3 Cara Mengkonversi Dokumen PDF Menjadi Word Dengan Mudah

Cara-Mengkonversi-Dokumen-PDF-Menjadi-Word

Dokumen dengan format PDF dan Word merupakan dua jenis dokumen yang banyak digunakan saat ini. Dua format dokumen ini penggunaannya sangat luas, mulai dari pemakaian pribadi sampai dengan untuk bisnis. Dua format dokumen ini juga saling terkait satu sama lain dan pada saat tertentu anda diharuskan untuk melakukkan konversi dari dokumen berformat word ke pdf, atau dari pdf ke word seperti yang akan kita bahas kali ini.

Hal itulah yang pernah saya alami sebagai mahasiswa. Pernah suatu ketika saat mengerjakan tugas, saya perlu menulis ulang beberapa halaman dari sebuah dokumen berformat pdf. Tapi agar tugas bisa selesai lebih cepat, jalan yang lebih mudah pun diambil. Yaitu dengan melakukkan konversi dari PDF ke word sehingga dokumen bisa dengan mudah dicopy-paste.

Dalam melakukkan konversi dokumen dari PDF ke word, ada beberapa cara yang bisa kita pilih. Sebagian mengharuskan untuk online, sebagian lagi bisa dilakukkan secara offline selama kita memiliki software yang diperlukan, sebagian gratis, dan sebagian lagi berbayar. Baiklah, untuk lebih jelasnya silahkan baca beberapa pilihan untuk konversi dokumen pdf ke word berikut ini:

Artikel lain: Bekerja Menggunakan Google Docs Secara Offline

1. Konversi PDF Menjadi Word Dengan Adobe Acrobat

Software Adobe Acrobat adalah software untuk membaca dokumen berformat PDF yang dibuat oleh Adobe. Salah satu fitur premium yang dimiliki oleh Adobe Acrobat adalah untuk mengkonversi dokumen pdf ke word, namun untuk menggunakan fitur ini diperlukan subscription atau dengan kata lain pengguna diharuskan untuk membayar.

Metode konversi menggunakan Adobe Acrobat cocok digunakan oleh para pebisnis yang sering menggunakan dokumen berformat PDF dan juga sering melakukkan konversi. Software ini bisa didownload secara gratis namun untuk beberapa fitur termasuk konversi PDF ke word pengguna diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu.




1. Download dan install Adobe Acrobat Reader dari https://get.adobe.com/reader/
adobereader1

2. Buka Adobe Acrobat Reader kemudian buka file PDF yang ingin anda rubah menjadi word
adobereader3

3. Klik File > Save As > Word or Excel Online
adobereader4

4. Setelah anda menjalankan perintah diatas, maka sidebar yang berisi opsi untuk konversi akan muncul di sisi sebelah kanan Adobe Acrobat Reader, tampilannya sebagai berikut ini:
adobereader5

5. Sebelum melakukkan proses konversi, anda diharuskan untuk memiliki adobe ID beserta passwordnya. Jika anda sudah login, yang perlu Anda lakukkan adalah mengeklik tombol Convert dan menunggu sampai dokumen PDF selesai dikonversi dan menjadi word.

2. Konversi PDF ke Word Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan file dan dokumen dari #Google. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga berfungsi untuk membuat dokumen, mengedit, sampai dengan download dokumen. Dan tentu saja, layanan penyimpanan dan editor dokumen dari google ini juga memiliki fitur untuk mengubah file PDF menjadi Word. Bagaimana caranya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan login ke https://drive.google.com/ terlebih dahulu menggunakan akun google anda.
googledrive 0

2. Upload file berformat PDF yang ingin anda rubah menjadi Word
googledrive 1

3. Klik pada File > Download As > Microsoft Word (.docx)
googledrive 3

4. Download dan simpan file di tempat yang anda inginkan. Setelah itu, dokumen PDF anda telah siap dibuka dan diedit menggunakan word atau editor lainnya.
googledrive 5

3. Konversi PDF Menjadi Word Dengan Layanan www.PDFOnline.com

Situs www.PDFOnline.com menyediakan layanan konversi dokumen PDF ke word atau sebaliknya, dari word ke PDF. Untuk menggunakan cara ini, diperlukan koneksi yang stabil karena proses uploading yang cukup lama. Selain menyediakan layanan konversi, pdfonline.com juga menyediakan download software untuk konversi file PDF ke word atau sebaliknya.




Untuk panduan konversi file PDF menjadi word menggunakan layanan www.PDFOnline.com, silahkan simak tutorial berikut:

1. Silahkan buka www.PDFOnline.com terlebih dahulu :
pdfonline1

2. Di halaman depan anda akan menemukan 2 tab yaitu “PDF to Word” dan “Word to PDF”. Silahkan klik pada button “PDF to Word” karena disini kita akan merubah file PDF menjadi Word. Setelah diklik, pilih dokumen berformat PDF yang ingin anda rubah ke word.
pdfonline2

3. Dokumen akan diproses. Lama waktu proses konversi tergantung pada ukuran dile yang akan di-konvert, banyaknya tabel, dan banyaknya gambar.
pdfonline3

4. Setelah proses konversi selesai, halaman download untuk dokumen anda yang sudah dikonversi akan tersedia. Dan dari sini, anda tinggal mendownload dan mengedit file word anda sesuai kebutuhan.
pdfonline4

pdfonline5

5. Jika ukuran dari file PDF anda melebihi batas yang ditentukan oleh www.pdfonline.com, maka anda akan diarahkan ke halaman yang berisi peringatan bahwa file anda terlalu besar, disertai dengan tawaran untuk mendownload software mereka untuk melakukkan konversi di desktop.

googledrive 3

Baca juga: Fitur Ini Akan Memaksimalkan Browser Google Chrome

Cara mana yang akan Anda gunakan untuk melakukan konversi file PDF ke word, silahkan dipilih sesuai kebutuhan. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Sekian dan semoga bermanfaat.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud