Beranda SEO 3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

Elemen-Utama-Dalam-SEO-Sebuah-Website

Sebenarnya untuk mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari (terutama Google) bukanlah sesuatu yang sangat sulit bila kita mengetahui cara mengoptimasi sebuah halaman website. Materi tentang SEO banyak kita temukan di internet, baik itu dalam bentuk ebook ataupun dalam bentuk artikel-artikel website. Dari sekian banyak artikel yang membahas tentang SEO, saya ingin merangkum apa yang saya pahami dan sudah saya lakukan untuk optimasi website.

Ada 3 elemen utama dalam #SEO website yang harus kita ketahui dan lakukan bila ingin mengoptimasi website di mesin pencari. Ketiga elemen itu antara lain; Riset Keywords, SEO Friendly Website (On Page Factor), dan Baclinks (Off Page Factor). Dengan mengetahui elemen penting dalam SEO, kita akan lebih mudah melakukan optimasi website di mesin pencari untuk jangka panjang.

Mari kita bahas ketiga elemen utama dalam SEO tersebut:

1. Kata Kunci (Keywords) Website

Keywords adalah frase atau rangkaian kata yang diketikkan seseorang di kolom pencarian ketika mereka mencari informasi di search engine, misalnya Google. Kata kunci (keywords) yang diketikkan pengguna mesin pencari bisa satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan bisa juga dalam bentuk kalimat pendek, tergantung masing-masing user. Di dalam satu niche, ada beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh user Google di mesin pencari. Nah para pemilik website perlu melakukan riset keywords untuk menemukan list kata kunci tersebut.

Riset keywords (keywords research) adalah langkah yang dilakukan oleh pemilik website dalam mencari dan menentukan kata kunci (keywords) yang paling relevan dengan niche website yang akan dibangun, baik itu keywords untuk halaman utama ataupun untuk halaman artikel. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari oleh para pengguna #Google, dan bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.

Bila website kita menggunakan kata kunci yang TEPAT maka peluang untuk mendapatkan ranking yang baik di SERP (Search Engine Result Page) akan semakin baik, dan tentunya ini akan memberikan trafik potensial yang sangat besar. Menggunakan kata kunci yang tepat artinya kata kunci (keywords) tersebut adalah kata kunci yang paling relevan untuk website bisnis Anda, banyak digunakan user Google, dan tingkat persaingannya masih bisa dimenangkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memilih kata kunci yang tepat untuk website Anda. Salah satu cara terbaik untuk menemukan keywords tersebut adalah dengan menggunakan tools gratis dari Google, yaitu Google Keyword Planner. Pada artikel ini saya tidak membahas cara memilih kata kunci yang tepat, artikel untuk topik tersebut saya posting di artikel lain.

Intinya, riset keywords adalah langkah awal yang sangat krusial dalam membangun website yang SEO friendly. Menurut saya, elemen ini memiliki porsi sebesar 40% dalam kampanye SEO sebuah website. Memilih keywords yang tepat akan membuat proses optimasi website dan mendapatkan trafik potensial dari mesin pencari akan semakin mudah.

Artikel terkait: Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner

2. Membangun Web yg SEO Friendly (On Page Factor)

Apa itu web yang SEO friendly? Yang dimaksud dengan SEO friendly website adalah website yang dibangun dengan standar tertentu sehingga website tersebut mudah dijelajahi dan dikenali oleh mesin pencari. Selain itu, web tersebut juga harus memberikan manfaat bagi user dan mudah digunakan/ dinavigasi. Sebenarnya ada banyak hal yang terdapat pada On Page Factor sebuah website. Namun berdasarkan pengalaman saya, hanya beberapa saja yang sangat berpengaruh pada kekuatan On Page SEO, diantaranya:

A. Penempatan Keywords

Jika Anda ingin mengoptimasi halaman website untuk kata kunci tertentu, maka pastikan keywords tersebut tercantum di dalam halaman website Anda sehingga Google lebih memahami apa fokus halaman website Anda. Beberapa bagian di dalam website Anda yang perlu ditambahkan kata kunci adalah:

  • Title Tag/ Judul halaman web
  • Meta Description
  • Awal paragraf artikel
  • Semantic URLs
  • Sistem Navigasi
  • H1, H2, H3 tags
  • Internal links
  • File gambar (Alt)

B. Membangun Konten yg Berkualitas dan Relevan

Kalau kita perhatikan, sebagian besar website yang memiliki banyak konten dan berkualitas pasti merajai SERP Google. Karena itu, pastikan konten Anda berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membuat konten yang detail, biasanya konten yang detail dan panjang lebih mudah masuk halaman utama Google dan cenderung bertahan lebih lama di SERP Google. Bila ingin mengoptimasi konten untuk kata kunci tertentu, pastikan kata kunci tersebut tersemat di dalam 100-150 kata paragraf awal artikel yang dibuat.

C. Meningkatkan Interaksi User Website Anda

Interaksi user di website/ blog ternyata berpengaruh pada SEO. Interaksi user ini akan membuat bounce rate (tingkat pentalan) di dalam sebuah website akan semakin kecil. Untuk mengurangi bounce rate kita bisa menambahkan multimedia ke dalam postingan artikel di blog, misalnya menambahkan image yang atraktif, menambahkan video, atau pun diagram, sehingga konten kita akan semakin menarik dan membuat user betah berlama-lama. Selain itu, berikan kesempatan kepada audiens Anda untuk memberikan opini atau komentar dengan menambahkan kolom komentar pada artikel di blog Anda.

Baca: Mengapa Moderasi Komentar di Blog Sangat Penting?

D. Menambahkan Outbound Links

Memberikan links ke halaman website lain yang relevan dengan konten blog Anda juga dapat berpengaruh pada SEO. Dengan menambahkan outbound links, ini akan memberikan sinyal pada Google apa yang menjadi fokus topik pada konten Anda tersebut. Namun, Anda harus memastikan bahwa website yang diberikan link adalah website yang punya Authority pada topik yang Anda bahas.

E. Kecepatan Load Website

Pihak Google pernah menyebutkan bahwa kecepatan load sebuah website merupakan salah satu faktor yang sangat penting di dalam SEO. Website yang proses loading-nya lambat biasanya ditutup oleh user yang tidak sabar menunggu, sehingga ini kemudian berpengaruh pada hasil pencarian di Google. Silahkan cek kecepatan loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.

Artikel terkait: Cara Membuat Website / Blog WordPress Self Hosted Dengan Mudah

3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)

Sederhananya backlinks itu adalah tautan atau link dari sebuah halaman website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi website lain. Tujuan membangun backlinks adalah untuk meningkatkan popularitas sebuah halaman website di internet, sehingga website tersebut berpeluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik SERP (Search Engine Result Page) Google.

Ada banyak sekali website yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlinks. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa jenis backlinks yang sangat efektif untuk kampanye SEO website, diantaranya adalah:

A. Links dari media sosial

Media sosial yang biasanya saya gunakan untuk membangun backlink adalah Google+, Twitter, Facebook, Pinterest, etc. Links dari #media sosial ini biasanya nofollow, namun tetap akan meningkatkan popularitas sebuah halaman website.

B. Links Dari Authority Website

Links ini agak sulit untuk didapatkan karena biasanya si pemilik website authority akan sangat kritis dalam menyeleksi artikel yang dibuat penulis tamu dan links yang keluar dari websitenya. Untuk mendapatkan backlinks dari situs terkenal, kita harus mengirimkan artikel yang memang benar-benar bagus dan juga sesuai dengan niche websitenya. Jerih payah Anda akan terbayar jika berhasil mendapatkan beberapa links dari website terkenal karena efeknya bagi website Anda akan sangat baik. Salah satu website authority yang bisa Anda manfaatkan adalah Kompasiana.com. Dan saran saya, JANGAN pernah kirim artikel spam.

C. High Quality Blog Network

Blog network sudah pasti menjadi salah satu ‘rahasia’ para penggiat SEO, terutama para internet marketer. Biasanya blog network memang sengaja dibangun untuk memberikan links ke website utama. Blog network ini menggunakan domain berumur dan sudah memiliki authority sehingga semua konten yang akan diposting di dalam blog network tersebut akan mudah terindeks oleh search engine, yang pada akhirnya akan memberikan dampak yang sangat baik bagi website utama. Tips, pastikan konten di dalam blog network yang Anda bangun relevan dengan niche website utama Anda.

D. Links dari Social Bookmarking

Social bookmarking yang sering saya gunakan adalah Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, etc. Links dari social bookmarking ini ada yang nofollow dan ada juga yang dofollow. Optimasi menggunakan social bookmarking biasanya sangat efektif untuk website lokal, tapi perlu berhati-hati karena terlalu banyak links dari situs social bookmarking dan dalam tempo singkat, bisa berakibat buruk.

E. Links dari Forum Signature

Beberapa forum yang saya gunakan untuk membangun backlinks adalah Bersosial.com, Forum.detik.com, Forum.kompas.com, Pengusaha.co, etc. Sebagian besar links dari situs forum ini adalah dofollow. Lebih enaknya lagi, selain memasang links di signature, kita juga boleh memasang links di dalam artikel yang kita posting di forum tersebut, ini efeknya lebih baik untuk SEO. Tapi pastikan Anda tidak melakukan SPAM ya karena sebagian besar situs forum sangat ketat peraturannya.

F. Links dari Web 2.0 properties

Beberapa web 2.0 yang sering saya gunakan adalah Blogger.com, WordPress.com. Tumblr.com, Edublogs.org, Bravenet.com, Blog,com, etc. Links dari web 2.0 ini sebagian besar adalah dofollow. Khusus untuk Blogger dan Tumblr biasanya saya memanfaatkan blog berumur lama dan sudah memiliki Page Rank (PR) sebagai sumber backlinks. Blog tersebut sudah ditinggalkan oleh pemiliknya dan bisa didaftarkan kembali oleh user baru, dikalangan blogger sering disebut dengan Blog Zombie.

Baca juga: Cara Membangun dan Membuat Backlinks Berkualitas Untuk Blog

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan poin-poin penting yang harus dilakukan dalam kampanye SEO sebuah website sehingga website Anda akan teroptimasi dengan baik di search engine. Semoga bermanfaat.

83 KOMENTAR

  1. Terima kasih mas atas penjelasannya, kalau semua yang mas bahas diterapin dalam sebuah tulisan atau blog kemungkinan besar bisa joss di SERP, mungkin setelahnya harus konsisten menulis supaya blognya memiliki high authority dan juga dikenal banyak netizen :D

  2. bagus sekali infonya mas,,,memang topcer mas maxmanroe

  3. Hehehe… Saya mencoba untuk meningkatkan kualitas konten dan promosi gan… Semoga bisa belajar dari web ini…

  4. Informasi tentang SEO yang sangat lengkap dan power full…
    Namun kadang saya sering juga kesulitan dalam masalah teknis pelaksanaan kesemua unsur SEO ini mas…
    secara umum saya faham, namun karena masih pemula ada saja kendala teknis yang membuat saya terhenti sejenak untuk kembali membaca dan mempelajari dulu sebelum menerapkan seluruhnya

  5. mau nanya om max, kalo backlink kita lebih banyak nofollow ny dr pada dofollow apa akan ada penurunan rating ya om max?

  6. kalau saya, yang paling penting yaitu nanam backlink. tapi harus kita cari dari website yang ber pagerank tinggi. Derajat sebuah web kan tergantung backlink nya gan. hehehehe

  7. Menurut saya, apa yang mas Marikxon sampaikan memang benar dan sangat bermanfaat bagi para pemula. Tapi apakah konten yang berkualitas dan konsisten akan bisa mengalahkan 3 faktor SEO di atas tadi bukan.

    Menurut mas gimana ?

    • Hanya mengandalkan konten tanpa memperhatikan elemen yang saya sebutkan di atas, sangat sulit bisa mengalahkan kompetitor lain yang menerapkan optimasi SEO dengan baik.

  8. bisnis online blogger

    makasih mas. memang artikelnya selalu bermanfaat. tapi mnurutku kualitas konten no 1 sebab yg q mantep ya yg human friendly

  9. Baju Wanita Terbaru

    Menurut sya yg paling berpengaruh adalah isi artikel,
    jka isinya berkualitas kemungkinan page 1sangat besar,
    tapi itu gk mudah terutama aku,masih kesulitan dlm menulis artikel yg berkuitas sulit fokus hee

  10. Membangun website memang tidak ubahnya seperti membangun rumah, urutan bangunannya harus sesua dan pas, jikalau tidak maka bangunan akan rentan rusak atau roboh, begitu pula website harus dibangun dengan bangunan yang teratur agar websitenya tampak indah pula sebagaimana rumah yang dibangun dengan baik dan benar maka bangunannya akan tampak kuat dan indah.

