Trik Jitu Promosi Bisnis Cafe Jadi Makin Laku

Image dari Thebusinessadvices.com

Image dari Thebusinessadvices.com

Dengan makin tingginya pola gaya hidup perkotaan yang modern, salah satu bisnis yang ikut terdorong naik yakni bisnis cafe. Menjadi tempat bersantap santai atau berkumpul dengan rekan saudara, nyatanya saat ini fungsi cafe sudah jauh lebih berkembang seperti sebagai sarana rapat non formal hingga mengada acara komunitas dengan skala besar. Inilah yang menjadi alasan lain di balik moncernya bisnis yang satu ini.

Namun di mana ada gula, di situ tentu banyak semut. Demikian juga dengan bisnis cafe yang semakin penuh pesaing. Berbekal penawaran kuliner unik hingga mengandalkan konsep dekorasi tematik, kini persaingan dalam bisnis cafe bisa dibilang memang sedang sangat sengit.

Untuk rekan-rekan yang sedang atau tertarik menjalankan usaha ini, ada baiknya menyimak informasi penting tentang tips bagaimana menjalankan #promosi bisnis cafe untuk meningkatkan pengunjung berikut ini. Ikuti langkah-langkahnya dan sesuaikan dengan konsep bisnis yang Anda jalankan.

1. Hidangan Tetap yang Utama

Esensi utama sebuah bisnis cafe adalah tempat yang menyediakan hidangan baik makanan atau minuman. Hal tersebut tidak bisa dirubah dan wajib menjadi perhatian utama para pelaku usaha cafe.

Kenapa hal ini perlu ditekankan? Alasannya yakni sering kali banyak pemiliki usaha yang mempromosikan cafe miliknya malah lebih terfokus hal lain bukan pada hidangannya. Dengan memastikan kualitas hidangan yang selalu terjaga, sebenarnya kita sudah memulai menjalankan usaha promosi yang terbaik. Ketika pelanggan merasa puas dengan hidangan kita, maka mereka pun akan kembali bahkan mempromosikan cafe kita.




Artikel lain: 5 Tips Meningkatkan Klik Rate Promosi Bisnis Anda Via Media Sosial

2. Jangan Pernah Lupakan Potensi Media Sosial

Dalam beberapa tahun ke depan, situs #media sosial diprediksi masih akan menjadi salah satu media promosi paling yahud untuk segala jenis bisnis. Utamanya yang berhubungan dengan gaya hidup, cafe atau tempat hang out merupakan salah satu topik yang banyak dibincangkan via media sosial. Oleh karena itu memanfaatkan media sosial dalam upayan promosi bisnis cafe menjadi hal wajib bagi para pemilik.

Untuk menjalankan #social media marketing bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana yakni share foto atau menu yang disediakan di cafe melalui akun personal kita. Hal ini tentu tidak membutuhkan kemampuan khusus. Tinggal upload, tag teman-teman, dan promosi online cafe pun sudah mulai berjalan.

Namun jika rekan-rekan berkeinginan mengjangkau pasar yang lebih luas, bisa memanfaatkan layanan periklanan premium via media sosial seperti Facbook atau Twitter. Mengenai segala hal teknisnya pun, Anda tidak perlu kawatir. Saat ini sudah banyak jasa advertising atau Anda bisa menyewa jasa social media manager yang siap menjalankan tata kelola promosi usaha kita lewat media sosial.

3. Membuat Official Website

Selain akun media sosial, official #website juga bisa menjadi identitasa online penting yang dapat mendukung upaya promosi cafe kita. Dengan adanya website tersebut, bisnis kitapun akan terlebih lebih profesional, disamping juga berbagai fitur web yang bisa kita manfaatkan.




Untuk membangun situs resmi tersebut, pada dasarnya tidak perlu dibuat terlalu “megah”, cukup sederhana namun tetap representatif. Namun bukan berarti web tersebut bisa dibuat dengan asal-asalan, tetap perlu tenaga yang benar-benar faham mengenai urusan ini. Karena tak jarang saya melihat banyak pengelola website yang entah karena alasan apapun, menelantarkan website hingga terkesan tak terawat karena jarang di perbarui.

Fokus pada hal promosi, adanya website juga akan membantu menaikan kemungkinan bisnis kita diketahui lebih banyak konsumen. Seperti lewat mesin pencarian, dengan menerapkan teknik #SEO yang tepat maka website kita bisa nangkrik di halaman pertama dan pengunjungpun akan datang lebih banyak lagi.

Baca juga: Dahsyatnya Promosi Bisnis Dgn Word of Mouth (WOM) Strategy

4. Promosi Bisnis Cafe Lewat Mobile Marketing Juga Masih Menjual

Selain melalui fasilitas internet, masih ada kanal promosi digital lain yang tak kalah potensial yakni lewat mobile marketing. Meskipun terkesan sederhana yakni lewat penyebaran pesan singkat atau #aplikasi chat, strategi promosi yang satu ini juga jangan pernah Anda lewatkan.

Yang perlu Anda siapkan dalam menjalankan tips yang satu ini adalah akun dan nomor selular khusus untuk promosi bisnis cafe. Selain itu untuk memastikan kesiapkan jika ada feedback yang masuk lewat fasilitas mobile tersebut. Pastikan feedback tersebut Anda balas dengan responsif.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud