5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

cara menghasilkan uang dari blog 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog: Sudah Terbukti!

Image dari billbelew.com

Ok, semua orang bisa membuat blog, dan caranya juga tidak terlalu sulit. Namun, jika kita bicara menghasilkan uang dari sebuah blog, mungkin masih banyak teman-teman blogger yang masih belum mengerti caranya. Di artikel ini, saya coba berbagi pengalaman bagaimana cara saya menghasilkan uang dari sebuah blog.

Akan lebih baik bila kita merencanakan sejak awal apa tujuan membangun sebuah blog, dan bagaimana kita akan me-monetize blog tersebut. Pengalaman masing-masing orang akan berbeda dalam membangun blognya. Beberapa orang membangun blog hanya untuk iseng-iseng, dan blogger lainnya melakukan kegiatan blogging dengan tujuan yang jelas. Dalam hal ini saya adalah blogger yang punya tujuan yang jelas dalam membangun sebuah blog, yaitu blogging for money hehehe.

Saya sudah membangun lebih dari 10 blog dengan kategori yang berbeda yang dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk blog berbahasa Inggris, biasanya saya membeli artikel dari penulis luar (native speaker) karena kemampuan bahasa Inggris saya masih pas-pasan, little little I can lah hehehe. Sedangkan untuk blog berbahasa Indonesia, biasanya saya menulis sendiri artikelnya dan sebagian lainnya saya menyewa jasa seorang penulis.

Setiap blog yang saya bangun, pasti menghasilkan uang yang saya dapatkan dari bebeberapa program. Penghasilan masing-masing blog saya berbeda-beda, ada yang bikin gigit jari ada juga yang bikin mata terbelalak hehehe. Ok, berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang saya bangun. Maaf, saya tidak menyertakan screen shoot karena tidak perlu.

Artikel lain: Cara meningkatkan trafik pengunjung blog/ website

1. Komisi Dari Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita bangun. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini.

Pengalaman saya ketika membangun blog untuk program affiliasi, saya lebih dulu menentukan produk yang akan saya jual, baru saya membangun blognya. Misalnya saat saya membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, saya melakukan riset terlebih dahulu. Produk apa yang akan dipromosikan, keywords apa saja yang dapat menunjung SEO, dan bagaimana cara membangun kontennya.

Yang wajib kita perhatikan adalah konten didalam blog yang kita bangun harus punya value dan bermanfaat bagi para audiens. Semakin baik konten Anda, kemungkinan besar semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut. Dari program affiliasi Amazon saja, saya bisa mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar. Kalau saya bisa, Anda juga pasti bisa.

2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanyalebih  sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Pengalaman saya, ruang iklan mandiri di blog saya disewa dengan biaya Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan setiap bulannya, menurut saya itu lumayan.

Yang wajib diperhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website/ blog yang kita bangun. Misalnya topik website Anda tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche tersebut. 

Sebaiknya kita TIDAK menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche website kita karena ini akan membingungkan audiens dan biasanya konversinya jelek. Misalnya website Anda tentang internet marketing, lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk penumbuh rambut.

Baca juga: Cara membuat blog gratis dengan WP dan Blogger

3. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri

Ini artinya Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens Anda. Saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan ya.

Nah, si pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Sangat kreatif.

Salah satu contohnya adalah blog teman saya Nella dari Jerman di Pursuingmydreams.com. Kalau kita memperhatikan blognya sepintas, mungkin kita hanya membaca artikel-artikel saja. Namun, di blog tersebut Nella juga menawarkan/ menjual bibit bunga kepada teman-teman blogger di Indonesia. Menanam bunga adalah hobinya, dan artikelnya banyak membahas tentang bunga, dan dia memanfaatkan blognya untuk menjual bibit bunga. Kreatif ya.

4. Menulis Artikel Tentang Bisnis/ Website Orang lain

Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak lho perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Berdasarkan pengalaman saya, satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, tergantung negosiasi.

Namun, tidak mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Saya kurang tahu pengalaman teman-teman, tapi dari pengalaman saya pihak Advertiserlah yang selalu menghubungi saya ke email dan minta dibuatkan artikel yang mengulas tentang bisnis mereka.

Bila Anda tidak ingin repot menghubungi calon pengiklan, tidak ada salahnya mencoba mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork. Beberapa bloger yang saya kenal sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser mau membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.

Artikel terkait: 5 Cara mendapatkan uang dari internet

5. Menjual Blog Anda

Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu memantain blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.

Menjual blog akan terasa sulit jika kita tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan teman yang bisa membantu menjual blog/ website. Pengalaman saya, menghubungi seorang broker atau pengantara akan sangat membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial. Dua dari website/blog affiliasi Amazon milik saya pernah terjual masing-masing $1000 dengan bantuan broker. Sebagian dari uang hasil penjualan website tersebut saya gunakan untuk modal membangun bisnis yang lain.

Kesimpulan:

Anda sudah membaca beberapa cara menghasilkan uang dari blog, dan ini sudah terbukti berdasarkan pengalaman saya pribadi. Tidak semua orang cocok dengan metode monetize blog yang saya sebutkan di atas, namun setidaknya Anda sudah punya sedikit gambaran. Apakah Anda sudah me-monetize blog Anda? Metode apa yang Anda lakukan?


44 total comments on this postSubmit yours
  1. Mas… aku punya blok di waninotoherbal truss aku bingung caranya biar aku punya klikpay dan dapat jual produk juga ada hasil. buat anak anak aku yang masih kecil ini mas…. caripenghidupan mas….tolong bantu aku ya – sekar 085716468979

  2. mas, minta tolong komentarnya tentang blog saya (mumpung baru), bertemakan wawasan pendidikan dan khazanah pengetahuan, adakah tema tersebut memiliki peluang mendapatkan profit di masa depan? mohon sarannya, thank’s

    • Masih harus diperbaiki homepage nya mas. Tampilannya kog foto doang, biasanya kan ada list artikel blog di halaman utamanya. Setau saya ada banyak thema blogspot yang lebih bagus, coba buka blognya mas Sugeng (www.mas-sugeng.com) di sana ada template blogspot gratis yang lebih bagus :)

      • Kalo masalah tema pendidikan dan pengetahuannya, gimana prospeknya ? yang harus ditambah kurang to diperbaiki…..

  3. blogspot sama .com dari domain juga jauh. hahahah
    Adakah cerita seseorang membeli blog dengan domain blogspot.com atau semacamnya yang memang blog gratisan?

    • Ada banyak lho yang menjual blog blogspot nya. Saya pernah beli blog gratisan dari orang mas :)

  4. saya mau nanya mas..saya baru buat travel online di wordpress,bagaimana caranya agar bisa muncul di google dan ramai pengunjung dan menghasilkan uang dari wordpress itu sendiri?

    • Mba kan bisnis travel, fokus aja dulu ke core bisnisnya. Agar website nya muncul di Google, sebaiknya daftarkan webnya di Google Webmaster Tools, submit ke situs social bookmark, submit ke media sosial, dan tambahkan konten. Itu saja :)

  5. mas, terimakasih atas infonya
    saya mau tanya. gini mas, saya punya blog udah dari setahun yang lalu terus baru saya aktifkan beberapa hari yang lalu. saya mau coba berbisnis melalui blog tapi artikel yang saya buat di blog saya itu tentang kisah romantis hidup saya yang selalu sial. kira kira menurut sampean. bagai mana cara agar saya bisa melakukan bloging for money di blog saya.
    mohon pencerahannya mas.
    terima kasih

    • Menurut saya mendingan buat 1 blog khusus untuk bisnis, kalau campur aduk kontennya malah kurang bagus nanti. Kontennya sesuaikan dengan isi blog nya mas Fadly saja. Kalau produk yang dijual sesuai dengan isi blognya akan lebih bagus konversinya. Blog mas Fadly isinya tentang kisah romantis, bisa digunakan untuk jual eBook atau buku yang berhubungan dengan kisah romantis.

  6. setuju saya gan, dengan kegigihan dan kerja keras lalu dibumbui dengan kreatifitas semua pasti akan berjalan lancar gan. . .
    Salam Ngblog

  7. Bagus banget pemaparanya, thanks.

  8. Jujur saya terispirasi engan blog ini karena pastinya jauh lebih berpengalaman dari saya. Saya sendiri mempunyai blog yang saya jadikan sebagai sumber penghasilan saya. Saya sudah mededikasikan diri saya sebagai fulltime blogger, dan saya benar-benar harus bisa bekerja maksimal untuk mendapatkan penghasilan dari blog saya. Terima kasih informasinya :)

  9. Saya suka menulis pikiran saya di blog.jadi blog saya gk fokus temanya.apa itu buruk?

  10. Sulit nyari pengunjung mas, apalagi sampai mendatangkan uang, boro2.
    Page view nya tiap segitu gitu aja mulu, padahal udah berusaha ngebuat artikel semenarik mungkin mas.
    Gimana ya mas ?

  11. bang blog saya ini dari tanggal 6 juni sampe sekarang 13 juni (sudah memuat sekitar 16 artikel) dan pengunjung nya dari hari pertama (belum ada artikel baru buat template) hari kedua (udah ada 1 artikel dan belum ada 1 pengunjung )
    hari ketiga(udah ada 3 artikel dan ada 9 pegunjung) hari keempat ada(5 artikel dan juga 25 pengunjung),hari kelima udah ada 11 artikel dan juga 29 artikel )dan sampai hari ini ada 30 pegunjung) semua pengunjung bukan termasuk saya
    dan saya tidak mengcopas artikel orang lain,hanya mengutip dan ditulis kembali
    TAPI SAYA BINGUNG RATA-RATA PENGUNJUNG NYA ORANG AMERIKA ,TRAGISNYA ORANG INDONESIA CUMA 4 ITUPUN TEMEN SAYA YANG BROWSING DI WARNET ,,,, GIMANA MENURUT AMA MANROE APAKAH BLOG SAYA BISA SUKSESS DAN DITERIMA DI ADSENSE “mohon dijawab

    • Blog masih baru, perjalanannya masih panjang mas. Kalau diterima sih kemungkinan pasti ada, terus aja dulu posting dan optimasi blognya. Jangan lupa lengkapi page pendukung, buat blognya sebagus mungkin biar visitornya betah di blog kamu. Good luck.

      • Bagaimana blog yang belum begitu populer di google mas apa bisa menghasilkan uang? karena uang mustahil bisa kita hasilkan tanpa ada pengunjung atau calon pembeli yang datang.

        • Bisa saja web baru menghasilkan uang, tergantung monetize nya seperti apa. Misalnya mas Sarjoni jualan produk kecantikan, untuk mendapatkan penjualan bisa dengan mengiklankan website tersebut. Dalam internet marketing, SEO itu bukan segalanya mas, ada banyak cara untuk mendapatkan pelanggan potensial :)

5 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com