4 Text Editor Yang Memudahkan Anda Dalam Pembuatan Website

text editor

Image dari Tifkom.net

Website sudah menjadi kebutuhan baik untuk perorangan ataupun bagi suatu perusahaan sebagai media #pemasaran online. Melihat begitu pentingnya memiliki sebuah website, bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membuatnya, pemilihan text editor menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Berbicara mengenai pentingnya text editor, alat ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan website dimana text editor ini berfungsi sebagai tempat untuk menuliskan code-code program.

Namun banyak sekali text editor yang telah tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar. Dan alat yang satu ini menentukan sulit atau mudahnya dalam membuat #website. Disini saya akan memberikan informasi mengenai text editor yang dapat Anda gunakan sebagai alat untuk belajar dalam pembuatan website.

1. PHP Strom, Aplikasi Ringan Dengan Banyak Fitur

PHP Strom merupakan text editor yang saat ini mulai banyak digemari oleh para Web Developer dikarenakan tampilannya yang cukup elegan, ringan dan memiliki fitur auto complete. Dengan adanya auto complete tersebut, Anda akan diingatkan kode program yang awalannya Anda ketik. Aplikasi ini sangat cocok sekali bagi Anda yang baru belajar untuk membuat website.

Selain itu terdapat pula fungsi untuk merapihkan code program yang telah Anda buat, sehingga mudah untuk dibaca oleh Web Developer lainnya. Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang dapat Anda gunakan. Terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh text editor yang satu ini, PHP Strom diproduksi oleh perusahaan JetBrains. Perusahaan ini adalah pengembang perangkat lunak yang lebih difokuskan pada perangkat lunak IDE (Integrated Development Environment).

Artikel lain: 6 Aplikasi Web Design Gratis yang Powerfull Untuk Mempercantik Tampilan Website




2. Netbeans, Asisten yang Baik Untuk Keperluan Editing Anda

Selain gratis alias open source, #aplikasi ini memiliki kelebihan pemberitahuan apabila terjadi kesalahan dapat menuliskan kode program. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengurangi terjadinya bug (kesalahan yang terjadi pada saat penulisan suatu kode program). Netbeans ini dapat Anda jadikan sebagai asisten Anda dalam pembelajaran membuat sebuah aplikasi berbasis Web ataupun berbasis Desktop. Sebenarnya Netbeans ini difokuskan untuk pembuatan aplikasi Java, namun dapat juga digunakan untuk pembuatan aplikasi yang menggunakan HTML, CSS dan PHP.

Terciptanya aplikasi ini diawali dari proyek yang dikerjakan pada tahun 1997 oleh sekumpulan mahasiswa Fakultas Matematika dan Fisika di Universitas Charles, Praha. Kemudian pada tahun 1999, proyek ini dibeli oleh perusahaan Sun Microsystem.

Awalnya aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, namun Sun Microsystem memutuskan untuk dijadikan aplikasi open source pada tahun 2000 di bulan Juni. Pada tahun 2000 inilah terbentuk komunitas Netbeans yang menjadikan aplikasi ini terus dikembangkan oleh anggota dari komunitasnya sampai saat ini.

3. Atom Text Editor, Dengan Fitur Plugins

Atom Text Editor ini juga merupakan aplikasi yang berlisensi open source dan Anda dapat mendownloadnya tanpa dipungut biaya. Text editor yang satu ini sangat mirip sekali dengan text editor bernama Sublime. Atom bisa dikatakan sebagai aplikasi pengembangan dari Sublime Text.

Kelebihan dari Atom sama seperti Sublime yaitu memiliki fitur plugins yang dapat Anda install di dalamnya yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan Anda sebagai Web Developer ataupun sebagai programmer. Adapun plugins yang disediakan diantaranya adalah Linter, Atom Beautify, Autocomplete+, Emmet, Git Plus dan lain sebagainya.  Anda dapat memilih beberapa plugins yang kiranya dapat membantu Anda dalam membuat website.




Baca juga: 4 Trik Membuat Portofolio Website yang Mampu Mendatangkan Banyak Pelanggan

4. UltraEdit, Aplikasi Simple yang Mampu Menangani Pekerjaan Rumit

Text editor UltraEdit aplikasi yang hampir bisa digunakan oleh semua bahasa pemograman. Menu yang disuguhkan oleh aplikasi ini sangat simple sehingga mudah untuk digunakan. Tak kalah dengan text editor lainnya, UltraEdit menyediakan highlight configurasi syntax menjadikan code terlihat bagus dan terdapat pula fitur untuk merapihkan kode-kode program yang telah Anda buat. Meskipun aplikasi ini sangat simple, namun aplikasi ini sangat cocok untuk pembuatan aplikasi yang sederhana maupun yang sulit sekalipun.

Inilah beberapa dari sekian banyak text editor yang dapat Anda untuk membuat website. Mudah-mudahan dengan informasi mengenai aplikasi pembuat website ini dapat membuat Anda berkeinginan menjadi seorang Web Developer. Memiliki sebuah website buatan Anda sendiri bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan semakin berkembangnya text editor yang telah ada, pembuatan website dapat dilakukan oleh siapapun.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Tambahan :), kalau saya pribadi pake Notepad++ karena selain ringan, gak berat dan tampilannya yang bisa dibuat nyaman. Untuk di Linux saya pake Bluefish editor.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud