4 Tahap Membuat Ilustrasi Tulisan Pada Blog yang Baik dan Menarik

4 Tahap Membuat Ilustrasi Tulisan Pada Blog yang Baik dan Menarik

Image dari Enigmawebinc.com
Image dari Enigmawebinc.com

Sebuah blog tentu tak akan lepas dari beberapa komponen seperti tulisan, widget, template dan lain sebagainya. Tulisan atau konten sebagai salah satu komponen blog ini ternyata juga terdiri dari beragam bagian untuk menjadikannya sebagai satu kesatuan yang utuh.

Sebagai bagian yang sangat penting, tulisan memang perlu mendapat perhatian khusus oleh blogger. “Content is the king”, begitu pepatah mengatakan. Jadi sebenarnya tidak ada alasan apapun bagi Anda untuk tidak memperhatikan dan membuat tulisan yang baik untuk blog Anda.

Untuk membuat tulisan yang baik ini seorang #blogger tentu harus mengerti seluk beluknya. Dan salah satu teknik untuk menjadikan sebuah tulisan menjadi baik adalah membuat ilustrasi tulisan yang baik. Apa itu ilustrasi tulisan? Ilustrasi tulisan adalah sebuah keterangan gambar yang mewakili dan mencerminkan tulisan yang dibuat. Ilustrasi tulisan yang baik tentunya adalah ilustrasi tulisan yang mencerminkan dan sesuai dengan tema yang dibawakan.

Artikel lain: Inilah 5 Manfaat Menulis Artikel Abadi Untuk Blog Pribadi

Tulisan tanpa gambar memang akan terasa sangat membosankan dan menjemukan. Maka Anda sebagai blogger memang sudah menjadi kewajiban untuk menambahkan ilustrasi tulisan (keterangan gambar) pada setiap konten yang Anda tulis.

Dengan ilustrasi tulisan yang baik maka pengunjung pun akan sangat senang berkunjung dan Anda akan berpeluang besar untuk mendapatkan trafik baru yang bisa meningkatkan peringkat blog Anda di segala kategori pencarian. Lalu bagaimana caranya untuk membuat ilustrasi tulisan pada blog yang baik dan menarik ini? berikut ulasannya.

1. Sesuaikan Tema

Tahap pertama untuk membuat ilustrasi tulisan yang baik dan menarik pada blog adalah dengan menyesuaikannya dengan tema tulisan. Ini memang sesuatu yang utama dari teknik membuat ilustrasi tulisan yang baik. Ilustrasi harus disesuaikan dengan tema tulisan karena hal ini akan mendatangkan respon besar dari pengunjung blog.

Jangan sampai pengunjung kecewa karena tertipu dengan gambar atau ilustrasi tulisan yang tidak sesuai dengan konten yang ada. Maka untuk membuat ilustrasi tulisan yang sesuai tema ini Anda memang harus terlebih dahulu memiliki tulisan atau konten yang siap untuk di publish.

2. Cari Gambar yang Pas

Setelah sudah memiliki konten yang siap dipublish dan sudah membayangkan gambar atau ilustrasi tulisan maka saatnya mencari gambar. Gambar atau ilustrasi tulisan ini bisa Anda dapat di banyak tempat.

Cara cepat dan mudah untuk mendapatkan ilustrasi gambar yang tepat adalah dengan mencarinya dari #mesin pencari (search engine). Dengan mengetikkan kata kunci, maka Anda akan mendapatkan banyak pilihan gambar sesuai dengan apa inginkan. Kalau ingin mencari gambar yang kualitas bagus dengan resolusi dan pixel yang baik, Anda bisa mengetik keyword bahasa inggris.

Jika Anda memiliki bakat untuk membuat gambar sendiri itu akan akan lebih baik karena akan membuat konten dan ilustrasi tulisan Anda lebih baik dan menarik untuk para pengunjung blog.

3. Lakukan Editing

Memang tidak semua tulisan yang didapat bisa dari pencarian akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka tahapan selanjutnya dari membuat ilustrasi tulisan yang baik adalah dengan melakukan editing (pengubahan) pada beberapa bagian yang dirasakan masih kurang pas.

Dengan beberapa #software seperti adobe photoshop, microsoft office picture manager, corel draw serta  aplikasi dari smartphone yang ada seperti, PicsArt dan lainnya, Anda bisa melakukan tahapan editing ini dengan leluasa dan cepat dan mudah.

Baca juga: 10 Manfaat Blogging Bagi Seorang Blogger Profesional

4. Terapkan

Tahap terakhir dari membuat ilustrasi tulisan yang baik dan menarik pada blog adalah menerapkannya ke blog. Setelah tahap pembuatan konten, pencarian gambar dan editing maka tahap sudah saatnya Anda menerapkan ilustrasi tulisan yang sudah Anda buat tersebut kedalam blog.

Jangan lupa untuk menuliskan caption pada ilustrasi tulisan yang Anda buat agar semakin menjadikan ilustrasi gambar Anda semakin jelas dan dapat dimengerti para pengujung blog Anda. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sumber gambar yang Anda ambil langsung dari mesin pencari atau #website orang lain.

Inilah beberapa tahapan menulis ilustrasi tulisan yang baik dan menarik untuk blog Anda. Sekali lagi tulisan tanpa gambar memang kurang lengkap seperti sayur tanpa garam. Maka untuk menjadikan tulisan yang Anda tulis semakin baik, gambar atau ilustrasi tulisan akan bisa menjadi senjata yang tepat guna menjadikan pengunjung blog lebih betah berada di blog Anda.

4 KOMENTAR

  1. Selama ini saya juga ambil gambar di google. Lalu edit sedikit sehingga berbeda dari gambar originalnya

  2. Kalau ilustrasi untuk dimasukkan kedalam artikel ngambil dari gambar2 kartun terus di modif sendiri pakek photoshop gitu boleh gak mas?

  3. Saya sebenarnya ingin belajar cara menggambar untuk ilustrasi artikel. Walau, dengam gambar yang sederhana. Di mana saya belajar ya??

Tinggalkan Balasan