Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Jasa Pembuatan Website Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Penggunaan media internet sebagai sarana bisnis memang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk para pebisnis pemula yang belum memiliki banyak modal. Membuka online shop merupakan hal yang mudah untuk dilakukan di zaman modern ini, bahkan ada pebisnis pemula yang memanfaatkan sistem dropship untuk membuka online shop sehingga hampir tidak membutuhkan modal sama sekali.

Bermodalkan nama online shop yang unik serta ketekunan menjalankan usaha, maka mulailah para perintis online shop mencari calon customer dan mengumpulkan reputasi yang baik dari pelayanan yang berkualitas. Untuk mendukung proses pemasaran, biasanya para pemilik online shop akan memanfaatkan media sosial seperti #Facebook, #Twitter, atau Instagram untuk memasarkan produknya. Namun pemilik online shop yang lebih tekun biasanya rajin membuat blog gratis macam Blogger.com atau WordPress.com dengan tampilan menarik untuk memikat calon pelanggan.

Saat ini penggunaan blog gratis sebagai sarana iklan bagi online shop nampaknya sudah mulai bergeser karena beberapa alasan. Alasan yang pertama adalah karena blog gratis menyediakan fasilitas yang sangat terbatas, terutama dalam hal desain. Alasan lainnya adalah maraknya penipuan berkedok online shop dengan menggunakan platform gratisan. Si penipu akan berkedok menjadi pemilik online shop yang menawarkan produk super murah.

Saking besarnya niat untuk menipu, banyak oknum penipu yang berusaha meyakinkan calon customer dengan memanfaatkan fasilitas blog gratis untuk membuat online shop palsu yang memang hanya menjadi jebakan betmen bagi para korbannya. Yah meskipun begitu, saya tidak mengatakan setiap online shop yang memanfaatkan layanan blog gratis itu penipu lo ya. Masih banyak juga kog usaha dengan platform gratisan yang benar-benar verified dan terpercaya.

Bila kita memiliki sedikit modal dari profit online shop, tak ada salahnya menyisihkan modal tersebut untuk menyewa jasa pembuatan website profesional. Membuat website profesional tentu menunjukkan kesungguhan dalam menjalankan #bisnis online shop. Biaya yang diperlukan untuk membuat website pun relatif murah yakni berkisar ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Namun, kita juga harus cermat dan teliti dalam memilih jasa pembuatan website agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini terdapat beberapa poin penting yang harus  kita perhatikan ketika akan menyewa jasa pembuatan website :

Artikel lain: Melihat layanan pembayaran COD eCommerce di Indonesia

1. Perhatikan Legalitas dan Kredibilitas

Legalitas dan kredibilitas atau nama baik merupakan hal paling penting dalam memilih jasa pembuatan website. Pastikan bahwa jasa pembuatan website yang kita pilih merupakan usaha yang legal. Karena saat ini terdapat beberapa penyedia jasa pembuatan website yang kurang bertanggung jawab. Anda bisa melihat kredibilitas sebuah penyedia layanan pembuatan web dengan memperhatikan beberapa hal, pilihlah penyedia jasa yang sudah terpercaya dan memiliki banyak klien yang puas dengan pelayanan mereka.

2. Harga yang Sesuai

Harga yang sesuai bukan berarti harus semurah mungkin. Namun disini kita harus cermat membandingkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang akan disediakan nantinya. Bila memiliki budget yang cukup, tak ada salahnya membayar sedikit mahal untuk mendapatkan fasilitas yang mumpuni. Toh nantinya jika Anda memilih paket dengan harga yang lebih tinggi, maka online shop Anda juga akan berjalan dengan lebih baik. Yang terpenting adalah tetap jeli melihat apakah penyedia jasa tersebut benar-benar terpercaya. Jangan sampai dana besar sudah digelontorkan, tapi hasilnya jelek atau tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

3. Tingkat Keamanan Data

Keamanan data merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis, terlebih lagi apabila memiliki online shop yang terhubung dengan koneksi internet. Berbagai data penting seperti data stock barang, data pembelian, identitas customer dan deskripsi produk tentu harus diproteksi secara aman agar tidak berpindah tangan ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan tersebut pada umumnya dapat dilihat dari bagaimana penyedia jasa memberikan pengelolaan data dan website online shop kita. Untuk hal tersebut, Anda bisa menyerahkan pada seorang webmaster.

4. Tersedianya Fitur yang Lengkap

Tampilan serta fitur yang lengkap merupakan daya tarik sebuah toko online dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap ketertarikan calon customer untuk menjelajahi website Anda lebih jauh lagi. Dengan demikian, penting untuk menggunakan jasa pembuatan website yang menyediakan website yang menarik dan user-oriented. Berbagai fitur menarik seperti shopping cart dan fitur pembayaran online tentu akan menunjang kemudahan dan kenyamanan customer ketika berbelanja di online shop kita.

Baca juga: 3 Jenis Transaksi Jual Beli Online Terpopuler Di Indonesia

5. Pilih Jasa Yang Menawarkan Support dan Garansi

Pilihlah jasa pembuatan website yang menyediakan garansi atau support untuk menangani gangguan teknis yang terjadi sewaktu-waktu pada website Anda. Jangan lupa juga memilih jasa pembuatan website yang fleksibel dan mudah diajak berdiskusi untuk membantu menentukan desain dan fitur website yang sesuai dengan keinginan.

Bagi Anda yang tertarik belajar cara membuat website/ online shop dan menjadi webmaster, Anda bisa mencoba belajar di beberapa penyedia kursus pembuatan web. Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah Baba Studio, baca ulasan saya tentang Baba Studio.

Demikian tips singkat yang bisa kita jadikan acuan ketika mencari jasa pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online di Indonesia. Berikut ini adalah sebuah video interaktif tentang jasa pembuatan toko online dari Magindo.

Terkait: #Belanja online,


6 total comments on this postSubmit yours
  1. terima kasih mas, saya juga buka usaha jasa pembuatan website. hhe…

    salam kenal.
    Emzeth

  2. cocok tuh…buat kamu yang ga mau ribet buat website…sekarang udah banyak jasa pembuatan website yang bisa kamu coba…tapi liat tips tips diatas ya…

  3. atikel yang bagus sekali lae, makasih.
    untuk pembuatan web saya kemarin itu mgkn akan saya coba design bagus lae, lumayan juga mau hampir 50 jt.
    sementara yang lae saran kan kemarin mrk minta hampir 120 jt lebih..
    salam

    • Wah Rp 120 juta? Mahal banget ya? Kenapa ga coba ke Baba Studio aja hehehe

    • Wew mahal sekali gan, klo udah sampe 3 digit mah biasanya proyek pemerintah atau perusahaan besar..

      Coba aja gan MDesain.com recomended loh :D

  4. wah terima kasih mas sudah sharing, tapi menurut saya lebih suka jika membuat website sendiri, untung2 belajar utak atik. nanti juga bisa. daripada instant, ga tau pengalaman bagaimana membuat semua itu :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com