5 Cara Memulai Bisnis Online yg Menguntungkan Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Online

Memulai Bisnis Online

Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya ada beberapa tutorial online yang mengajarkan tentang cara memulai bisnis online tertentu. Sebaiknya kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan karena model bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Selain itu, jika kita serius ingin membangun sebuah bisnis online maka kita juga perlu belajar membangun sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental tersebut adalah:

  • Mau belajar dengan serius
  • Mau bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Punya mimpi yang besar dan terukur
  • Mau mengambil resiko

Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan dan jangka panjang. Dari beberapa model bisnis online di bawah ini, mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan yang Anda miliki.



1. Membangun Blog/ Website

Menurut saya, ini adalah langkah awal paling mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Belajar membangun sebuah blog/ website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Anda bisa membuat blog yang berhubungan dengan minat/hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya minat atau hobby yang sama dengan Anda. Mereka inilah yang nantinya menjadi audiens Anda.

Oh ya, jangan lupa untuk membuat logo untuk blog Anda. Ini penting karena logo merupakan identitas bisnis Anda. Untuk membuat logo, Anda bisa memanfaatkan layanan dari Logaster. Di Logaster Anda bisa membuat logo keren yang sesuai dengan bisnis Anda dengan gratis. Untuk member premium tentu Anda akan mendapatkan kelebihan dari Logaster.

Setelah blog/ website Anda memliki banyak pengunjung, Anda bisa memonetize blog tersebut dengan banyak cara. Beberapa cara memonetize blog Anda adalah dengan memasang iklan, misalnya menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki sebuah blog yang profesional, pasti akan memberikan keuntungan jangka panjang dari berbagai jenis monetize.

Artikel terkait: Panduan Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

2. Membangun Toko Online

Membuat toko online sendiri sudah bukan hal yang sulit lagi, dan salah satu cara termudahnya adalah membuat toko online dengan platform WordPress. Jika Anda memang punya keahlian dalam bidang web developmen tentu akan lebih mudah lagi dalam membuat toko online. Biasanya toko online digunakan untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk tersebut di toko online Anda dan mempromosikannya di berbagai media online.

Lalu bagaimana jika kita tidak punya produk sendiri? Kita bisa menjual produk orang lain yang memang banyak dicari di internet, yaitu dengan mengikuti program dropship dari suplier besar. Keuntungan bisnis dropship ini adalah kita tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu melakukan proses packing dan pengiriman barang, dan suplier mengirim barang tersebut atas nama kita sebagai pemilik toko online. Baca artikel selengkapnya tentang Bisnis Dropship.

3. Menjual Produk Digital

Kalau kita punya keahlian di bidang tertentu, maka keahlian tersebut bisa kita jual dalam bentuk eBook, video, atau membership. Model bisnis ini potensinya luar biasa, apalagi dijaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.

Produk digital ini biasanya laris di komunitas-komunitas tertentu. Misalnya di komunitas pebisnis online, produk seperti eBook, video, dan membership yang berhubungan dengan ilmu internet marketing pasti akan laris manis. Nah jika Anda punya keahlian dalam bidang tertentu, sebaiknya Anda menjualnya secara online.

Artikel lain: Cara Membuat Blog/ Website Gratis

4. Menjadi Affiliate Marketer

Ok, Anda sudah punya blog sendiri tapi belum punya produk yang ingin dijual, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog tersebut? Salah satu opsinya adalah menjual produk orang lain atau bahasa kerennya affiliate marketer. Produk yang dijual bisa dalam bentuk fisik ataupun dalam bentuk digital, Anda bisa menentukan produk seperti apa yang paling relevan dengan blog Anda.

Misalnya blog/ website Anda memuat topik tentang produk produk fisik, maka bisnis affiliasi yang paling sesuai dengan blog Anda adalah menjual produk fisik. Anda bisa bergabung menjadi affiliate di situs-situs yang menawarkan program afiliasi, misalnya situs #Lazada.

5. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini cukup laris di internet karena saat ini sangat banyak pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, situs-situs yang masih merintis juga membutuhkan penulis-penulis handal.

Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, buat Anda yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi ladang penghasilan.

Baca juga: Sebenarnya, Apa itu Internet Marketing?

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan. Walaupun Anda masih pemula, jangan pernah takut bersaing karena akan selalu ada ceruk yang bisa dimanfaatkan di bisnis online.

Tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, lakukan sekarang, lakukan dengan serius.





55 total comments on this postSubmit yours
  1. Artikel dan bahasan di blok maxmanroe memang selalu jadi bahan referensi saya untuk belajar bisnis online.

    Izin contek tulisan ya om :)
    Terimakasih

  2. Izin ikut belajar om masih pemula, mau tanya .ada artikel tentang SEO dan cara setting meta titel ..
    Makasih Om..

  3. Mas mau tanya nich..benar gak yah kalau punya website dengan jumlah artikel yang mencapai 10000 sudah pasti jaminan pengunjungnya banyak banget sehingga income juga tinggi ? terima kasih sebelumnya atas informasinya sangat membantu bagi pemula bisnis online

    • Trafik itu ngga hanya tergantung pada jumlah artikelnya. Misalnya pun artikel mencapai 1 juta artikel, belum tentu akan banyak trafik.

      Begini penjelasannya, kita harus tahu sumber trafik itu apa saja. Sumber trafik yang biasa saya dapatkan itu ada 5;
      1. Search Engine (Google, Bing)
      2. Media Sosial (Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, dan lainnya)
      3. Email marketing (harus punya email list)
      4. Refferal (klik dari link kita di website lain)
      5. Direct traffic (orang mengetik url kita langsung di browser)

      Nah, sekarang pertanyaannya, kita mau dapat trafik dari mana?

      Kalau dari search engine berarti kita harus paham SEO dan artikel kita teroptimasi dengan baik. Apakah 10ribu artikel tersebut teroptimasi dengan baik? Kalau iya, berarti kemungkinan besar trafiknya akan banyak dari Search Engine. Tapi kalau tidak, kemungkinan besar trafik dari search engine akan sedikit atau bisa jadi tidak ada.

      Kalau mau dapat trafik dari media sosial, maka kita harus punya channel (fan page/ group) yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan trafik. Tapi kalau ngga ngerti caranya ya percuma.

      Jadi, pada intinya, banyak artikel itu tidak menjamin blog kita akan banyak trafik.

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud