4 Trik Membuat Portofolio Website yang Mampu Mendatangkan Banyak Pelanggan

4 Trik Membuat Portofolio Website yang Mampu Mendatangkan Banyak Pelanggan

Portofolio Website
Image dari WordPress.com

Seperti kita tahu bahwa saat ini website telah menjadi sebuah kebutuhan yang kini makin banyak diminati. Fenomena ini sendiri telah melanda tidak hanya bagi kalangan korporat dan instansi, namun bagi #UKM dan kalangan personal, kebutuhan akan website ternyata sudah banyak melanda.

Maka dari itu Anda yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam menciptakan dan mendesain website dengan baik maka fenomena ini adalah peluang dan kesempatan besar untuk bisa meraih keuntungan. Namun sayangnya masih banyak orang yang telah memiliki keahlian membuat #website yang bagus ini kebingungan dan tidak mengetahui caranya untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Padahal dengan membuat portofolio dan membaginya ke #media sosial maka Anda bisa membuat peluang mendapatkan pelanggan ini semakin besar. Namun untuk mulai menciptakan portofolio website yang bisa mendatangkan banyak pelanggan, Anda tak bisa sembarangan membuatnya. Lebih dai itu Anda perlu mengetahui dan menerapkan beberapa trik dan strategi yang jitu berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Portofolio Website

Trik dan strategi jitu pertama untuk membuat portofolio website yang mampu mendatangkan banyak pelanggan adalah dengan menentukan tujuan. Ya, dengan menentukan tujuan Anda memang akan mendapatkan arah dan sasaran yang lebih tepat. Maka dari itu tetapkan saja tujuan Anda ketika membuat portofolio yaitu apakah Anda ingin mendapatkan pekerjaan, menjual karya-karya Anda, untuk mendapatkan reputasi atau hanya untuk pamer dan ajang eksistensi saja.

Penetapan tujuan ini memang harus dilakukan sebelum Anda benar-benar membuat portofolio. Karena jika Anda tidak menetapkan tujuan maka Anda akan merasa kebingungan untuk membuat isi atau konten yang tepat dan sesuai dengan apa yang diharapkan yang lainnya.

Artikel lain: 3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

2. Tampilan Simple

Langkah kedua setelah menentukan tujuan tentu saja adalah membuat portofolionya. Trik pertama untuk membuat portofolio  adalah membuatnya lebih simpel atau sederhana. Ya untuk portofolio Anda memang dianjurkan untuk membuat tampilan yang sesederhana mungkin.

Hal ini dilakukan untuk membuat orang lain yang melihat portofolio tersebut tidak kebingungan serta dapat langsung mengerti apa yang Anda tampilkan. Dengan tampilan yang sederhana Anda juga akan mampu menarik minat publik yang lebih luas. Karena tidak semua publik mengerti dan memahami detail rangka website yang ribet.

Di luaran sana memang tidak sedikit kalangan yang masih polos dan belum paham betul tampilan website. Jadi jika Anda menampilkan portofolio yang terlampau ribet (tidak sederhana), maka akan banyak orang yang akhirnya melewati Anda. Namu jika Anda membuat portofolio website yang simpel dan umum dipahami banyak orang maka Anda akan berpeluang besar untuk mampu mendapatkan pelanggan yang banyak.

3. Resource Server yang Digunakan

Trik jitu berikutnya untuk membuat portofolio yang bisa mendatangkan banyak pelanggan adalah dengan menyesuaikan template atau konten yang Anda gunakan dengan resource server atau hosting yang dipakai. Pada penggunaan website dengan kebutuhan khusus seperti pada website portfolio beraplikasi memang mengharuskan membuat resource.

Anda bisa membuat resource ini dengan menggunakan dan memilih hosting yang dapat memenuhi kebutuhan website Anda. Usahakan untuk memilih layanan hosting nonstop 24 jam nonstop untuk kebutuhan resource ini. Karena dengan hosting 24 jam Anda maka keluhan Anda bisa segera ditangani jika sewaktu-waktu memerlukan bantuan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog / Website Dengan Cepat

4. Tonjolkan Keunikan

Terakhir, trik dan strategi membuat portofolio website yang bisa mendatangkan banyak pelanggan adalah menciptakan sesuatu yang unik. Ya Anda harus mengerti dan memahmi bahwa di luar sana bukan hanya Anda saja yang hanya menampilkan portofolio. Tapi ada banyak orang sebagai pesaing Anda yang juga ingin mendapatkan pelanggan.

Maka dari itu untuk bisa memenangkan persaingan mendapatkan pelanggan ini maka Anda mau tak mau harus membuat portofolio Anda menarik dan unik. Dengan portfolio website yang unik maka Anda Anda akan mudah dikenal oleh pengunjung website. Jika Anda memiliki keahlian dibidang design grafis, Anda bisa membuat karya desain grafis yang unik dan kreatif.

Setelah itu terapkan pada tampilan portofolio website Anda supaya pengunjung yang datang bisa lansung kepincut dan akhirnya mau berlangganan kepada Anda. Selain itu dengan tampilan yang unik, Anda juga berpeluang untuk membuat karakter sebagai identitas Anda dan juga membuat orang tidak bosan mengunjungi website Anda.

4 KOMENTAR

  1. Dikdik Setiawan

    Ane masih ga ngerti tentang portofolio gan?
    mohon penjelasan

  2. Saya juga akan lebih memilih website dengan tampilan simple daripada web dengan banyak fitur namun dengan navigasi yang terlalu dipaksakan untuk ditampilkan semua. Yang dibutuhkan oleh pengunjung biasanya hanya apa yang mereka cari. Mereka akan mengabaikan hal-hal lainnya.

  3. Original konten adalah yang terpenting juga :D

  4. kalau menurut saya yang paling penting adalah tampilan yang simpel. karena banyak sekali hampir 80 % pengguna internet tidak mau rumit apabila mendatangi sebuah web. jika simpel maaka pengunjung akan jauh lebih mudah dalam memahami apa yang di butuhkan

Tinggalkan Balasan