Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Facebook

cara mengintegrasikan blog dengan facebook Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Facebook

Melanjutkan artikel saya sebelumnya, yaitu mengintegrasikan blog dengan Twitter, di artikel ini saya akan coba jelaskan cara mudah untuk mengintegrasikan blog dengan Facebook. Apa tujuannya? Sederhana, kita ingin agar artikel blog yang kita posting dibaca oleh para pengguna Facebook, karena itu kita perlu mengirimkan link artikel tersebut ke Facebook.

Untuk mengirimkan link artikel blog ke Facebook bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara manual dan dengan cara otomatis dengan bantuan tools/aplikasi dari pihak ketiga. Saya lebih suka menggunakan aplikasi untuk mengirimkan link artikel ke Facebook karena lebih mudah dan lebih cepat. Agar dapat mengirimkan link artikel blog kita ke Facebook secara otomatis, kita harus mengintegrasikan blog tersebut dengan akun Facebook milik kita.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan, misalnya menggunakan Twitterfeed, dan Rss Graffiti. Saya lebih suka menggunakan Rss Graffiti karena dengan menggunakan aplikasi ini, artikel blog kita yang ditampilkan di Facebook terlihat lebih menarik. Selain menampilkan sebagian artikel blog, RSS Graffiti juga menampilkan link dan gambar dari artikel tersebut di Facebook sehingga membuat pengguna Facebook lebih tertarik untuk mengunjungi link tersebut.

Cara Mengintegrasikan Blog Dengan Facebook

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus punya akun Facebook terlebih dahulu. Kalau Anda belum punya akun Facebook, silahkan dibuat dulu, caranya sangat mudah. Saya pernah menulis tentang cara membuat akun Facebook.

1. Langkah pertama tentunya membuka akun Facebook Anda.

2. Selanjutnya adalah membuka halaman app Rss Graffiti dari halaman akun Facebook Anda. Aplikasi ini bisa kita gunakan secara gratis, bisa juga digunakan dalam versi berbayar yang tentunya fasilitasnya lebih baik. Tapi untuk blog sederhana, saya pikir cukup menggunakan versi gratisnya saja.

Setelah masuk ke halaman Rss Graffiti, Anda bisa klik link “Add new publishing plan”, lihat gambar

3. Pada bagian kolom “Name New Publishing Plan”, masukkan nama untuk publishing Anda, bisa dengan menggunakan nama blog atau domain Anda. Lalu klik link “Create publishing plan”. Lihat gambar

4. Pada halaman berikutnya kita bisa mengisi source Feed blog dan target (akun FB) yang akan kita kirimkankan feed.

4.1. Pada bagian bagian “Sources” kita bisa menambahkan Feed Blog dengan meng-klik tombol “New Source”. Nanti akan muncul Pop-up, isilah Feed blog Anda pada kolom yang disediakan. Lalu klik tombol “Add Source”

Nanti akan muncul pop-up baru untuk settingan lebih lanjut. Pada halaman tersebut, yang paling penting untuk diperhatikan adalah pada bagian “Maximum posts per update”, isilah sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda posting artikel di blog cukup banyak, Anda bisa mengatur jumlah feed yang akan terkirim ke Facebook. Setelah itu, klik “Save”, lihat gambar

4.2. Pada bagian “Target”, kita akan menambahkan target (akun FB) yang akan dikirim feed blog kita. Target ini bisa  akun Facebook pribadi, Facebook Fans Page, dan juga Facebook Group dimana kita adalah admin-nya. Silahkan klik tombol “New Target”, nanti akan muncul pop-up. Pada halaman tersebut kita bisa mengisi akun Facebook yang akan dikirim feed blog. Pada bagian post style, pilih saja yang standard. Klik “Save”, lihat gambar

 

5. Langkah terakhir adalah mengaktifkan publishing plan tersebut dengan meng-klik tombol “Off” menjadi “On”. Sampai langkah 5 ini kita sudah selesai mengintegrasikan blog kita dengan Facebook. Lihat gambar

Di bawah ini adalah salah satu contoh artikel saya yang disubmit secara otomatis ke Facebook dengan menggunakan Rss Graffiti.

Setiap kali Anda posting artikel di blog, maka otomatis akan muncul link, gambar, dan potongan artikel tersebut di halaman akun Facebook yang sudah Anda atur sebelumnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan cara ini, kita bisa mempromosikan setiap konten di blog ke halaman Facebook milik kita agar terbaca oleh teman di Facebook atau Fans di Facebook. Tentunya ini akan memberikan trafik langsung yang cukup besar bila teman atau fans di Facebook jumlahnya cukup banyak, selamat mencoba. Terimakasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa membantu Anda.


21 total comments on this postSubmit yours
5 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com