6 Universitas Inilah yang Sering Mencetak Orang Penting di Indonesia

Image dari Tambangnews.com

Image dari Tambangnews.com

Saat ini ada sangat banyak universitas yang kualitas pendidikannya sangat bagus, salah satunya adalah Harvard University yang mampu melahirkan orang-orang hebat di dunia. Bagaimanakah dengan universitas yang ada di Indonesia? Ya, tentunya juga banyak yang memiliki kualitas terbaik misalnya fakultas hukum, jurusan farmasi, kedokteran dan tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Hanya saja kita masih kalah dengan negara lain, khususnya negara tetangga kita, seperti Singapura yang memiliki universitas dengan kualitas terbaik di kawasan Asia Tenggara saat ini. Selain sekolah, universitas juga merupakan wadah pendidikan yang harus di tingkatkan lagi mutunya secara nyata.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa universitas yang baik itu telah memenuhi standarisasi dari baik itu hubungan antara dosen dan mahasiswanya, sarana dan prasarana yang mendukung, bahkan mencetak sumber daya manusia yang memiliki kualitas. Baik itu dari segi intelegensi yang di miliki dan juga dari akhlak yang dimilikinya.

Memang anggapan itu benar adanya, karena tidak sedikit orang yang telah meraih kesuksesan bahkan di pandang oleh banyak orang, tetapi malah menyalah gunakan kekuasan dan kesuksesan yang di dapatnya.

Artikel lain: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan Peringkat




Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan mengulas 6 universitas yang sering mencetak orang-orang penting khususnya yang ada di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Logo-UGM

Image dari Wikipedia

UGM yang terletak di kota Jogja ini memang salah satu universitas kebanggaan yang di miliki oleh negara Indonesia. Menurut data Webometrics, UGM berada di posisi 807 dunia, dan untuk di Indonesia saja menempati rangking 3 terbaik secara keseluruhan.

Tidak jarang universitas yang satu ini mampu menghasilkan orang terpandang di Indonesia, misalnya saja beberapa alumni UGM antara lain Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pendidikan Anies Baswedan, mantan wakil presiden 2014 Boediono, Sri Sultan Hamengkubuwono X, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, Adnan Buyung Nasution, Retno Marsudi, dan sampai kalangan artis Artika Sari Devi pernah juga menimba ilmu di universitas ini.

2. Universitas Indonesia (UI)

logo-UI

Image dari ui.ac.id




Universitas Indonesia atau lebih kita kenal dengan sebutan UI terletak di ibu kota Jakarta juga termasuk universitas terbaik yang ada di Indonesia. Menurut data yang di himpun dari Webometrics, UI menempati posisi 763 dunia, sedangkan untuk di Indonesianya sendiri menempati urutan pertama universitas terbaik di seluruh kota yang ada di Indonesia.

Tak heran jika kampus ini merupakan kampus paling prestisius, banyak orang terkemuka dan mempunyai prestasi cemerlang terlahir dari kampus yang satu ini. Diantaranya Soe Hok Gie, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Agus Martowardojo, Yohanes Surya, sutradara film Andrea Hirata, Ayu Utami, bahkan mantan Presiden RI kedua yaitu BJ Habibie pernah mengenyam pendidikan di sini.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

logo-itb

Image dari itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung merupakan perguruan tinggi kebanggaan kota Bandung. Di Webometrics ITB menempati posisi 801 dunia, dan untuk di Indonesia berada di rangking ke 2 terbaik. Kampus Ganesha ini terkenal dengan ujian masuknya yang dikenal luar biasa sulit, namun apabila di singgung masalah prestasi yang telah di dapatkan jangan di tanya lagi, bahkan telah diakui oleh mata dunia.

Beberapa orang penting yang pernah menimba ilmu di universitas ini diantaranya dua mantan Presiden RI, yaitu Ir. Soekarno dan juga BJ Habibie, Abu Rizal Bakrie, Hatta Radjasa, untuk kalangan artisnya seperti Maria Sellena, Aming, Indra Herlambang, Pandji Pragiwaksono dan masih banyak lagi lainnya.

4. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro terletak di kota Semarang Jawa Tengah, dan merupakan perguruan tinggi ternama di Indonesia. Menurut informasi di Webometrics Universitas Diponegoro menempati rangking 1448 dunia, dan untuk di Indonesia berada di posisi ke 4 kampus terbaik.

Juga merupakan salah satu universitas yang banyak menghasilkan lulusan terbaik, diantaranya ialah Muhammmad Nasir, Tjahjo Kumolo, Robert Budi Hartono, Michael Bambang Hartono, dan juga Baharuddin Lopa.

Baca juga: Mario Teguh ~  Eksekutif Sekaligus Motivator Sukses Indonesia

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Logo-IPB

Image dari Wikipedia

Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati urutan 1544 dunia versi data Webometrics. Kampus ini dulunya adalah bagian dari Universitas Indonesia (UI), namun memutuskan untuk berpisah dan berdiri sendiri pada tahun 1963.

Beberapa alumninya antara lain adalah mantan Presiden RI ke 4 Susilo Bambang Yudhoyono, Marissa Haque, Asma Nadia, Marah Roesti dan juga ustad kondang Felix Siauw.

6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Logo-unpad

Kampus UNPAD terletak di kota Bandung juga sukses meraih peringkat 10 besar terbaik versi Webometrics yaitu berada di posisi 8. Untuk dunianya sendiri menempati rangking 1719, kampus yang juga dikenal kampusnya anak gaul Bandung ini banyak memiliki lulusan yang dikenal di Indonesia.

Diantaranya adalah mantan Presiden perempuan pertama Megawati Soekarno Putri, pengacara kenamaan Ruhut Sitompul juga Hotman Paris Hutapea, Mahkamah Agung Hamdan Zoelva, Melody Nuramdhani Laksani dan masih banyak yang lainnya.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud