Wijaya Kusumah, Guru Komputer yg Rajin dan Mahir Blogging

Image dari Syaifuddin.com

Image dari Syaifuddin.com

Sosok guru biasanya identik dengan kacamata yang tebal, setumpuk buku dan penggaris kayu yang disiapkan sebelum mengajar di kelas. Jika kita mengenal definisi guru yang seperti ini, berarti malah kita yang ketinggalan zaman. Saat ini profesi guru juga mulai berkembang sesuai dengan perkembangan #teknologi karena guru akan mengawal dan membimbing generasi muda untuk mempelajari teknologi dan hal-hal lainnya. Bagaimana bisa seorang guru mengajarkan teknologi bila dirinya sendiri tidak memiliki kemampuan yang mencukupi.

Salah satu sosok guru yang tidak “gaptek” dan mahir blogging adalah seorang guru TIK (Teknologi dan Ilmu Komputer) dari sekolah Labschool Jakarta. Guru tersebut biasa disapa dengan panggilan akrab om Jay.

Siapa Sih Om Jay Itu?

Pria yang bernama lengkap Wijaya Kusumah ini lahir di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1972. Om Jay menamatkan jenjang pendidikan S1 di IKIP Jakarta jurusan teknik elektro pada tahun 1994. Selepas tamat kuliah dan mulai menekuni profesi sebagai guru, om Jay akhirnya kembali menamatkan jenjang S2 di UNJ dengan mengambil jurusan teknologi pendidikan.

Selama menjalani proses S2 yang dimulai tahun 2007, om Jay mulai tertarik untuk melakukan blogging. Meski sudah melakukan kegiatan blogging sejak tahun 2007, sebenarnya om Jay baru menemukan banyak manfaat blogging setelah setahun menjalankan aktivitas tersebut. Apalagi namanya kian populer di kalangan blogger setelah ia mulai aktif melakukan blogging di kolom Kompasiana.

Artikel lain: 10 Manfaat Blogging Bagi Seorang Blogger Profesional

Membagi Waktu Dengan Pekerjaan

Dalam menjalankan pekerjaannya sebagai guru TIK, om Jay mengaku bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meneruskan hobi blogging-nya sekaligus “menularkan” hobi tersebut pada anak-anak didiknya. Melalui hobi menulis di blog, Wiajaya Kusumah berupaya untuk memadukannya dengan kurikulum pelajaran sehingga pelajaran terasa lebih asyik dan tidak membosankan.

Misalnya saja untuk pelajaran Microsoft Word, om Jay tidak hanya mengajarkan mengenai fungsi-fungsi dan pengguna Microsoft Word, tapi juga mengajak siswanya untuk aktif membuat konten dengan menggunakan software tersebut. Dengan demikian siswa-siswa akan lebih terbiasa untuk menulis dan menggunakan teknologi untuk kegiatan positif.

Om Jay mengakui bahwa perkembangan internet dan #media sosial yang begitu pesat juga membawa dampak yang menyulitkan proses belajar. Biasanya anak-anak lebih gemar berselancar di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Path. Oleh sebab itu, anak-anak perlu diarahkan dengan cara yang lebih konservatif dan menarik supaya bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi secara bijak.

Pentingnya Blogging Untuk Para Guru

Om Jay mengatakan bahwa blogging adalah kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi para guru. Dengan melakukan blogging, para guru akan terbiasa menggunakan teknologi dan terbiasa untuk menyusun materi dengan cara yang lebih sistematis dan tidak membosankan.

Blogging tidak hanya bisa dipelajari secara teori, namun harus segera dipraktekkan supaya lebih terbiasa. Walaupun om Jay sempat belajar blogging selama 1 tahun, om Jay baru merasakan manfaatnya setelah langsung menggunakan blog secara aktif.




Setiap hari sebelum tidur, ia selalu menyempatkan diri untuk menulis sesuatu untuk blog-nya. Hasilnya, semua tulisan-tulisan yang ia hasilkan selama 1 tahun dilirik penerbit dan diterbitkan dalam bentuk buku.

Baca juga: Hypnotic Writing, Menghipnotis Pembaca Melalui Teknik Penulisan yang Persuasif

Kegiatan Yang Sedang Dijalankan Om Jay

Berkarir sebagai guru dan penulis membuat hari-hari om Jay dipenuhi dengan segudang aktivitas. Om Jay juga kerap kali diundang sebagai narasumber di berbagai seminar yang berkaitan dengan kreativitas menulis.

Disela-sela aktivitas tersebut, om Jay juga masih sempat membuat karya tulis ilmiah online serta menerbitkan beberapa buku yang berasal dari kumpulan tulisannya. Dengan segala aktivitas yang dijalani, tidak mengherankan bila om Jay dipercaya menjadi tim penasihat Ikatan Guru Indonesia dan penasihat komunitas blogger Bekasi.

Di masa mendatang, Wijaya Kusumah berharap para guru di Indonesia bisa aktif berbagi informasi dan pengalaman melalui kegiatan menulis dan blogging. Sehingga dengan demikian wawasan yang dimiliki oleh para guru menjadi semakin bertambah dan semakin bisa membuka diri dengan pengembangan teknologi.

So, bagi kita yang hobi menulis, ini saat yang tepat untuk meneladani om Jay dan mulai aktif dalam kegiatan blogging. Mari menularkan kebiasaan menulis sebagai salah satu wadah kreatifitas yang positif bagi generasi muda!




5 total comments on this postSubmit yours
  1. Pak Jay memang gurunya para guru yang menulis di blog. Salam literasi pak..

  2. Pak Wijaya memang sangat produktif di kompasiana

  3. hebat sekali om Wijaya Kusuma (Jay) ini gan, tidak tampak raut dia seorang guru sekaligus sebagai blogger, patut ditiru khususnya oleh para guru agar mereka bukan saja mengajar disekolah, namun mengajar dan menularkan ilmunya melalui blog sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

  4. Maantaap om jay, teruslah mengajar karena masih banyak orang membutuhkan bimbinganmu, teruslah lakukan itu karenaiini adalah perbuatan yang mulia dan aku akan menyusul untuk mengikuti jejakmu,,

  5. Mantap yah Pak Wijayah ini., Saya juga pengen bisa mengikuti jejaknya. Walau dengan kemampuan terbatas, saya sudah coba buat blog yang isinya materi pelajaran. Harapannya semoga bisa bermanfaat bagi bangsa. Lanjutkan terus artikelnya mancap!

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud