4 Modal Penting dalam Membangun Bisnis

Modal-Penting-dalam-Membangun-Bisnis

Uang memang seringkali dianggap sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Walaupun anggapan ini tidak sepenuhnya benar, nyatanya banyak kegiatan manusia yang membutuhkan uang, misalnya untuk membeli makanan, pakaian, rumah, jalan-jalan, sekolah, dan termasuk juga untuk memulai bisnis membutuh uang. Tak heran bila banyak orang yang sering berpikir berulang kali untuk memulai bisnis karena adanya kendala keuangan.

Sesungguhnya uang bukanlah modal utama untuk memulai sebuah bisnis. Seandainya ada orang yang memberikan uang sebesar 1 miliar pada Anda untuk dikelola menjadi sebuah bisnis, Anda pasti mulai berpikir bisnis apa sih yang cocok untuk Anda jalankan. Karena terlalu lama berpikir, lama kelamaan Anda jadi kurang bersemangat dan uang tersebut malah Anda pakai untuk kebutuhan lainnya.

Jadi, uang bukan modal utama untuk merintis bisnis? Jawabannya adalah tidak selalu. Uang memang modal yang kita butuhkan tapi bukan modal utamanya. Lalu apakah modal utama dalam berbisnis? Berikut ini adalah 4 modal penting dalam membangun bisnis:

Artikel lain: Tak Harus Menunggu Mapan untuk Merintis Bisnis, Baca Tips Ini

1. Ide yang Brilian

Ide adalah sesuatu yang tidak nyata. Tidak bisa dipegang seperti memegang uang dan tidak bisa ditebak oleh siapapun. Hanya sang pencetus idelah yang memahami imajinasi akan ide itu sendiri. Meski untuk menemukan ide tidak dibutuhkan modal, banyak sekali orang yang memanfaatkan ide briliannya untuk membuka jasa konsultan bisnis atau profesi sejenis lainnya. Ini berarti bahwa ide adalah komponen penting untuk memulai sebuah bisnis.




Ide yang orisinil dan unik akan membantu Anda untuk mewujudkan bisnis yang dipenuhi dengan inovasi bermanfaat. Jadi, tak heran kan kalau banyak orang kaya yang menyewa jasa konsultan untuk mulai berbisnis. Berbahagialah Anda yang bisa memulai bisnis dari ide sendiri tanpa harus menyewa jasa konsultan yang mahal.

2. Semangat dan Kerja Keras

Buat apa punya modal uang dan ide yang brilian, bila ternyata Anda malah kurang bersemangat untuk menjalankan bisnis. Bagaimana Anda bisa memotivasi dan menyemangati para pekerja Anda pada situasi-situasi yang sulit bila Anda sendiri tidak memiliki semangat. Kurangnya semangat akan membuat daya juang Anda juga berkurang. Padahal daya juang dalam bisnis sangat penting untuk mengungguli persaingan dengan kompetitor. Semangat berbisnis juga menjadi hal yang memotivasi Anda untuk melakukan inovasi yang lebih baik lagi.

Anda harus memiliki semangat yang berasal dari diri sendiri. Bila semangat Anda berasal dari motivasi sahabat, keluarga atau orang-orang terdekat lainnya, Anda akan merasa kesulitan dan kehilangan semangat bila orang-orang yang Anda cintai tidak berada di sekitar Anda.

3. Percaya Diri yang Tinggi

Jangan membayangkan Anda akan duduk di kursi besar nan empuk ketika mulai berbisnis. Mulai berbisnis berarti Anda memulai fase kehidupan yang baru untuk mulai menanggung dan mengatur segala aktivitas bisnis Anda. Anda mungkin harus menelepon sendiri ke pelanggan Anda untuk mengajukan tagihan pembayaran, atau bahkan Anda harus berkeliling ke perusahaan lain untuk mengajukan proposal kerjasama. Atau bagi yang menjalani bisnis dari rumah, harus siap meluangkan banyak waktu untuk membangun bisnis.

Semua hal ini tidak bisa dilakukan bila Anda tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Berusahalah untuk selalu menjadi pribadi yang percaya diri. Toh Anda menjalankan bisnis atas inisiatif Anda sendiri tanpa menyusahkan orang lain. Life must go on!




4. Mimpi yang Besar

Mimpi untuk menjadi pebisnis sukses dapat memberikan motivasi dan semangat bagi diri Anda sendiri untuk mulai menata masa depan. Dari mimpi yang besar itulah semangat Anda bisa terpacu untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi. Orang lain mungkin akan mencemooh mimpi-mimpi Anda yang terkesan terlalu tinggi.

Tak ada salahnya untuk bermimpi memiliki gedung kantor pribadi dengan ratusan karyawan di dalamnya, toh bermimpi tidak perlu bayar dan tidak perlu menyusahkan orang. Berkomitmenlah dengan diri sendiri bahwa Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi-mimpi Anda.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Jadi, jangan cuma berpangku tangan sambil mengumpulkan uang untuk memulai bisnis Anda. Mulailah merancang ide-ide inovatif dan bangun semangat pribadi dalam diri Anda. Uang mungkin bisa dipinjam dari orang lain. Tapi ide, semangat, rasa percaya diri dan mimpi-mimpi yang besar tak mungkin Anda dapatkan dari orang lain.

“Dream is one of the reason to do the best in your life” – English quote




5 total comments on this postSubmit yours
  1. bener tuh, kerja keras, mimpi dan penuh percaya diri…. kalau uang kan bisa di cari emang,, ide juga bisa di cari asalkan kita rajin-rajin aja browsing n satu lagi adalah semangat pantang menyerah.

  2. mantab artikelnya bro, motivasi !! (y)

  3. saya akan mencoba menjalani usaha gagal bukan masalah saya akan menganggap kegagalan adalah guru terbaik saya.
    Terimakaaih.. Artikelnya.

  4. Betul banget mas, keempat hal diatas memang diperlukan agar bisa sukses. Tambah satu lagi. yaitu tidak takut untuk gagal.

  5. Bermanfaat sekali artikelnya,, saya sekarang mencoba untuk bisnis di bidang running text atau moving sign. Semoga kedepannya dapat berkembang dengan baik.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud