Beranda Umum Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Peraturan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Teknik, dan Peraturan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Apa yang dimaksud dengan permainan sepak bola? Sesuai dengan namanya, sepak bola adalah cabang olahraga yang dimainkan dengan cara menendang atau menyepak bola.

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap beberapa hal terkait permainan sepak bola, di antaranya:

  • Pengertian sepak bola, baik pengertiannya secara umum maupun menurut para ahli.
  • Sejarah singkat permainan sepak bola.
  • Tujuan olahraga sepak bola.
  • Beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola.
  • Peraturan dasar dalam olahraga sepak bola.

Yuk, simak artikel ini sampai akhir agar kamu lebih paham tentang olahraga yang satu ini.

Pengertian Sepak Bola

Secara umum, pengertian sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang menggunakan sebuah bola berbahan kulit/ karet dan dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti.

Ada juga yang berpendapat pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola tersebut ke gawang lawan.

Dalam bahasa Inggris, sepak bola disebut dengan Football, sedangkan di Amerika Serikat permainan ini disebut dengan Soccer. Istilah “sepak bola” terdiri dari dua kata, yaitu:

  • Sepak yang artinya menendang dengan kaki
  • Bola yang artinya suatu alat permainan yang bentuknya bulat dan terbuat dari bahan kulit/ karet.

Setiap tim sepak bola terdiri dari 11 orang pemain inti dan 5-11 pemain cadangan. Suatu permainan sepak bola dimenangkan oleh tim yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan berdasarkan aturan permainan.

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu sepak bola, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Agus Salim

Menurut Agus Salim, pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang memainkan bola menggunakan kaki dengan tujuan untuk memasukkan bola tersebut sebanyak mungkin ke gawang lawan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik itu oleh asosiasi sepak bola atau pihak lain yang berwenang.

2. Soekatamsi

Menurut Soekatamsi (1994:3), pengertian sepak bola adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang.

3. Muhajir

Menurut Muhajir (2007:22), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan agar gawang agar tidak kemasukan bola.

4. Joseph A. Luxbacher

Menurut Luxbacher (2008:2), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dipertandingkan antara dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 orang dan dilakukan dengan cara mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

5. Remmy Muchtar

Menurut Remmy Muchtar (1992:27), pengertian sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara pengolahan bola maupun dalam pengelolahan gerak tubuh dalam permainan.

Baca juga: Kebugaran Jasmani

Sejarah Singkat Permainan Sepak Bola

Sejarah Singkat Sepak Bola
Piala dunia FIFA

Menurut sejarahnya, olah raga ini telah dikenal di Tiongkok sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada masa itu masyarakat Tiongkok menggunakan bola kulit dan menyepaknya ke dalam jaring kecil.

Selain di Tiongkok, permainan sepak bola juga sudah dikenal di berbagai negara lainnya, seperti Jepang, Yunani, dan Roma. Masyarakat Jepang, Roma, dan Yunani di masa itu melakukan permainan ini untuk bersenang-senang.

Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan memberlakukan peraturan-peraturan dasar sehingga permainan ini semakin populer. Meskipun olah raga ini sempat dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, sepak bola ternyata semakin dikenal masyarakat dunia.

Hingga akhirnya pada tahun 1904, terbentuklah FIFA (Fédération Internationale de Football Association). FIFA adalah badan pengendali internasional sepak bola yang didirikan pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis.

Sepak bola kemudian menjadi suatu olah raga yang dipertandingkan antar negara untuk memperebutkan Piala Dunia. Adapun pertandingan Piala Dunia pertamakali diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay yang dimenangkan oleh Uruguay.

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Dalam melakukan olah raga ini, setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan beberapa teknik dasar sepak bola. Mengacu pada pengertian sepak bola di atas, berikut ini adalah beberapa teknik dasarnya:

1. Teknik Menendang Bola

Teknik Dasar Sepak Bola
Menendang bola dengan kaki bagian dalam

Teknik menendang bola (kicking) merupakan faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Adapun beberapa teknik menendang bola adalah sebagai berikut;

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik Menghentikan Bola
Menghentikan bola dengan dada

Teknik menghentikan bola (stopping) bertujuan untuk menahan atau menghentikan laju bola. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghentikan bola;

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha.
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut.
  • Menghentikan bola dengan kepala.

3. Teknik Menggiring Bola

Teknik Menggiring Bola
Menggiring bola dengan punggung kaki

Menggiring bola (dribbling) adalah upaya mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dikuasai oleh pemain.

Ada dua teknik menggiring bola, yaitu:

  1. Speed dribbling, teknik menggiring bola dengan menendang bola agak kuat sehingga bola menggelinding jauh, lalu pemain mengejar bola tersebut dengan berlari cepat.
  2. Closed dribbling, teknik menggiring bola dalam jarak pendek sehingga pemain lawan kesulitan merebut bola.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggiring bola yaitu;

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Menggiring bola dengan punggung kaki.
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.

4. Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola
Menyundul bola dengan dahi

Teknik menyundul bola (heading) adalah gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan ketika bola sedang melayang di udara. Tujuannya adalah untuk mendorong bola ke arah yang diinginkan pemain.

5. Teknik Mengoper Bola

Permainan Sepak Bola

 

Teknik mengoper bola (passing) merupakan teknik memberikan umpan bola kepada rekan satu tim. Mengoper bola bisa dilakukan dengan cara menendang, menyundul, ataupun memantulkan bola dengan dada.

6. Teknik Merebut Bola

Teknik Merebut Bola

Teknik merebut bola merupakan teknik yang membutuhkan kejelian dan ketepatan dalam bertindak. Saat akan merebut bola dari lawan, seorang pemain harus dapat membaca gerakan lawan dan memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk merebut bola.

Ada dua teknik merebut bola yang sering dilakukan oleh para pesepak bola, yaitu:

  • Intercept; yaitu teknik merebut bola yang sedang digiring oleh pemain lawan. Teknik ini cukup sering dilakukan pemain bola, terutama ketika bola sedang bergulir saat pemain lawan melakukan umpan jarak jauh (long pass).
  • Sliding Tackle; yaitu teknik merebut bola yang dilakukan dengan cara menjatuhkan tubuh dan meluncur dengan kaki ke arah bola yang sedang digiring oleh pemain lawan.Cara ini dilakukan agar bola tertendang dan jauh dari kontrol pemain lawan. Namun, teknik ini bisa dianggap pelanggaran bila dilakukan dengan menyapu bola dari belakang, mengangkat kaki saat menyapu bola, atau melakukan teknik menggunting.

7. Teknik Menangkap Bola

Permainan Sepak Bola

Teknik menangkap bola hanya diperuntukkan bagi penjaga gawang (keeper). Penjaga gawang merupakan pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola yang bertanggungjawab untuk mencegah bola masuk ke dalam gawangnya.

Dalam hal ini, keeper hanya diperbolehkan menangkap bola ketika ia berada di dalam kotak penalti. Jika penjaga gawang menangkap atau menghalau bola dengan tangannya di luar kotak penalti, maka hal tersebut merupakan pelanggaran.

Artikel lain: Permainan Bola Voli

Peraturan Dasar Sepak Bola

Dalam melakukan olah raga sepak bola, diberlakukan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Sesuai dengan pengertian sepak bola, beberapa peraturan sepak bola adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Pemain Sepak Bola

Posisi Pemain Sepak Bola
Jumlah pemain sepak bola setiap tim adalah 11 orang

Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 pemain, dimana masing-masing pemain memiliki posisi yang berbeda, yaitu 1 penjaga gawang, 4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang.

Masing-masing tim memiliki seorang kapten yang bertugas memimpin rekan setimnya sehingga dapat bermain sesuai arahan. Adapun tugas dari masing-masing posisi pemain sepak bola adalah:

  • Penjaga gawang (keeper); bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
  • Pemain bertahan (back); bertugas untuk menghalau lawan agar tidak masuk ke area pertahanan.
  • Pemain tengah/ gelandang (midfielder); sering disebut juga dengan playmaker yang bertugas mengatur permainan timnya serta membantu back dan striker.
  • Pemain sayap (winger); pemain yang bertugas mengendalikan permainan di area kiri atau kanan lapangan.
  • Penyerang (striker); pemain yang bertugas untuk memasukkan bola (goal) ke gawang lawan.

2. Ukuran Lapangan Sepak Bola, Gawang, dan Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola
Lapangan sepak bola

Permainan sepak bola dilakukan di sebuah lapangan berumput. Pada bagian sisi lapangan terdapat garis pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan. Berikut standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa;

  • Panjang 100 – 110 meter.
  • Lebar 64 – 75 meter.
  • Lebar gawang 7,32 meter.
  • Tinggi gawang 2,44 meter.
  • Jari-jari lingkaran tengah: 9,15 meter.
  • Daerah penalti: 40,39 x 16,5 meter.
  • Daerah gawang: 18,35 x 5,5 meter.
  • Diameter bola: 21 – 22,5 centi meter.
  • Keliling lingkaran bola: 68 – 71 centi meter.
  • Berat bola: 410 – 450 gram.

Di sekitar gawang terdapat area kotak pinalti, yaitu area di mana keeper boleh menangkap bola dengan tangannya dan merupakan area tendangan pinalti bila pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

3. Aturan Permaian Sepak Bola

Durasi Permainan Sepak Bola

  • Durasi Permaian; menurut aturan sepak bola internasional, durasi permainan sebuah pertandingan sepak bola adalah 2 x 45 menit (2 babak). Namun, wasit yang memimpin pertandingan dapat memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan, yaitu sekitar 1-5 menit untuk setiap babak.Untuk pertandingan tertentu, misalnya dengan sistem gugur, bila selama dua babak pertandingan kedua timb masih imbang maka akan diberlakukan tambahan waktu 2×15 menit. Jika dalam perpanjangan waktu tersebut masih tetap imbang maka akan dilakukan adu pinalti hingga salah satu tim menang.
  • Kick Off; setiap babak dalam permaian sepak bola dimulai dengan Kick off. Selain itu, kick off juga dilakukan jika salah satu tim melakukan goal.
  • Goal (Gol); goal atau gol adalah ketika bola masuk ke dalam gawang atau melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ditentukan oleh wasit yang memimpin pertandingan.
  • Offside; terjadi ketika pemain menerima umpan pada saat posisinya berada lebih dekat dengan gawang lawan ketimbang pemain lawan.
  • Out (Bola keluar); bola dinyatakan out ketika melewati garis lapangan dan salah satu tim akan melakukan lemparan ke dalam (throw in).
  • Corner kick (Tendangan sudut); dilakukan ketika bola keluar melewati garis gawang, dimana bola keluar dilakukan oleh pemain yang sedang bertahan. Corner kick dilakukan dari bagian pojok lapangan oleh salah satu pemain dari tim yang sedang menyerang.
  • Penalty kick (Tendangan penalti); terjadi ketika salah satu pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah kotak penalti. Penaty kick juga dilakukan ketika suatu pertandingan berakhir dan berakhir imbang sehingga penentuan pemenang dilakukan dengan cara tendangan penalti.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola
Ilustrasi permainan sepak bola

Pada dasarnya, tujuan permainan sepak bola adalah untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin sehingga memenangkan pertandingan.

Berikut ini adalah beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam permainan sepak bola;

1. Menciptakan Gol ke Gawang Lawan

Ini merupakan tujuan utama dari permainan sepak bola. Setiap pemain memiliki kesempatan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan menggunakan teknik yang diperbolehkan, misalnya dengan tendangan atau sundulan.

Namun secara umum, pemain penyerang (striker) merupakan pemain yang memiliki tugas untuk menciptakan gol.

2. Bertahan dan Menjaga Gawang

Setiap tim sepak bola juga harus dapat mempertahankan gawangnya agar tidak kebobolan bola oleh tim lawan. Tugas ini utamanya dilakukan oleh para pemain belakang (defender) dan tentunya penjaga gawang (keeper).

3. Membangun Kerjasama Tim

Sepak bola merupakan permainan yang dimainkan oleh sebelas orang, oleh karena itu kerja sama tim sangat diperlukan dalam permainan ini. Setiap pemain tentunya memiliki skill individu, namun pemenang dalam permainan sepak bola sangat ditentukan oleh kerja yang baik antar pemain.

4. Membangun dan Menjaga Sportivitas

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, sportivitas harus dibangun oleh kedua tim. Beberapa contoh sportivitas misalnya; menghormati pemain lawan, menghargai hasil pertandingan, menerima keputusan wasit, dan lain-lain.

5. Menciptakan Permainan yang Jujur dan Adil

Dalam permainan apapun seharusnya dilakukan secara jujur dan adil, termasuk sepak bola. Dengan kata lain, setiap pihak harus melakukan permainan sesuai dengan aturan, baik itu para pemain maupun wasit.

6. Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Tubuh

Sepak bola merupakan permainan yang mengandalkan kekuatan fisik dan kerja sama pemain. Aktivitas bergerak dan berlari dalam permainan ini akan meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh para pemain.

7. Prestasi di Bidang Olahraga

Setiap tim dalam suatu permainan tentunya memiliki tujuan untuk meraih kemenangan dan mencetak prestasi. Demikian juga halnya dengan pertandingan sepak bola, masing-masing tim ingin menjadi pemenang dan meraih gelar juara.

Baca juga: Pengertian Senam

Itulah uraian lengkap mengenai permainan sepak bola, mulai dari pengertiannya, sejarah, teknik dasar dan peraturannya, serta tujuannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.