entrepreneur, termasuk pebisnis batik untuk mengikutinya.

Bentuk penguasaan teknologi di bidang bisnis batik ini bisa Anda terapkan pada banyak hal dari proses produksi dengan pengggunaan mesin dan komputer hingga pada pemasaran yang mengandalkan #media sosial dan penjualan online. Dengan menguasai teknologi Anda pun akan berpeluang menjaring konsumen dengan lebih banyak.

Baca juga: 7 Pasar Bisnis Online Menjanjikan Yang Patut Dicoba

4. Terus Update dan Ikuti Perkembangan Pasar

Terakhir, tips untuk memenangkan persaingan yang ketat di bisnis batik adalah dengan terus mengupdate dan mengikuti segala perubahan dan perkembangan yang terjadi di pasar. Ya, meskipun saat ini Anda telah mengetahui bahwa teknologi media sosial telah begitu bermanfaat dalam kegiatan pemasaran.

Namun bukan tidak mungkin lima atau sepuluh tahun mendatang akan ada jenis pemasaran baru yang lebih efektif. Maka dari itu jangan terpaku pada apa yang terjadi sekarang, Anda harus senantiasa mengupdate diri Anda terkait perkembangan pasar.

Apalagi produk fashion batik yang selalu mengalami perubahan mode. Maka dari itu mengikuti dan mengupdate segala apa yang terjadi di pasar merupakan hal yang mutlak Anda lakukan untuk dapat memenangkan persaingan bisnis batik yang sangat ketat ini.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud