Permainan Bola Voli: Pengertian, Peraturan, dan Teknik Dasar Bola Voli

Pengertian Bola Voli

Apa yang dimaksud dengan permainan bola voli (volley ball)? Secara umum, pengertian bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola dimana cara memainkannya dengan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan sebanyak mungkin untuk mencapai skor tertentu.

Pendapat lain mengatakan, pengertian bola voli adalah suatu cabang olah raga yang dimainkan oleh dua group yang saling berlawanan dimana setiap group memiliki enam orang pemain. Antar lapangan kedua group/ tim tersebut dibatasi oleh sebuah net penghalang dengan ketinggian tertentu.

Dalam permainan bola voli terdapat gerakan mem-volley, yaitu gerakan memukul bola sebelum jatuh mengenai lapangan. Gerakan mem-volley serta memantulkan bola ke atas bisa dilakukan dengan seluruh tubuh dengan syarat pantulannya harus sempurna.

Baca juga: Permainan Sepak Bola

Permainan Bola Voli Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu bola voli, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Mahfud Irsyada

Menurut Mahfud Irsyada, pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain. Dalam hal ini, masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

2. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi, pengertian bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu, dimana setiap regu terdiri dari 6 orang pemain. Masing-masing regu berusha untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan melewati bagian atas net serta mencegah regu lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.

3. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Menurut PBVSI, pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Tujuan dari permainan adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

Sejarah Permainan Bola Voli

Sejarah Permainan Bola Voli
William George Morgan, penemu Bola Voli

Permainan bola voli pertama kali ditemukan oleh William George Morgan, pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. William George Morgan adalah seorang instruktur pendidikan jasmani di sebuah organisasi bernama Young Men’s Christian Association (YMCA).

Awalnya Morgan terinspirasi dari James Naismith, yaitu penemu olah raga Bola Basket. Dengan mengadopsi dan menggabungkan beberapa permainan (baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan), Morgan akhirnya menciptakan olah raga baru yang diberi nama Mintonette (Bola Voli).

Pada awalnya permainan Mintonette diciptakan khusus untuk para anggota YMCA yang sudah dewasa. Ternyata olah raga ini semakin populer dan akhirnya mendunia.

Pada tahun 1896 nama Mintonette diubah menjadi Volley Ball. Perubahan nama tersebut sekaligus menjadi pertandingan resmi pertama, yaitu pada event International YMCA Training School.

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Sejarah Bola Voli Di Indonesia
Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1928. Pada masa itu, olah raga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang Belanda.

Bola voli kemudian diperkenalkan ke masyarakat Indonesia dimana pada masa itu guru-guru pendidikan jasmani berasal dari Belanda. Selain dari pendidikan jasmani, perkembangan olah raga semakin pesat di Indonesia karena sering dimainkan oleh para anggota tentara.

Permainan bola voli mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Di berbagai kota besar di Indonesia pun bermunculan klub-klub bola voli, dan pada 22 Januari 1955 lahirlah organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Baca juga: Kebugaran Jasmani

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Dalam olah raga bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Adapun beberapa teknik dasar permainan bola voli adalah sebagai berikut:

1. Teknik Dasar Bola Voli, Service

Teknik Dasar Bola Voli, Service
Ilustrasi teknik servis atas

Dalam permainan bola voli, servis (service) adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam pertandingan. Ada empat jenis servis yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Servis Lompat; yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, lalu pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.
  • Servis Bawah; yaitu servis dengan cara melambungkan bola secukupnya, lalu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.
  • Servis Atas; yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, lalu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas kepala.
  • Servis Samping; yaitu servis dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, lalu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

2. Teknik Dasar Bola Voli, Passing

Teknik Dasar Bola Voli, Passing
Ilustrasi teknik passing bawah

Dalam permainan bola voli, passing adalah memberikan umpan kepada rekan satu tim ataupun mengarahkan bola langsung ke daerah lapangan lawan. Ada dua teknik passing yang sering dilakukan dalam volley ball, yaitu:

  • Passing Bawah; yaitu passing yang dilakukan pemain ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing ini biasanya digunakan ketika menerima servis dari lawan.
  • Passing Atas; yaitu passing yang dilakukan ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut berada di atas kepala pemain. Teknik passing ini biasanya dilakukan ketika memberikan umpan kepada rekan setim, namun bisa juga digunakan untuk menerima servis dari lawan.

3. Teknik Dasar Bola Voli, Smash

Teknik Dasar Bola Voli, Smash
Ilustrasi teknik smash

Dalam permainan bola voli, smash adalah teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola tersebut jatuh ke daerah lapangan regu lawan. Smash dapat dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya:

  • Quick Smash (First Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang ini dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan dan penyerang sudah melompat untuk memukul bola.
  • Semi Smash (Second Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan bola tidak terlalu tinggi. Penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola dan kemudian memukulnya.
  • Push Smash (Third Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika setter memberikan umpan bola sangat tinggi lalu penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.
  • Ace Smash; yaitu teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan melakukan pukulan keras ke daerah lapangan lawan.
  • Pull Smash; yaitu teknik smash dengan gerakan menipu lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan, antara Quick Smash atau Semi Smash.

4. Teknik Dasar Bola Voli, Blocking

Teknik Blocking
Ilustrasi teknik blocking

Dalam olah raga volley ball, blocking adalah teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net. Selain itu, teknik blocking ini juga bertujuan untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

Blocking hanya dapat dilakukan oleh pemain yang berada pada posisi depan garis serang. Sedangkan pemain yang berada pada posisi di belakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik bertahan ini biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi. Dengan postur tinggi tersebut akan memudahkan pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang di-smash oleh tim lawan.

Baca juga: Pengertian Senam

Peraturan Permainan Bola Voli

Olah raga bola voli memiliki beberapa peraturan dasar yang ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan bola voli:

1. Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan Voli
Ilustrasi ukuran lapangan bola voli

Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.

Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli adalah 1 meter, dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

2. Standar Bola yang Digunakan

Peraturan Bola Voli
Ilustrasi standar bola yang digunakan

Standar bola yang digunakan dalam olah raga volley ball harus sesuai dengan beberapa kriteria berikut:

  • Bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.
  • Bola harus berbentuk bula dengan diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram.
  • Bola harus memiliki kombinasi warna sesuai ketentuan.

3. Jumlah Pemain Setiap Tim

Jumlah Pemain Volley Ball
Ilustrasi tim bola voli

Setiap regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh enam orang, termasuk libero. Libero adalah pemain yang dapat keluar-masuk tapi tidak diperbolehkan untuk melakukan smash. Dalam satu pertandingan, setiap tim bola voli terdiri dari 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.

Olah raga ini sebenarnya juga dapat dimainkan oleh 4 orang dalam satu tim. Namun, jika dalam pertandingan ternyata ada tim yang pemainnya kurang dari 4 orang maka tim tersebut dinyatakan kalah.

4. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli

Terdapat beberapa aturan dan larangan dalam permainan bola voli yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para pemain. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jersey atau baju seragam tim harus memiliki nomor punggung dan dada. Sedangkan nomor pada celana pendek terdapat pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.
  • Ketika pertandingan berlangsung, para pemain tidak boleh menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Jika melanggar, maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Pemain harus melakukan servis dari luar lapangan dan tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
  • Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola, tapi harus dipantulkan dengan sempurna dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
  • Bola dianggap out jika telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Apabila pemain masih mampu memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai maka belum dianggap out.
  • Masing-masing tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout per babak dalam pertandingan.
  • Pergantian pemain dapat dilakukan berkali-kali dan tidak terbatas.
  • Pertandingan dapat dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemengangan).
  • Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Jika terjadi poin seri 24-24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.

Baca juga: Pengertian Sanitasi

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai permainan bola voli, pengertian, sejarah, peraturan, serta teknik dasar bola voli. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Tinggalkan Komentar Kamu