  11. terimaksih banyak mas maxmanroe.. saya biasanya kalau baru buat artikel langsung submit di socialbookmark berlebihan.. terkadang malah hilang dari peredaran google.

  12. sekali baca sudah paham isinya… penulisannya bagus jadi mudah di mengerti… untuk off page seo dan onpage seo yang tingkat lanjutan gak gan??

    • Ada sih, tapi untuk menulisnya saya perlu waktu dan sepertinya saya butuh tisu basah wkwkwkwk

      • Emang tisu basah untuk ngapain bang? Pandai juga becanda nih…saya kira serius orangnya….hahahaha

  13. Terima kasih mas untuk artikel diatas
    mohon dibuatkan artikel bagaimana membangun Links dari Web 2.0 properties

    salam
    Andre Medan

  14. Emang SEO di website atau blog di perlukan, penjelasannya lengkap mas marikxon, terutama bagi pemula seperti saya.

  15. Jasa Buat Website

    Mw tnya nih gan Manroe… saya bingung nih dengan persaingan SERP sebenarnya yang paling signifikan dalam menaikan SERP kita ini seperti apa?
    selama ini sih saya cuma menyebarkan backlink dari pembuatan artikel di web kami saja dan di share ke SOSMED.. dari penyebaran artikel tersebut sebenarnya yg perlu diperhatikan dari segi apa ya gan?
    thanks b4

    • Yang paling dominan itu sebenarnya kontennya sendiri mas. Rajin memposting konten yang sesuai dengan niche blognya, dikombinasikan dengan promosi hasilnya akan sangat bagus.

      Sepanjang pengalaman saya, penyebaran link di sosial media juga butuh strategi yang baik. Buatlah fans page dan bangun FP di Facebook dengan membuat komunitas yang menyukai topik website Anda. Sesekali memasang iklan (Facebook Ads) juga bisa meningkatkan popularitas di sosial media. Popularitas di sosmed juga berpengaruh ke SEO.

  16. kalau di website saya backlinknya banyak dari sosial media, apalagi instagram. topcer dah. tapi saya masih bingung, bagaimana cara membuat ecomerce dari wordpres, ada yang bantu saya?

  17. Mau tanya nih mas, teman saya buat website dan dia ga ngerti tentang SEO, konten asal-asalan, ga pake backlink tapi herannya tiap hari pengunjungnya semakin meningkat dalam waktu dua bulan pengunjungnya sudah di atas 100. Yang saya heran pengaruh apa ya mas.. sementara sy sudah menerapkan tekhnik SEO seperti tips dari mas Max Monroe pengunjungnya masih sepi… Mohon pencerahan. Tks

    • ya saya juga punya teman yang seperti itu, kontent yang dia buat bisa dibilang asal-asalah terkadang hanya ocehan gak jelas, tapi herannya pengunjungnya semakin banyak dan banyak juga yang berkomentar,

      • Perhatikan juga komentarnya mas, tidak semua komentar itu berasal dari orang… seringkali komentar yang masuk ke blog berasal dari kiriman software

    • kalau pengalaman saya itu biasanya dari luar negri yang mengunjungi. mereka mengecek web kita.

  18. saya belum jelas tentang Off Page Factor :(
    udah 3 kali saya baca tu paragraf…

    Tolong pencerahannya :(

  19. kontent yang berkualitas juga jadi esensi sebuah website :)

  20. Abdurohman Afandi

    Saya membuat website… diluar dugaan masuk di rank tinggi di search engine, tp sebulan kemudian turun drastis. Pertanyaan saya, mengapa cepat naik rank nya, dan kemudian turun drastis.

  21. seperti website ini bagus untuk backlink ya

  22. informasi yang sangat bermanfaat, jadi pengin belajar lebih lanjut tentang seo

  23. Wah bermanfaat sekali mas…, ternyata 3 elemen tersebut sangat penting untuk sebuah website ya.

  24. ciput ninja antem

    saya sudah mencoba menerapkan tips dari bapak, Google Index sudah 203 tapi kok pengunjungnya masih sepi ya pak? Masalahnya di mana ya

  25. menurut saya elemen seo yang paling ampuh adalah di konten, sering update artikel. yang pastinya artikel yang berkualitas

Tinggalkan Balasan