Prof. Yohanes Surya PhD – Tolong Carikan Saya Anak yang Paling Bodoh dari Papua

Yohanes Surya

Image dari YohanesSurya.com

Prof. Yohanes Surya. PhD, Sang Super Guru

Carikan saya anak yang paling bodoh dari Papua, akan saya latih

Anak kelas 2 SD dari Papua yang sudah tinggal kelas 4 kali, jadi Juara matematika tingkat nasional, dan juara membuat robot!

Prof. Yohanes Surya PhD. yang lahir di Jakarta 6 Nopember 1963 ini, tidak asing lagi bagi telinga kita karena telah melahirkan segudang prestasi ditingkat internasional. Profesor lulusan College of William and Mary, Jurusan Fisika dari USA, dibawah bimbingan beliau, pelajar dari Indonesia telah mmapu berbicara di tingkat dunia.

Ada 54 medali emas, 33 medali perak dan 43 medali perunggu telah diraih pelajar indonesia di dalam berbagai lomba olimpiade tingkat internasional. Bahkan pada tahun 2006, Pelajar Indonesia menjadi juara dunia, mengalahkan 86 negara.

Yohanes Surya dan Mimpinya Mencerdaskan Anak Bangsa

Hari ini beliau banyak berbincang dengan anggota PPI Kyoto, di Universitas Kyoto, Jepang. Beliau bercerita rahasia resepnya untuk menjadi seorang pengajar yang luar biasa. Mengapa luar biasa? Tentu saja karena sudah membuat pelajar Indonesia menjadi Juara Dunia di bidang Fisika.




Tetapi yang menarik buat saya adalah, beliau mengatakan bahwa orang Indonesia itu cerdas, jika diberi kesempatan dan dilatih dengan baik. Beliau mengatakan, ”tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar.” Untuk membuktikan pendapatnya ini, maka beliau pergi ke Papua untuk mencari murid yang paling bodoh, yang paling sering tinggal kelas, yang tidak bisa menjumlahkan, pokoknya yang bodohnya tak ketulunganlah kata orang Jakarta.

Mereka dibawa ke Jakarta, dalam tempo 6 bulan anak anak itu sudah menguasai pelajaran kelas 1 sampai kelas 6 SD. Ada satu orang anak yang sudah 4 tahun tinggal kelas di kelas 2 SD, dilatih kemudian menjadi juara nasional untuk olimpiade matematika, dan juga menjadi juara lomba membuat robot tingkat nasional.

Banyak dari antara anak-anak papua yang paling bodoh itu, yang kampungnya paling terpencil, dimana semua orang masih pakai koteka, setelah di latih oleh guru yang baik dan metode yang benar, setelah diberi kesempatan, maka pada tahun 2011, anak-anak itu menjadi juara Olimpiade Sains dan Matematika Asia. Mereka merebut medali emas, perak dan perunggu.

Masih sungguh banyak prestasi yang dicapai Sang Guru ini, yang tak mungkin saya ceritakan dalam tulisan singkat ini. Tetapi cukuplah mewakili bahwa dengan memberi kesempatan bagi anak-anak dari desa terpencil di Indonesia, mereka bisa menjadi Juara Dunia.

Prof. Yohanes Surya PhD, setelah menyelesaikan studinya di USA, beliau sempat kerja di sana dan ditawari berbagai hal menarik supaya tetap di Amerika. Tetapi beliau memilih untuk pulang ke Indonesia untuk berbuat sesuatu untuk negeri-nya. Beliau punya mimpi, 15 tahun ke depan untuk mendidik anak-anak Indonesia yang paling tertinggal di berbagai daerah, sehingga mereka menjadi Doktor (PhD), 30000 doktor, yang disebar di seluruh pelosok negeri. Jika ini terwujud, maka Indonesia akan bisa berbicara di Tingkat Internasional, bahkan kita akan bisa bertanding dengan negara maju seperti Amerika.




Jika anak-anak Papua bisa menjadi juara olimpeade fisika, juara olimpiade matematika, Juara membuat robot, maka semua anak-anak Indonesia yang dianggap paling bodoh sekalipun di seluruh nusantara, jika diberi kesempatan dan dibimbing dengan metode yang benar, maka sangat mungkin menciptakan 30000 doktor yang tersebar diseluruh Indonesia.

Dan ketika itu terjadi maka kemajuan negeri kita akan sama dengan Amerika, bahkan seperti pelajar Indonesia yang juara Olipiade Fisika, maka kita bisa jadi juara dunia, semua mungkin jika kita berusaha. Mestakung, kata beliau, semesta akan mendukung jika kita berusaha.

Yohanes Surya: Guru yang Baik adalah Guru yang Menginspirasi Muridnya

Apa rahasianya menjadi guru yang baik? Guru yang baik adalah guru yang bisa menginspirasi para muridnya, guru yang baik adalah guru yang bisa mengajarkan muridnya dengan mudah, ceria, dan senang. Metode yang diyakininya ini ternyata telah berhasil dengan luar biasa.

Selain menjadi Juara Dunia di bidang Fisika dan Matematika, sudah banyak anak didiknya menjadi ilmuwan dan PhD terkemuka di dunia. Satu lagi, kita sudah menjadi lawan yang tangguh di bidang matematika dan fisika. Seumpamanya ini adalah pertandingan sepak bola, maka kita adalah Brazil atau Jerman. Tim yang sudah diakui dan ditakuti lawan sedunia.

Tulisan ini masih akan bersambung, karena besok masih ingin berdiskusi panjang lebar dengan Sang Guru. Selamat datang di Kyoto Sang Super Guru, salute for you.

Tonton video Satu Indonesia – Prof Yohanes Surya

Baca juga wawancara wartawan Tempo  (Qaris Tajudin, Agung Wijaya, fotografer Aditya Noviansyah) dengan sang guru, Prof. Yohanes Surya PhD, baca di sini.

Ditulis oleh: Josep Franklin Sihite

Tags terkait: #Profil, #Pendidikan



106 total comments on this postSubmit yours
  1. woww luar biasa setelah saya baca dan menonton percakapan bapak Prof. Yohanis Surya. menginpirasi saya. terimah kasih Bapak Yohanis Surya. saya putra Papua sangat senang sekali menonton percakapan bapak Yohanes Surya. Tuhan Memberkati. @salam Hormat

  2. saya ingin menjadi orang yg sukses tapi sayang nya guru yang mengajar saya itu cara mengajarnya tidak effisien sehingga ilmu yg di berikan itu jadi tidak bermanfaat dan 1 lagi saya ingin belajar dgn guru seperti anda prof

  3. Malam prof yo , buat apho selanjutnya seleksinya kapan?

  4. Pengen belajar sama Bapak :)
    Tapi umur sudah 25 an apa masih bisa Pak ? hehe

  5. Intinya tidak ada orang yang bodoh, mungkin karena malas belajar dan metode yang digunakan tidak efektif atau tidak sesuai dengan orangnya.

    Terimakasih artikelnya, memotivasi sekali.

  6. Saya bangga ..smoga cita cita mulia & besar ini dapat dikabulkan Allah.. slamat Prof Jo…

  7. Pa saya juga ingin di’didik seperti itu sebab saya juga salah satu anak terbodoh di’dunia

  8. waduh, jd pingin anak saya belajar sama bpk Profesor, gmn caranya ya, anak saya tidak mau belajar sama sekali udah kelas 4 SD, dy tekun dan ulet, tp tuk sesuatu yg diinginkannya, misalnya main klereng, terus dy latih sampe benar2 jago, dan menang di setiap permainan. tp tuk belajar, dy ga mau sama sekali. meskipun begitu, Alhamdulillah nilainya di atas rata2. sy yakin anak sy memiliki kecerdasan yg cukup tinggi, cuma tuk dilatih ato disuruh ke hal2 yg baik, spt belajar itu ga mau, jawabnya ntar2 terus, tau2 dah tidur aja tanpa belajar. andai bisa di asah dan di asuh oleh guru ato pembimbing yg tepat, sy yakin anak sya akan banyak memberikan manfaat nantinya. Aamiin. Insya Allah. ingin sekali anak sy bisa dibimbing bpk profesor… semoga bisa. Aamiin

  9. Saya ingin sekali menjadi murid anda proff. . Sangat ingin sekali..

  10. Seandainya guru fisika saya seperti prof. Yohanes Surya PhD… -_-

  11. bisa di share ndak Pak ini? mau saya share d sosmed

    • Ya boleh dong mba Yuniana, silahkan di-SHARE :)

  12. bpk Profesor mohon petunjuk untuk anak saya….dah 2 kali di kelas 1….belum bisa baca dan hitung…huruf dan angka hapal dan tau tapi klo digabung tak tau bacanya.terimakasih

  13. Minta alamat dan kontak person pak prof, tx

  14. thank, sangat memotivasi saya dalam membimbing keluarga

  15. Wah saya juga mau diajari :-) sumpah saya bodo amat pelajaran matematika :-)

  16. Terima kasih telah berbagi, artikel yang cukup menginspirasi supaya bangsa menjadi tidak berkecil hati saat dirinya merasa kurang pintar karena sesungguhnya pintar itu bisa didapat ketika senantiasa orang tersebut mau untuk berusaha mendapatkannya.

  17. Prof, kok cuma seorang beraninya. Kenapa ga langsung aja membimbing satu atau dua sekolah :-D

  18. Shalom bpk prof.. kalau berkenan bpk merekrut anak-anak kami yang dari NTT.. terimah kasih.. Tuhan Yesus Memberkati

  19. wah bsa ajarin ane buat persiapan Simak UI sama SBMPTN tahun depan nih prof…???
    tahun ini dari 4 jalur test PTN 1 pun ane kaga lulus
    bsa kan prof…???

  20. Izin ngambil beberapa kalimat dan kutipannya ya untuk melengkapi artikel saya.

  21. dari pengalaman saya mengajar MATEMATIKA METODE GASING yang dibuat oeh prof. yohanes alhamdulilah sebagian besar memang sangat baik diajarkan bagi anak2 namun memang harus ada sinkronisasi antara anak dan guru, karna terkadang saking asik berdiskusi dan ngobrol ceria anak jadi susah untuk kepelajaran dan terkadang ada anak yg datang bukan untuk belajar namun ingin ikut bermain , dan juga dasar dari anak itu belajar sangat berpengaruh, karna ya anak sd jaman sekarang sudah teracuni oleh banyak hal2 negative, guru juga memang harus bisa menginspirasi dan bisa mengatur waktu dalam belajar, bermain, dan berdiskusi hehe

  22. mau dong diajarin biar jadi anak yang sukses dan membanggakan

77 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud