Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Penggunaan Twitter

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Penggunaan Twitter Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Penggunaan Twitter

Apakah anda menggunakan twitter saat ini? Twitter adalah salah satu situs social media yang paling populeri, hal ini tidak bisa diragukan. Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini sudah mengenal dan menggunakan twitter dalam kegiatan sehari-hari, baik itu untuk bisnis ataupun untuk keperluan pribadi.

Seorang yang menggeluti sebuah bisnis sangat disarankan untuk memiliki sebuah aku twitter untuk kegiatan promosi usahanya melalui socia media. Jika anda masih baru dalam menggunakan twitter, kemungkinan anda akan merasa kesulitan dalam memulainya atau bahkan kebingungan dalam percakapan dengan orang lain. Kesulitan seperti inilah yang sering membuat banyak orang kehilangan kesempatan dalam memperkenalkan bisnisnya melalui social media ini.

Mungkin anda masih baru dalam mengenal twitter, atau mungkin juga anda telah lama mengenal social media ini, tapi apakah anda sudah melakukan kegiatan social media anda di twitter dengan benar?  Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan twitter:

1. Anda tidak mengisi biografi anda dengan benar

Biasanya pengguna twitter lebih suka untuk memfollow akun yang telah mengisi biografi dengan baik, karena itu pastikan anda tidak lupa untuk mengisi biografi anda pada bagian profile. Tidak perlu membuat biografi yang terlihat sangat bagus, cukup dengan memberikan data singkat tentang anda dan topik yang anda sukai sehingga profile anda terlihat lebih menarik untuk difollow.

2. Menggunakan logo sebagai foto profile anda

Jika anda membuat akun twitter untuk diri anda sendiri, sebaiknya anda juga menggunakan foto diri anda sebagai foto profile. Penggunaan logo perusahaan atau logo bisnis pada akun twitter pribadi anda bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, kecuali anda memasang logo tersebut pada akun twitter perusahaan atau bisnis anda.

Pastikan anda memasang foto yang menggambarkan diri anda secara jelas. Penggunaan foto seluruh badan bukanlah hal yang bijak karena wajah anda tidak akan terlihat dengan jelas, mengingat gambar profile twitter yang tersedia hanya kotak kecil saja. Pastikan wajah anda terlihat jelas pada akun twitter anda karena hal ini akan membuat orang lain lebih percaya pada anda.

3. Hanya memposting yang isinya promosi

Twitter memang sebuah socia media yang sangat ampuh untuk kegiatan promosi anda, tapi bukan berarti bahwa anda hanya memposting yang isinya promosi produk atau perusahaan anda. Jika anda hanya memposting promosi saja, anda akan menyadari bahwa anda hanya seperti berbicara pada ruang kosong karena tidak akan ada yang perduli.

Twitter adalah platform social media, maka perlakukanlah seperti yang seharusnya, tetaplah terhubung dengan orang lain dan bersosialisasi di twitter. Anda harus menggabungkan tweet promosi dan juga tweet pribadi, ini akan terlihat lebih wajar.

4. Mengirimkan Pesan Otomatis kepada followers

Pada awalnya ide ini adalah untuk mengirimkan pesan ‘terimakasih’ atau ‘salam kenal’ kepada followers baru, tapi pada penggunaannya kebanyakan orang menggunakan pesan otomatis ini untuk mengirimkan pesan yang berisi promosi dan SPAM pesan pejualan.

Sebaiknya anda menggunakan tools pesan otomatis tersebut hanya untuk mengucapkan salam atau terimakasih. Jangan membuat diri anda seperti SPAMMER dengan mengirimkan pesan otomasti yang berisi pesan-pesan penjualan produk atau jasa anda kepada followers baru.

5. Hanya memposting feed dari blog secara terus menerus

Bukan berarti saya tidak menyukai sesuatu yang otomatis, tapi bila anda tidak pernah memposting sesuatu di akun anda atau mungkin mengucapkan salam kepada followers baru anda secara manual, kemungkinan orang akan menganggap akun anda adalah robot yang membosankan. Dan akhirnya followers anda akan mengacuhkan tweet anda, atau lebih buruk akan meninggalkan anda.

6. Terlalu pelit untuk memfollow orang lain

Mungkin anda pernah melihat sebuah akun twitter yang memiliki ratusan ribu followers tapi akun tersebut hanya memfollow 10 orang saja. Menurut saya ini adalah sesuatu yang tidak wajar, kecuali anda seorang artis yang sangat terkenal seperti Justine Bieber :P.

Anda tidak harus memfollow back setiap akun yang memfollow anda, tapi sebaiknya anda follow back setiap akun yang memiliki minat yang sama dengan anda atau orang yang berpotensi jadi customer anda.

7. Lupa untuk menambahkan simbol khusu sebelum membalas tweet

Pada twitter, percakapan antara anda dengan orang lain yang  diawali dengan simbol ‘@username’ hanya dapat dilihat oleh akun twitter lain yang menjadi follower anda dan juga teman bicara anda di twitter.

Mungkin ini bukan masalah besar buat anda, tapi coba bayangkan bagaimana bila teman bicara anda adalah seorang yang terkenal di industri anda dan kebetulan anda bertemu dengan dia di twitter. Tentunya anda ingin agar followers anda tahu bahwa anda sedang berbicara dengan sorang figur terkenal, tapi bila anda tidak menggunakan simbol penting itu, orang lain yang menjadi follower anda dan juga follower teman bicara anda tidak akan melihat pembicaraan tersebut.

8. Melakukan pelanggaran hastags dengan tujuan untuk publisitas pribadi

Mungkin anda tergoda untuk memanfaatkan setiap trending topik untuk mempromosikan bisnis anda. Misalnya, jika topik “#JustineBieberDower” sedang trending, menambahkan hastags yang sama ke dalam post anda akan membuat post itu terlihat oleh semua orang yang sedang memonitor kalimat itu, dan ini sangat berpotensi untuk mendapatkan banyak followers dan juga trafik ke bisnis anda.

Namun, menyebutkan brand bisnis anda pada setiap trending topik bukanlah hal yang baik, kesalahan ini sering dilakukan oleh seorang pemula atau orang yang tidak perduli dengan akun twitternya. Gunakan hastags populer hanya pada saat yang tepat, jangan menggunakan hastags pada setiap trending dan tidak berhubungan dengan bisnis anda kecuali anda ingin disebut sebagai seorang SPAMMER.

9. Sangat jarang menggunakan twitter

Mungkin kesibukan membuat anda berpikir bahwa cukup menggunakan twitter hanya sekali sebulan saja. Ketika banyak orang mengatakan bahwa twitter adalah tempat yang power full untuk bisnis mereka, sebenarnya yang mereka katakan itu bukanlah social medianya tapi keuntungan yang didapatkan dari koneksi yang dibangun di social media tersebut. Jika anda membukan akun anda hanya dalam sekali sebulan bagaimana mungkin anda bisa membangun koneksi dengan teman-teman anda di twitter.

Bila anda ingin berhasil dengan twitter, sebaiknya anda menghindari sembilan kesalahan di atas. Hanya dengan melakukan sembilan tips di atas tidak akan membuat anda sukses dengan twitter. Jadi, jika anda memiliki rekomendasi lain agar pemilik bisnis bisa mendapatkan hasil maksimal dari platform twitter, silahkan kirimkan rekomendasi anda melalui komentar di bawah ini.


10 total comments on this postSubmit yours
  1. Trims unt semua tipsnya, walau gk semua yg saya mengerti, maklumlah saya baru ini menggunakan twitter lalu bingung ketika saya gk bisa ngetweet kemanapun. Trmksh unt yg bisa membantu saya :D

  2. nomer 7 dan 9 itu saya banget -_-

  3. saya baru saja terjun ke dunia yg nma ny twiter
    pengetahuan saya pun masih terbilang sangat newbie
    dan beberapa thn belakang saya juga pngen punya blog pribadi
    yg memuat selukbeluk Tanah batak dan cerita khususnya
    tetapi blog saya terbengkalai
    krena pengetahuan saya tentang blog pun sangat minim
    nah..
    gmana semua itu bisa saya kembangakn?mohon pencerahan nya dong
    thank

    • Banyak mencoba bang Turnip, itulah kuncinya. Paling tidak kita sudah punya gambaran dulu mau dibuat seperti apa blog tersebut, siapa target pembaca/ marketnya, apa topik yang dibahas diblog tersebut.

      Kalau sudah jadi blognya, baru pikirin strategi promosinya. Ada banyak kog caranya, nanti kita saling share aja bang. Kirim pesan aja via kontak saya di sini http://www.maxmanroe.com/kontak

      Salam kenal

  4. No.5 saya banget tuh ;)). Apa manfaatnya sih kita memfollow balik seseorang?.

    • Kalau ga mau follow orang ya ga masalah sih. Kita follow seseorang krn ingin mengikuti tweet dari orang tersebut, atau menjalin pertemanan di dunia online :)

  5. Sekian tahun nge-blog, baru sebulan ini tertarik bikin akun twitter, mencoba menyelam di keriuhan.
    Karena biasa nulis panjang di blog, jadi bingung apa yg ditulis dg maks 140-160 karakter. Itulah awalnya yg membuat saya gak tertarik.

    Begitu masuk ke dalam alam tsb, ternyata memang benar informasinya deras meluncur, sampai banyak yg terlewat, kalo seharian bersama klien. Jadi, saya sendiri belum bisa menikmati bagaimana enaknya bertwitteran. Saya sudah komitmen, ketika berhubungan dg orang lain (klien atau keluarga), seluruh gadget silent demi menghormatinya.

    Memang dari poin2 di atas saya akui ada beberapa poin kesalahan yg saya lakukan. Maklum newbie :)
    Ada tips, mas, gimana caranya ber-twitter-an yg nyaman tanpa hilang fokus dg pekerjaan utama?

    • Tips singkat, gunakan twitter hanya pada waktu senggang aja Pak (08.00), siang (12.00), dan sore (18.00). Pada waktu yg saya sebutkan itu lebih banyak digunakan orang untuk melakukan kegiatan di twitter

  6. Tulisan yang berguna, semoga saya bisa meminimalkan kesalahan saya :D.

    • Thank you :-) Kalo ito Nella mah pasti udah paham yang beginian hehehe

1 pingback on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com