Beranda General 10 Wisata Pantai Jogja yang Wajib Dikunjungi Pecinta Alam

10 Wisata Pantai Jogja yang Wajib Dikunjungi Pecinta Alam

Jogja bukan hanya populer akan wisata budaya dan kulinernya. Kota berjuluk Kota Gudeg ini juga banyak menyimpan pantai indah yang sebagian bahkan belum banyak diketahui orang.

Jika Anda merencanakan waktu libur untuk singgah ke kota ini, Anda harus merasakan pengalaman seru bermain di pantai-pantai yang terletak di kota Jogja.

Terutama di Kabupaten Gunung Kidul, masih ada pantai-pantai yang belum dijamah oleh banyak pelancong. Maka dari itu, saat tiba di Jogja, segera siapkan diri untuk berkunjung ke salah satu atau lebih pantai ini.

Destinasi Wisata Pantai Jogja

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata berupa pantai yang ada di Jogja yang dapat Anda jadikan rekomendasi.

1. Pantai Glagah

Wisata Pantai Jogja
Pantai Glagah via @wonderfuljogja

Pantai Glagah menawarkan panorama indah dan fasilitas yang beragam. Lokasi pantai ini terletak di Kulon Progo. Salah satu daya tarik pantai ini bagi wisatawan adalah lagunanya. Berbeda dengan laguna di pantai lain, laguna pantai Glagah mempunyai perairan yang tenang dengan tepian yang ditumbuhi rumput liar yang subur.

Karena laguna ini berlokasi jauh dari debur ombak dan berair tenang, pihak pengelola kemudian memanfaatkannya untuk menaruh berbagai wahana seperti perahu kayuh, kano, dan sampan kecil. Anda bisa menaiki salah satunya untuk berkeliling di laguna. Sebab dinilai aman, laguna ini pun banyak dikunjungi oleh pelancong yang telah berkeluarga. Orang tua pun bisa memancing di laguna ini karena ada tempat pemancingan khususnya.

Selain terdapat laguna yang cukup luas, pantai Glagah juga terkenal akan ombak yang cukup besar. Karena hal tersebut, di pantai ini dibangun pula tetrapod berupa beton berkaki empat sebagai pemecah ombak tidak masuk terlalu jauh dari bibir pantai. Adanya jalan setapak yang mengarah ke laut di tengah jajaran tetrapod dapat dimanfaatkan untuk memancing sembari menikmati angin laut dan suara ombak.

  • Harga Tiket: Rp. 5000
  • Alamat: Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Google Map: Pantai Glagah

2. Pantai Timang

Wisata Pantai Jogja
Pantai Timang via @daffarejandi

Jika ingin menaiki wahana yang menantang adrenalin, Anda bisa melipir ke pantai Timang. Pantai ini berlokasi di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.  Pantai ini terkenal akan anginnya yang kencang serta debur ombak yang besar. Sebenarnya, daya tarik yang dimiliki oleh pantai Timang bukanlah karena ombak atau anginnya yang besar.

Wahana yang terdapat di pantai ini yang kemudian menimbulkan rasa penasaran setiap pelancong yang datang. Sebagian besar orang yang bertandang ke pantai ini mengaku ingin merasakan sensasi mengerikan menaiki wahana berupa gondola tradisional. Selain gondola, ada juga jembatan kayu yang dipakai untuk menyeberang ke bukit karang yang dipisah oleh aliran laut yang deras.

Untuk bisa menumpaki gondola ini, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp200.000 untuk bolak-balik dari pantai ke bukit karang. Sementara jembatan gantungnya bisa dilewati oleh pengunjung yang telah mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000. Selain mencoba wahana yang memicu adrenalin, di Pantai Timang pengunjung juga bisa menikmati makanan hasil tangkapan nelayan sekitar dengan kisaran harga yang variatif.

  • Harga Tiket : Rp. 10.000
  • Alamat : Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
  • Google Map : Pantai Timang

3. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan @pemimignon
Pantai Ngrenehan via @pemimignon

Daerah Bantul memang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik dan beragam. Selain pantai Timang, Bantul juga punya pantai lain yang tak kalah asik bernama pantai Ngrenehan. Pantai ini berada di desa Kanigoro yang secara geografis letaknya di sebuah lekukan perbukitan Gunungkidul. Jadi, seolah pantai ini bersembunyi di balik pepohonan rimbun yang tumbuh di area perbukitan.

Pantai Ngrenehan juga dikenal dengan nama lain yaitu pantai Nelayan. Hal ini dikarenakan banyak aktivitas nelayan yang mencari udang dan ikan di pantai ini. Jika berkunjung ke pantai ini, Anda tak boleh melewatkan momen foto bersama teman, keluarga, atau pasangan. Pasalnya, panorama pantai yang dikelilingi oleh tebing bertumbuhkan pepohonan asri bakal menjadi latar belakang alam yang mengagumkan.

Selain menawarkan panorama pantai dan bukit karang yang memukau, di pantai Ngrenehan pengunjung juga bisa berenang karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Bagi anak-anak yang ingin bermain pasir, pantai Timang termasuk pantai yang mempunyai butir pasir cerah. Bila beruntung, pengunjung dapat menikmati menyaksikan upacara adat yang kental dngan nuansa mistis dari budaya lokal.

  • Harga Tiket : Rp. 7000
  • Alamat : Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul
  • Google Map : Pantai Ngrenehan

4. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong @rinatrii
Pantai Ngandong via @rinatrii

Masih di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta, Anda bisa menyambangi pantai yang juga mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan pantai lain. Pantai Ngandong namanya. Pantai yang berada di desa Sidoarjo ini menjadi salah satu objek rekreasi yang mengasyikkan bagi wisatawan. Bila tertarik berkunjung ke pantai ini, Anda wajib menaiki perahu kano. Pasalnya, hanya dengan membayar sekitar Rp50.000, Anda sudah bisa menyewa kano tanpa dibatasi waktu.

Menginjakkan kaki ke pantai ini bukan hanya membuat pikiran Anda lebih rileks melihat pemandangan laut yang luas dan eksotis. Lebih dari itu, Anda bisa merasakan pengalaman melihat sumber air tawar dari dalam laut yang menakjubkan. Biasanya para nelayan akan mengajak pengunjung melihat lokasi keluarnya sumber air tawar yang seakan seperti air mendidih ini.

  • Harga Tiket : Rp. 10.000
  • Alamat : Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
  • Google Map : Pantai Ngandong

5. Pantai Jogan

Pantai Jogan @jogjajateng
Pantai Jogan via @jogjajateng

Pantai di Jogja yang juga banyak dijadikan destinasi wisata pantai oleh pelancong lokal hingga mancanegara adalah pantai Jogan. Pantai ini menyajikan pemandangan air terjun yang jarang Anda temui di pantai lain. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus melewati dua cara. Cara pertama yaitu dengan teknik canyoning di air terjun di mana memerlukan keberanian lebih.  Dan cara kedua dengan menuruni tapak batu yang licin dan basah serta curam.

Misal Anda tidak berani memilih salah satu cara, Anda tetap bisa menikmati pantai ini dengan menapaki kerasnya batu karang yang kemudian mempertemukan kaki Anda dengan percikan air. Saat senja tiba, Anda dapat menyaksikan ungunya langit yang begitu indah. Jangan lupa untuk mengosongkan memori ponsel atau tustel Anda agar memori indah saat bermain ke pantai ini dapat diabadikan.

  • Harga Tiket : Rp. 5000
  • Alamat : Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Jogan

6. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok @muchmarco
Pantai Jungwok via @muchmarco

Pantai Jungwok terkenal akan warna pasirnya yang putih. Biasanya, pantai ini menjadi destinasi wisata yang bakal ramai saat musim libur sekolah tiba atau saat akhir pekan. Yang datang ke pantai ini pun beragam, mulai dari penduduk lokal sekitaran Gunungkidul hingga penduduk dari kota-kota besar lain. Secara administratif, pantai Jungwok berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul.

Saat memijak pasir putih di pantai Jungwok, Anda bukan hanya bisa melakukan earthing alias berjalan-jalan santai untuk merileksasikan otak sembari melihat-lihat tanaman liar yang tumbuh lebat di sekitaran pantai.  Tanaman yang paling banyak tumbuh di tepi pantai adalah pohon pandan laut dan tanaman rambat. Saat pagi menjelang, terdapat kicauan burung liar yang bertengger di pepohonan.

Selain menyimpan daya tarik yang terletak pada pasir putih dan tanaman liar yang tumbuh di tepi pantai, ada lagi aksesori alam berupa batu karang yang berdiri di beberapa titik. Kemudian, saat ombak surut, Anda akan meliaht hamparan karang di dasar laut dengan jumlah yang cukup banyak. Terkadang, di sela-sela karang terdapat hewan laut seperti ikan kecil dan bahkan bintang laut yang semakin memperindah tampilan pantai ini secara keseluruhan.

  • Harga Tiket : Rp. 5000
  • Alamat : Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Jungwok

7. Pantai Indrayanti

Wisata Pantai Jogja
Pantai Indrayanti via @dhwi.indi

Tempat wisata pantai Jogja ini bisa dibilang pantai yang tidak pernah sepi karena memang menjadi favorit para pengunjung hingga saat ini. Pantai dengan pasir putih dan memiliki pemandangan yang indah untuk para traveler menikmati keindahan alam. Apabila kalian suka bermain-main dengan pasir, pantai indrayanti ini cukup rekomended sekali karena ada beberapa fasilitas yang dapat menambah kenyamanan liburan seperti payung pantai, jet sky, gazebo, mushola, toilet dan tempat makan.

Hingga saat ini banyak perubahan yang terjadi, mulai dari penambahan homestay dan fasilitas lainnya tentu pihak pengelola wisata berupaya membuat lebih nyaman para pengujungnya. Pantai indrayanti ini juga cocok untuk liburan keluarga bisa bermain-main bersama anak-anak juga namun perlu juga perhatian orang tua agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

  • Harga Tiket : Rp. 15.000
  • Alamat : Sundak timur, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Indrayanti

8. Pantai Drini

Pantai Drini @pesonajogja
Pantai Drini via @pesonajogja

Banyak para wisatawan lokal maupun internasional berkunjung ke pantai Drini karena memang pantai ini memiliki pemandangan yang cukup memawan untuk diabadikan. Apalagi kalau kalian seorang seleb Instagram tentu ini bisa menambah stok footage untuk di upload ke Instagram.

Apabila baru pertama berkunjung ke pantai drini ini sebaiknya tidak berkunjung pada hari-hari libur karena pantai ini akan sangat padat pengunjungnya. Lebih baik hari-hari jam kerja missal senin dan selasa agar bisa mendapatkan view pemandangan yang bagus.

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata pantai Jogja yang satu ini tidak terlalu mahal, kurang lebih hanya Rp.5000 per orang. Untuk parker motor Rp. 2000 sedangkan untuk mobil dipasang tariff Rp.3000. Untuk fasilitasnya diantara lain adalah wisata kuliner, sewa payung pantai, mushola, dan toilet. Apabila anda ingin mengunjungi pantai lainnya disekitar pantai drini ada pantai pok tunggal, pantai baron, dan pantai nglambor. Beberapa pantai ini juga tidak kalah menarik keindahannya.

  • Harga Tiket : Rp. 5000
  • Alamat : Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Drini

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo @heri_tz
Pantai Wediombo via @heri_tz

Pantai memang menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan tersendiri. Selain bisa menghilangkan kepenatan, wisata di pantai juga bisa menyegarkan tubuh sehingga lebih bersemangat lagi untuk menjalani hidup ini. Aktifitas yang dapat anda lakukan disini antara lain berenang, hunting sunset, camping, mainan pasir dan lain-lain.

Untuk fasilitasnya sendiri ada toilet, mushola, area parkir yang luas, dan warung makanan olahan laut seperti udang, kepiting, dan seafood. Tak heran pantai ini menjadi pilihan para wisatawan untuk menyegarkan pikiran dengan keindahan alam yang begitu indah.

  • Harga Tiket : Rp. 5000
  • Alamat : Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Wediombo

10. Pantai Pok Tunggal

Wisata Pantai Jogja
Pantai Pok Tunggal via @dianwm

Tempat wisata pantai Jogja yang terakhir ini memiliki ciri khas yaitu tebing yang membentang luas dan pohon duras sehingga cocok banget untuk mengabadikan moment liburan bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun akses masuk ke pantai pok tunggal jalannya masih berbatu dan cukup sempit, apabila anda ingin mengunjunginya harus berhati-hati.

Pantai Pok Tunggal sendiri belum ramai seperti pantai lainnya, fasilitasnya sendiri cukup lengkap seperti mushola, toilet, payung pantai, dan warung makan. Apabila ingin menikmati viewnya bisa berangkat pagi atau sore hari dijamin bakalan terpesona dengan keindahannya.

  • Harga : Rp. 10.000
  • Alamat : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta
  • Google Map : Pantai Pok Tunggal

Berlibur ke Jogja memang tak pernah membosankan, apalagi jika bertandang ke pantai-pantai yang telah disebutkan dalam daftar tersebut. Mulai dari menyicip makanan hasil laut yang nikmat, menantang adrenalin melewati wahana gondola yang mengerikan, hingga bermain pasir putih dan menikmati sekumpulan bintang laut yang terjebak di sela-sela karang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Anda juga bisa menyewa paket wisata jogja dari Kartanesia apabila tidak ingin repot dengan sewa mobil, beli tiket dan lain-lain.  Disini juga tersedia paket wisata yang paling hits di jogja sehingga anda bisa menjadwal tempat mana yang ingin di kunjungi untuk berlibur.

Baca juga: Ide Bisnis di Kawasan Pantai

5 KOMENTAR

  1. Sebelum liburan ke Jogja, khususnya ke pantainya, lebih baik pahami dulu. Karena tiap pantai beda-beda baik fasilitas maupun lokasinya. Misalnya nih kalo mau camping itu enaknya pantai mana itu harus disearching dulu. Ngga semua pantai bisa dibuat camping

  2. sudah berapa kali ke yogya, tetapi berkunjungnya paling seputaran Malioboro saja he he he. mau ke pantainya kok ya agak jauh ya

  3. wah, ternyata banyak juga ya lokasi wisata pantainya,,,,semoga tahun ini saya bisa kesini

  4. udah beberapa kali ke jogja tapi belum pernah ke pantainya. Makasih infonya lain kali kalau ke jogja lagi saya mau explore pantai2 yg ada.

  5. Wah, Yogyakarta ternyata kaya dengan pantai. Saya dan keluarga sudah berkali-kali berwisata ke pantai di Yogyakarta. Tetapi, yang saya kenali hanya Pantai Parangtritis karena yang terbesar. Selain itu Pantai Samas. Tetapi tidak sebesar atau seramai Pantai Parangtritis.

    Ya, semoga nanti berkesempatan wisata ke Yogya lagi dan mencoba menikmati pantai-pantai yang lain.

Tinggalkan Balasan