Zong Qinghou, Pengantar Susu yang Menjadi Orang Terkaya Ke-6 di Tiongkok

Zong-Qinghou-Pengantar-Susu

Kesuksesan memang tidak melihat status sosial dan pendidikan apa yang di jalani. Zong Qinghou salah seorang yang dulunya pengantar susu  tidak pernah menyangka akan mendapatkan dana investasi yang mencapai angka 131 juta dolar setelah perusahaannya Wahana bergabung dengan Danone.

Awalnya Zong hanya menjajakan susumiliknya yang memiliki harga murah, namun karena visi dan misinya terhadap dunia bisnis begitu besar dan keuletannya dalam berbinisnis benar-benar teruji maka ia memberanikan diri untuk meminjam uang pada sebuah bank di Tiongkok, berkat keberaniannya menagmbil resiko tersebut sekarang perusahaan miliknya, Wahana menjadi perusahaan minuman terbesar di Tiongkok. Sampai saat ini kekayaan Zong mencapai 110 triliun rupiah.

Siapa Sebenarnya Zong Qinghou?

Zong adalah seorang warga Tiongkok yang lahir di Zheijang ia lahir pada tahun 1945. Zong lahir di tengah-tengah keluarga yang sangat kekurangan, bahkan dapat dikategorikan sangat miskin. Pada saat ia menjalani masa SMP nya di asrama, dia harus kembali ke rumah orang tuanya dikarenakan ibunya yang berhenti bekerja pada waktu pada saat  itu.

Setelah kembali Zheijang, dia kesulitan mencari sekolah karena mahalnya biaya #pendidikan saat itu, dan akhirnya dia memutuskan untuk bekerja membantu orang tuanya. Karena pendidikannya yang terhenti karena kekurangan dana, Zong mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan dan membuat keluarganya semakin kesulitan.

Meski ia hidup ditengah sebuah keluarga yang sangat serba kekurangan dan terus di timpa berbagai masalah namun ia tetap semangat dan akhirnya menemukan pekerjaan sebagai pengantar susu ke sekolah-sekolah. Disitulah Zong melihat sebuah peluang besar ia melihat banyak anak-anak sekolah yang sangat suka susu, selain harganya yang murah dan juga bergizi.

Akhirnya setelah berbulan-bulan menjadi pengantar susu, dia akhirnya memberanikan diri dan memutuskan untuk bekerja sama dengan beberapa guru disekolah untuk membuat pabrik susu sendiri dan dia mengumpulkan dana sebesar 140 ribu yan. Ketika dana yang ia butuhkan sudah terkumpul 140 ribu yan, Zong langsung membuat pabrik susu sendiri. Tidak hanya susu, dia juga membuat beberapa produk berbeda lainnya yaitu  ice dan aneka minuman dingin lainnya.

Artikel lain: Jack Ma ~ Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

Lahirnya Perusahaan Susu Wahana

Setalah beberapa lama pabriknya berjalan akhirnya perusahaan susu milik Zhong lahir dengan nama Wahana. Wahana didirikan pertama kali pada tahun 1989, dalam waktu yang relatif singkat perusahaan miliknya menguasai hampir sekolah-sekolah di sekitar Zheijang. Total ada 38 sekolah yang bekerja sama dengan Wahana, nama perusahaan Zong.

Kemudian di tahun 1993, dia mulai merambah ke produk lain. Tidak di sangka permintaan melonjak, susu yang diproduksi perusahaan milik Zong itu menjadi sangat terkenal di Tiongkok. Tetapi masalah mulai muncul, dia kewalahan, mulai dari permintaan, keuangan sampai masalah manajemen. Tidak tanggung-tanggung, masalah ini ada sampai 6 tahun.

Hingga akhirnya pada tahun 1996 Zhong mendapatkan tawaran dari Danone, perusahaan susu terbesar di dunia. Danone memberikan penawaran untuk membeli separuh dari saham Wahana dan Zhong menerima tawaran itu. Keputusan itu sangat tepat, karena pengaturan manajemen perusahaan sampai keuangan perusahaannya jadi lebih baik.

Yang membuatnya menjadi menarik adalah, Zong memberikan 10% saham perusahaan dimiliki oleh karyawan karyawannya. Dia berpikir bahwa seharusnya karyawan mendapatkan upah yang setimpal karena kerjanya.




Baca juga: Bob Sadino ~ Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif

Pesatnya Perkembangan Bisnis Zong Qinghou

Sekarang, ada sekitar 150 perusahaan minuman yang berada dibawah manajemen Wahana. Dan ada 60 pabrik tersebar diseluruh Tiongkok. Total karyawan dari Wahana jumlahnya pun sangat luar biasa, ada 60 ribu staff. Sungguh perkembangan luar biasa yang tidak terduga. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah, dalam berbisnis itu diperlukan kegigihan dan keberanian dalam mengambil sebuah resiko dan ketepatan melihat peluang yang muncul.

Bukan seberapa besar modal yang kita punya. Meski kita memiliki modal yang besar namun kalau kita tidak memiliki kegigihan dan keberani mengambil resiko serta kecerdasan melihat peluang maka modal sebesar apapun akan terbuang cuma-cuma.

Satu hal lagi yang perlu di ingat, bahwa kesuksesan berbisnis bukan lahir dari sebuah status sosial, tidak perduli Anda miskin ataupun kaya, tidak perduli Anda pintar atau tidak. Jika Anda dapat secara tepat memanfaatkan peluang yang ada serta berani mengambil segala resiko maka peluang besar untuk kesuksesan bisnis Anda akan terbuka lebar.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud