Membuat Kontes Voting Pemilu di Facebook Dengan Platform Wishpond

wishpond logo Membuat Kontes Voting Pemilu di Facebook Dengan Platform Wishpond

Image dari Wishpond.co.id

Media sosial semakin punya peranan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Media sosial tidak hanya untuk bersosialisasi dengan orang lain secara online tapi juga untuk berbisnis, branding, dan juga kampanye politik. Negara lain bahkan sudah sering menggunakan media sosial sebagai media kampanye dan pemilu mereka. Barrack Obama adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berhasil dalam memanfaatkan media sosial dalam strategi kampanye. Dia akhirnya terpilih menjadi presiden Amerika Serikat setelah berhasil memanfaatkan efektifitas kampanye melalui media sosial.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah menerapkan hal yang sama, dimana kita lihat beberapa bakal calon presiden RI sudah memanfaatkan internet, khususnya media sosial, sebagai media kampanye mereka. Saya tertarik dengan salah satu artikel di Wishpond.co.id yang menjelaskan tentang kontes voting Facebook dengan menggunakan platform Wishpond.

Berikut ini adalah tutorial yang saya temukan di situs Wishpond.co.id, tentang cara menjalankan kontes voting PEMILU di Facebook. Silahkan melihat keseluruhan kampanye tersebut di SINI (Like halaman Facebooknya untuk membuka halaman kampanye).

Artikel terkait: Kontes media sosial adalah sarana promosi online yang efektif

Membuat Kontes Voting Pemilu Di Wishpond

1. Langkah pertama adalah mendaftar di Wishpond, klik di SINI untuk mendaftar. Setelah berhasil mendaftar, masuk ke menu Kontes Vote.

2. Langkah ke dua adalah membuat kampanye. Pada bagian kiri menu Kontes Vote kita bisa mengedit beberapa informasi yang akan kita tampilkan pada halaman kampanye di Facebook. Lihat bagian Editor Kampanye, lalu isi detail yang diperlukan pada menu Editor Kampanye tersebut.

Untuk membuat tampilan kampanye Anda lebih maksimal, pastikan memasukkan tiap gambar dengan ukuran yang sama, yaitu 100×100 px, 350×200 px, dan ukuran lainnya.

Di sana ada dua opsi yang bisa kita pilih. Bagi pengguna Wishpond Pro Plan, Anda bisa mengatur CSS form kontes yang dibuat sehingga akan terlihat unik, sedangkan opsi lainnya adalah menambahkan banner pada form kontes tersebut.

Kita juga bisa menggunakan menu tambahan option untuk menambahkan foto dan informasi kandidat presiden yang lain. Pastikan Anda memasukkan banner agar kampanye yang dibuat terlihat lebih menarik, disarankan memakai foto dengan ukuran 800 x 300 px.

3. Langkah ke tiga adalah Opsi Lanjutan. Pada langkah ini kita bisa memilih di mana akan meluncurkan kampanye tersebut. Kita bisa memilih mempublish kampanye ke halaman Facebook Fans Page, ke halaman Twitter, ke website, atau gabungan Fans Page dan situs Anda.

Pada artikel ini, kita akan publish kampanye voting PEMILU ke halaman Facebook Fans Page. Buat dulu menu baru di halaman Facebook Saya, yaitu “Sample Business” Lalu klik “Allow” dan “Okay”. Bila muncul jendela pop-up setelah login, silahkan Anda pilih halaman Facebook yang akan dipasang kampanye tersebut. Sebelum meluncurkan kampanye voting tersebut, kita harus login terlebih dahulu ke akun Facebook.

Bagi member Pro Plan di Wishpond, kita bisa menggunakan fitur Like-Gating yang akan mengharuskan pengguna Facebook untuk me-Like halaman Facebook kita sebelum mengikuti kampanye.

Setelah itu, Anda bisa langsung ke “Metode Entri” pada halaman Wishpond. Pada menu ini kita bisa memilih bagaimana cara para partisipan untuk mengikuti kontes yang dibuat. Kita bisa membuat pengaturan partisipan harus login ke Facebook dan memasukkan emailnya, atau bisa juga partisipan hanya perlu memasukkan email tanpa harus login Facebook. Di sana kita juga bisa membuat pengaturan lain yang kita inginkan.

Kita bisa memilih zona waktu untuk kampanye yang kita buat, opsi ini ada pada bagian bawah. Selain itu, kita juga mengatur durasi kampanye. Untuk default dari Wishpond telah disetting 30 hari. Jika Anda ingin agar kampanye berjalan lebih lama atau lebih singkat, maka Anda bisa mengubah “Waktu Mulai” dan “Masa Akhir” kampanye tersebut. Selanjutnya Anda bisa klik tombol “Berikutnya”, dan kampanye yang bertajuk “Kontes Voting Pemilu 2014″ yang kita buat akan dipublish.

Artikel terkait: Cara mudah melakukan kampanye marketing di media sosial

4. Langkah ke empat adalah menganalisa kampanye yang kita buat. Setelah kampanye tersebut dipublish, nanti akan muncul pop-up yang menunjukkan bahwa pembuatan kampanye voting yang kita buat telah berhasil dan ada penawaran dari Wishpond untuk mengelola iklan melalui Facebook Ads dengan platform Wispond.

5. Langkah ke lima adalah mengumumkan kampanye yang baru Anda buat ke Facebook agar dilihat pengguna Facebook lainnya. Anda bisa menyebarkan link kampanye Anda di time line Facebook Anda dan di group Facebook. Secara default foto yang akan ditampilkan pertama kali adalah foto kandidat pertama. Untuk menjaga objectivitas kampanye Anda, ada baiknya menggati foto default dengan foto tanpa wajah.

Kesimpulan:

Kontes voting seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mengukur kepopuleran momentum para kandidat, tentunya cara ini juga bisa digunakan untuk kepentingan marketing bisnis Anda ataupun lainnya. Penjelasan di atas hanya sebuah contoh, kita bisa mengambil topik atau tema lain dalam kampanye di media sosial. Silahkan buat akun baru Anda di Wishpond dan cobalah membuat kampanye untuk bisnis Anda seperti yang dijelaskan di atas.

Disadur dari Wishpond.co.id


2 total comments on this postSubmit yours
  1. wah berbayar ya nih, aku coba ternyata berbayar!

  2. mantap nih tutorialnya mas!!!
    saya bookmark yah. thx

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com