Tips Melakukan Riset Market dengan Bantuan Google

Riset Market Tips Melakukan Riset Market dengan Bantuan Google

Sebagai seorang pebisnis atau pengusaha, melakukan riset market merupakan suatu keharusan untuk mengetahui informasi mengenai target pasar, konsumen, hingga pesaing. Kemajuan teknologi internet saat ini membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Jika dulu riset market harus bisa dilakukan secara offline dan tak jarang membutuhkan biaya besar, namun kini riset market sudah bisa dilakukan secara online melalui Google dengan jauh lebih mudah dan gratis tentunya.

Sebagai salah satu mesin pencari yang paling banyak dikunjungi saat ini, #Google telah menjadi bagian dari dunia internet yang sangat penting fungsinya. Budaya “Googling” pun menjadi frasa yang dapat di artikan sebagai kegiatan mencari sebuah informasi via internet. Jutaan bahkan miliaran pencarian dilakukan dengan bantuan google. Maka dari itu, bagi seorang pebisnis online tentunya sudah menjadi kewajiban untuk mengerti seluk-beluk Google dan berusaha agar blog atau situsnya berada pada jajaran teratas hasil pencarian.

Artikel terkait: Google Adwords Keyword Planner

Tekait dengan riset market, peran Google diantaranya adalah memberikan informasi yang cukup mengenai beberapa hal berikut ini:

1. Mengetahui selera konsumen

Mengetahui selera konsumen merupakan salah satu tujuan melakukan riset market. Banyak cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan membuka survey atau polling untuk produk yang kita jual. Anda juga bisa menyediakan kotak saran sehingga konsumen bisa memberi masukan terhadap produk yang anda jual.

2. Mengamati Pesaing

Mengetahui karakteristik pesaing merupakan hal yang paling penting diketahui oleh seorang pebisnis. Riset market bisa dilakukan dengan menggunakan Google yaitu dengan mencari produk atau brand yang sama dengan yang Anda jual.

Amatilah hal-hal yang mereka lakukan untuk menarik minat konsumen. Setelah mengetahui apa-apa saja yang dilakukan oleh pesaing, kita bisa melakukan strategi pemasaran dalam menghadapi pesaing diantaranya meniru/mengembangkan apa yang dilakukan pesaing atau melakukan sesuatu yang lebih unggul dibandingkan pesaing.

3. Mencari ide baru

Seorang pebisnis online harus berpikir inovatif. Artinya mereka harus terus mengeluarkan ide-ide baru untuk produknya. Hal ini sangat perlu dilakukan agar konsumen tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja. Hal ini juga termasuk bagian dari riset pasar.

Melalui Google, kita bisa mencari hal-hal apa saja yang sedang menjadi trend, kemudian bisa diaplikasikan ke dalam produk Anda. Misalnya saja Anda membuka sebuah usaha toko roti. Dengan riset pasar melalui Google, kita juga bisa mengetahui hal yang sedang trend misalnya trend cupcake, macaroon dan sebagainya. Maka kita bisa menjual produk tersebut pada toko online yang kita bangun.

Fasilitas Google Untuk Mendukung Proses Riset market

Di atas tadi adalah beberapa hal yang menjadi tujuan utama dalam melakukan riset market. Kita bisa mengandalkan beberapa fasilitas Google yang digunakan untuk melakukan riset market. Bagi rekan-rekan yang mungkin sudah lama berkecimpung di dunia Internet Marketing mungkin sudah akrab dengan fasilitas-fasilitas  berikut ini. Namun bagi Anda yang belum mengetahui, ada baiknya menyimak beberapa tools Google yang efektif untuk mendukung riset market Anda:

1. Google Keyword Planner Tool

Fasilitas ini digunakan oleh mereka yang ingin mengetahui informasi seputar keyword atau kata kunci yang digunakan berkaitan dengan produk yang di bisnis mereka. Tool ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan ide-ide kata kunci baru serta peluang-peluang lain yang bisa dilakukan seputar bisnis yang di bidik.

Dengan tools ini, kita bisa mengetahui jumlah pencari sebuah kata kunci dan juga kata kunci lainnya yang sering diketikkan di mesin pencari Google. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan lebih banyak target audiens untuk website bisnis. Anda bisa mencoba tools tersebut DI SINI.

2. Google Trends

Tools ini dapat digunakan untuk mengetahui topik yang sedang trend di internet. Sangat cocok digunakan oleh mereka yang punya website/ blog dengan topik news juga toko online yang menjual produk-produk terbaru. Google trends selalu menampilkan update terbaru hal-hal yang sedang hangat dan banyak dicari di internet. Silahkan mencobanya DI SINI.

3. Google documents

Fasilitas Google yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk membuat polling atau survey secara online. Hal ini dilakukan untuk tujuan riset market yang paling utama yaitu untuk mengetahui selera konsumen. Dengan adanya polling ini, maka seorang pebisnis dapat mengatahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Anda bisa mengunjunginya DI SINI.

4. Google consumer surveys

Fasilitas yang satu ini hampir mirip dengan fasilitas Google documents yaitu untuk melakukan survey secara online, hanya saja Google consumer surveys ini mengkaji lebih dalam lagi yaitu untuk mengetahui minat konsumen dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Namun fasilitas ini tidak bisa digunakan secara gratis. Anda harus membayar sebesar $0.1 per orangnya. Anda bisa mengunjungi nya DI SINI.

Untuk menggunakan semua tools tersebut yang Anda butuhkan tentunya sebuah akun Google atau email Google alias Gmail. Melakukan riset market kini bisa anda lakukan dengan lebih mudah, namun bagaimana pun riset via offline sedikitnya tetap harus Anda lakukan guna menyempurnakan riset bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara membuat email di Gmail

Sebagai penutup berikut ini kami sajikan video mengenai bagaimana cara mengoperasikan fasilitas Google keyword planner tool untuk melakukan riset market Anda.


9 total comments on this postSubmit yours
  1. wah lengkap dan jelas tutornya mas, keren banget

  2. wah keren infonya gan . .
    saya baru tahu kalo bisa riset pake Google documents dan Google consumer surveys gan.
    thanks ya :)
    salam sukses gan.

  3. makasih atas tutorialnya mas… ternyata banyak sekali manfaat dari artikel yg terdapat pada blog ini… sukses selalu..

  4. riset market sangat berguna memang bagi yang ingin berbisnis di internet. sangat penting karena mampu melihat pangsa pasar dan saingannya semua.

  5. Woo..mantep info.nya…dengan google kita bisa optimasi media promosi bisnis online

  6. Wah sepertinya saya harus lebih memaksimalkan google trends dan google keyword planner supaya bisa mendapatkan visitor yang benar-benar tertarget.

    Semakin bagus saja webnya bang max ini. Salam sukses selalu.

  7. tutorialnya sangat membantu, setelah saya riset keyword langsung saya implementasikan ke produk saya

  8. jujur saya tak tahu selera konsumen target yang kami lakukan. Untung saya menemukan artikel ini. akan saya coba untuk mengembangkan produk kami.

    Namun apa bila produk kami merupakan afilasi dari perusahaan, apa yang bisa kami lakukan untuk menarik clien lebih banyak ya gan? sedangkan kami tidak memiliki kewenangan penuh atas produk afiliasi tersebut. Terima kasih

  9. Ditunggu tutorial penggunaan 4 tools google diatas, hehehe

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com