3 Langkah Cerdas Belanja Online Agar Lebih Puas

3 Langkah Cerdas Belanja Online 3 Langkah Cerdas Belanja Online Agar Lebih Puas

Ilustrasi dari Merdeka.com

Saat ini belanja online sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak masyarakat kita. Hal ini selain menunjukkan bahwa pola konsumsi warga Indonesia yang makin modern namun disisi lain juga menjadi sinyalmen bahwa kepercayaan berbelanja online juga makin meningkat. Makin canggihnya tekonologi eCommerce membuat kita tidak akan sulit lagi jika ingin melakukan transaksi online. Selain itu, kini faktor keamanan transaksi juga menjadi perhatian utama para online seller demi meningkatkan kepercayaan konsumen.

Terkait dengan keamanan berbelanja di sebuah online shop, memang belum bisa dikatakan sepenuhnya aman. Apalagi jika kita belum mengentahui benar hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, tidak jarang kekecewaan dan ketidak percayaan yang akan muncul nantinya. Terutama bagi anda yang baru pertama kali mencoba bertransaksi online, tidak jarang akan sangat gampang terkecoh dan akhirnya menimbulkan pemikiran secara umum bahwa belanja online tidak aman atau akan menimbulkan banyak masalah nantinya.

Dari sebuah survey online yang pernah dilakukan sebuah lembaga survey daring mengenai belanja online, ada sebanyak 84% dari total responden menyatakan bahwa pernah mengalami kekecewaan  saat berbelanja online, dan hanya 26% persen saja yang mengaku lancar dalam bertransaksi online. Namun sebenarnya jika kita bisa lebih cerdas dalam menjalaninya, belanja online bisa menjadi alternative yang terbaik untuk mendapatkan apa yang anda butuhkan dengan lebih mudah, cepat dan aman pastinya. Dan berikut ini kami mempunyai beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar aktivitas belanja online anda bisa berjalan lebih baik dan memuaskan.

1. Melakukan Riset Produk

Riset produk adalah langkah awal yang paling penting dan tidak boleh ditinggalkan. Dengan makin beragamnya produk serta variannya, tentu akan lebih baik jika anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Dengan melihat lebih banyak referensi produk dari berbagai toko online, bisa menjadikan masukkan yang berharga sebelum anda benar-benar memutuskan produk mana yang akan anda ambil.

Tidak hanya dengan berkunjung langsung pada situs penjual produk, riset juga bisa anda lakukan via jejaring sosial untuk mendapatkan pandangan atau pengalaman dari rekan yang mungkin sudah pernah membeli produk sejenis. Rekan atau teman di dunia maya dapat memberikan pandangan yang lebih baik, tentang produk dan juga tempat penjual online yang benar benar dapat dipercaya.

Dalam berbelanja online yang juga perlu anda perhatikan adalah berfikir rasional. Jangan sampai saat anda melakukan riset produk dan menemukan produk idaman dengan harga super miring langsung saja anda sikat. Cermati dulu bagaimana keamanannya serta apakah mungkin produk seperti itu bisa mempunyai rentan harga yang begitu murah. Riset yang kuat akan mengurangi resiko anda kecewa setelah berbelanja online nantinya.

Artikel lain: Lazada luncurkan iOS Apps

2. Mempertimbangkan Kredibilitas

Kredibilitas seorang penjual tentu juga menjadi hal yang sangat penting. Pada tahap ini ada beberapa poin yang harus anda cermati yaitu identitas toko online, keberlangsungan toko online, dan pendapat konsumen. Yang pertama mengenai identitas toko online, biasanya toko online yang sudah berbentuk perusahaan besar akan lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan dengan toko online yang belum terlalu besar.

Tidak jarang kualitas dari toko online tersebut bisa dilihat dari tampilan fisik online shop apakah sudah terlihat professional atau belum. Hal ini termasuk fasilitas dari webstore tersebut hingga alamat webnya. Sering kita temukan toko online yang menggunakan alamat gratisan seperti blablabla.blogspot.com atau blablabla.wordpress.com. Website seperti itu pada umumnya (meski tidak semuanya) menunjukkan bahwa sang penjual tidak professional dengan usahanya tersebut.

Poin kedua adalah keberlangsungan toko online. Poin ini bisa dicermati dengan sudah lama atau tidaknya toko online tersebut dibuka. Beberapa tools yang bisa menjadi rujukan anda untuk mengetahui statistic sebuah web antara lain Alexa.com atau Who.is. Disana anda tinggal memasukkan alamat webstore dan melihat bagaimanakah statistiknya. Pada alexa, jika menunjukkan jumlah rangking lebih kecil maka berarti lebih baik, semakin banyak pengunjung sebuah situs maka Alexa nya akan semakin kecil. Situs yang jumlah pengunjungnya lebih banyak juga berarti poin plus bagi webstore tersebut.

Poin yang ketiga adalah pendapat konsumen. Poin ini biasa disebut juga dengan istilah testimonial konsumen. Testimonial kosumen bisa menjadi rujukan penting apakah toko online tersebut dapat dipercaya atau tidak. Namun anda jangan sampai terkecoh akan testi palsu yang dibuat oleh toko online yang tidak bertanggung jawab. Pada umumya testi yang benar-benar murni malah bukan yang ada di toko online tersebut namun dapat berbentuk sebuah tulisan konsumen di media sosial atau bisa juga sebuah posting di blog pribadi.

Dengan mencari di google anda bisa lebih banyak mendapatkan masukan, tips nya anda bisa mencari dengan mengetikkan kata kunci “pengalaman belanja di toko blablabla” atau bisa juga melihat kemungkinan testi negatif dengan mengetik “ toko blablabla menipu“ atau “kecewa beli di toko blablabla”. Semakin banyak masukan yang anda dapatkan akan membuat akan makin cerdas dan tepat dalam membeli barang secara online.

Baca juga: My Little Brown Box ~ Toko Online Parfum Pria Original

3. Memanfaatkan Fasilitas

Saat ini sudah banyak toko online yang memberikan berbagai fasilitas yang terkait dengan sistem jual belinya. Beberapa fasilitas yang ditawarkan harus dapat anda manfaatkan dengan baik untuk menunjang kenyamanan anda saat berbelanja online. Beberapa fasilitas utama dari sebuah toko online yang perlu diperhatikan adalah opsi pembayaran, layanan garansi pengembalian barang dan berbagai potongan harga yang ditawarkan.

Opsi pembayaran merupakan fasiltas toko online yang paling penting untuk diperhatikan. Pasalnya saat ini jenis metode pembayaran online sudah sangat beragam dan anda juga harus mengerti dengan baik tiap metode yang ada. Pilihlah toko online yang menawarkan lebih banyak opsi pembayaran, agar anda juga lebih leluasa memilih dan menyesuaikan dengan kemampuan anda. Mengenai jenis metode pembayaran yang lazim diterapkan saat ini bisa anda simak pada artikel ini.

Berikutnya yang tidak kalah penting adanya fasilitas jaminan garansi lewat pengembalian barang. Fasilitas ini memang terkadang menjadi pembeda anatara jual beli online dan offline. Namun dengan makin berkembangnya ecommerce di Indonesia sudah cukup banyak kog toko online yang menawarkan fasilitas garansi dan pengembalian barang jika terjadi kerusakan atau kesalahan dalam kondisi barang yang kita beli. Dalam hal ini, yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana mekanisme klaim garansi tersebut serta apakah mudah atau sulit prosesnya.

Fasilitas terakhir adalah adanya potongan harga atau diskon yang ditawarkan. Layaknya jual beli offline, diskon memang masih menjadi daya tarik bagi para pembeli dalam menentukan barang yang akan diambil. Dan eCommerce pun tidak jarang juga menawarkan berbagai diskon yang bisa didapatkan dengan membeli produk mereka. Tidak hanya diskon, berbagai keuntungan seperti pemberian voucher dari rumah makan atau tempat hiburan terkadang juga menjadi tambahan yang bisa menjadikan pengalaman belanja online kita menjadi lebih menyenangkan.

Artikel lain: Waspadalah terhadap penipuan berkedok bisnis online

Sebagai penutup artikel kali ini, berikut sebuah video menarik tentang tips berbelanja online yang bisa menjadi tambahan refernsi bagi Anda para online shoppers. Be save and happy shopping!


3 total comments on this postSubmit yours
  1. 5 tahun terakhir memang terjadi pergeseran cara belanja orang indonesia — sekarang yang ada di papua dan aceh ujung pun tetap bisa beli ke sumbernya langsung — mereka bisa saja beli batik di jogjakarta dan sekitarnya hanya bermodalkan sambungan internet — terimakasih untuk infonya

  2. belanja online emang sangat praktis. gak perlu bermacet2 dan berpanas2an.
    simple dan praktis, apalagi buat orang2 sibuk yg tinggal di kota besar.

  3. bagussss sekali om infonya,..kebetulan saya jg sedang mengelola toko online,…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

Follow us on Twitter

Follow us on Google+


Like us on Facebook

© 2014 All Rights Reserved

MaxManroe.com