5 Unsur Penting Dalam Pelayanan Konsumen, Terapkan Sekarang!

Unsur Penting Dalam Pelayanan Konsumen

Sebagai pebisnis, pelayanan konsumen menjadi sesuatu yang akan selalu Anda diperhatikan. Mengapa demikian?

Karena pelayanan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membuat konsumen menjadi pelanggan setia. Dengan begitu mereka akan semakin percaya pada produk yang Anda jual yang pada akhirnya membuat bisnis Anda terus bertumbuh.

Meskipun sudah memahami pentingnya pelayanan ini, namun masih saja banyak pebisnis yang belum menjalankan strategi pelayanannya dengan baik.

Dalam menjalankan pelayanan konsumen yang baik, setidaknya ada lima unsur yang terpenting yang harus diperhatikan dan segera diterapkan. Apa saja lima unsur dalam menjalankan pelayanan yang baik terhadap konsumen ini? Berikut ulasannya.

Unsur Penting Dalam Pelayanan Konsumen

1. Standarisasi Pelayanan Konsumen

Unsur pertama dalam menjalankan pelayanan konsumen adalah standarisasi pelayanan customer. Seringkali yang terjadi di lapangan, penyebab kegagalan pebisnis menerapkan pelayanan yang baik adalah karena tidak adanya pengetahuan mereka tentang standarisasi pelayanan.

Standarisasi yang juga sering dihubungkan dengan Standard Operating Procedures (SOP) memang sangat penting untuk Anda dan perusahaan guna memenuhi kepuasan konsumen. Beberapa standar pelayananan konsumen yang harus dipenuhi ini adalah seperti kualitas pelayanan, kebersihan, penampilan karyawan, cara berkomunikasi kepada customer, dan masih banyak hal lainnya.

Apabila Anda telah memiliki SOP atau standar yang jelas untuk diterapkan di perusahaan, maka hendaknya SOP tersebut disosialisasikan terlebih dahulu pada seluruh karyawan dan dijadikan budaya perusahaan secara terus menerus.

2. Service Excellence

Konsumen memang orang yang selalu meminta lebih dari yang dibeli. Tak ayal bila kemudian banyak dari mereka yang meminta pelayanan ekstra dan maksimal dari perusahaan. Sebagai pebisnis Anda tentu dituntut untuk mampu memenuhinya.

Maka dari itu merancang sebuah Service Excellence akan menjadi salah satu kunci untuk sukses mendapatkan simpati dari para pembeli ini. Service excellent ini maksudnya adalah mencoba membuat pelayanan semaksimal dan sesempurna mungkin yang bisa diberikan.

Meski akan ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi, namun dengan menerapkan pelayanan yang terbaik maka diharapkan semua konsumen bisa merasa terpuaskan dengan apa yang kita lakukan. Saat customer merasa puas maka Anda akan berpeluang untuk menapak jenjang bisnis yang lebih tinggi lagi.

3. Customer Service Trends

Dengan mengamati tren pelayanan yang ada saat ini maka bukan hal yang berlebihan jika Anda ikut menerapkannya pada konsep pelayanan bisnis Anda. Beberapa tren pelayanan terhadap customer yang saat ini tengah marak tersebut seperti layanan 24/ 7.

Layanan 24/ 7 ini adalah layanan 24 jam jam selama 1 minggu penuh. Konsumen memang mulai banyak yang berharap untuk bisa dilayani selama 24 jam per-hari dalam 1 minggu untuk mendapatkan pemenuhan dan solusi dengan cepat.

Layana lain yang sedang menjadi tren adalah data customer. Layanan ini memang dibutuhakan dalam membantu customer dalam menelusuri rekam jejaknya di bisnis Anda.

Tren layanan terakhir yang sedang menjadi tren adalah komunitas. Sebuah bisnis dan perusahaan saat ini memang banyak dituntut konsumennya untuk membentuk komunitas agar mereka bisa berinteraksi dengan konsumen lainnya dengan pembentukan rasa keakraban dan kekeluargaan yang kental.

4. Happy Employees = Happy Customers

Kepuasan yang didapat konsumen bisa telihat dari tingkat kebahagiaan yang ditampilkan. Untuk mendapatkan kebahagiaan dari pelanggan memang dibutuhkan senyuman tulus, sapaan yang hangat, perilaku dalam memberikan pelayanan yang santun, dan semangat dalam bekerja.

Inilah hal yang seharusnya menjadi perhatian para pebisnis untuk menjadikan susana kerja di perusahaan yang penuh dengan keramahan kepada para konsumen atau klien yang datang. Dengan adanya senyuman tulus, sapaan yang hangat dan pelayanan yang penuh semangat dan santun maka konsumen akan merasa dihargai dan akan merasa bahagia serta puas.

5. Reward Program

Terakhir, unsur yang berperan dalam menjalankan pelayanan konsumen atau customer adalah adanya reward program. Program pemberian reward (penghargaan) kepada konsumen ini bukanlah sesuatu yang berlebihan jika memang perusahaan atau bisnis Anda telah memiliki banyak loyal customer.

Banyaknya konsumen yang telah menjadi pelanggan setia memang harus membuat Anda mampu mengelola harapan customer. Dengan adanya program reward ini maka selain bisa memenuhi ekspektasi customer, Anda juga akan jauh lebih akrab, cocok dan nyaman dengan para pelanggan setia Anda.

Dari rasa yang lebih akrab ini maka rasa kekeluargaan dan kepercayaan customer terhadap perusahaan Anda pun akan semakin bertambah. Bahkan akan sangat mungkin muncul potensial customer yang juga ikut melirik perusahaan Anda.

Asep Irwan

Asep Irwan adalah content writer di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar di dunia kepenulisan, blogging, dan media online.

Tinggalkan Balasan