Beranda Mobile & App 9 Tool Editing Video Pemasaran Bagi Pemula dan Profesional

9 Tool Editing Video Pemasaran Bagi Pemula dan Profesional

Tool Editing Video Pemasaran

Apa tool editing video pemasaran yang bisa Anda pakai secara gratis? Pilihannya pasti banyak sekali, namun ada beberapa perangkat lunak yang memiliki fitur terbaik yang bisa Anda gunakan.

Dalam dunia pemasaran ada ungkapan “konten adalah Raja” atau “Content is King”. Dan sekarang konten video menjadi sangat penting dalam dunia pemasaran digital.

Menurut Sprout Social, setidaknya 85% brand menggunakan video sebagai strategi pemasaran digital. Hal ini berkat kehadiran tool video editing yang semakin murah dan mudah digunakan.

Ada banyak sekali tool video editing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dirangkum dari Sprout Social, berikut ini beberapa tool edit video dengan fitur dasar sampai advanced.

Tool Video Editing Dasar

Kalau Anda masih pemula dan ingin belajar edit konten video, ada sejumlah tool yang menawarkan servis gratis. Di samping itu, tool ini mudah sekali digunakan!

1. iMovie

iMovie

iMovie ini merupakan tool edit video dasar yang secara default ada di produk berlabel Mac. Anda bisa mendownload-nya lewat iOS dan bahkan bisa melakukan editing menggunakan iPhone.

Fitur yang ditawarkan tool ini sangat sederhana. Anda bisa mengunggah video kemudian hanya perlu melakukan “drag-and-drop” untuk melakukan trim, edit hingga clip video Anda.

Tool ini mendukung video dengan resolusi 4K, sangat cocok untuk Anda yang sedang berencana membuat iklan berbentuk video atau sekedar ingin membuat konten YouTube.

2. VideoPad

VideoPad Video Editor

Software untuk edit video ini bisa Anda pakai secara gratis dengan fitur yang sudah matang. Tool ini juga bisa untuk Mac OS X untuk membantu Anda mengedit konten video.

Software ini memiliki sejumlah visual effect dan transition yang membantu Anda memperkaya ide editing video Anda. Anda bahkan bisa membuat beberapa video dengan format berbeda seperti 360 degrees dan 3D.

Meski demikian, fitur VideoPad ini mirip seperti iMovie dimana Anda hanya bisa melakukan drag-and-drop, trim, edit strip dan menambahkan transisi, grafik serta slides.

3. VSCD

vsdc

Buat Anda yang menggunakan perangkat Windows, Anda bisa menggunakan software VSDC. Software ini menawarkan servis gratis dengan berbagai fitur mulai dari video converter, audio converter hingga audio CD grabber.

Dengan  tool ini, Anda bisa membuat berbagai video dengan berbagai format. Akses library juga dilengkapi dengan evideo effect, warna hingga filter. Tidak hanya itu, tool ini juga memiliki fitur stabilizer yang memungkinkan pengguna untuk membuat efek shaky.

Anda bisa memanfaatkan software ini untuk berbagai keperluan mulai untuk kebutuhan marketing, penjualan hingga YouTube.

Kalau Anda ingin fitur yang lebih banyak, Anda bisa memilih versi premium.

Baca juga: Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Tool Video Editing Untuk Professional

Jika Anda membutuhkan software editing tingkat lanjut dan mencari software yang sesuai dengan kemampuan editing Anda, maka Anda akan menyukai tool berikut ini:

4. Premier Pro

Premier Pro

Software ini merupakan salah satu tool yang lengkap dengan fitur-fitur baru yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai video. Tool ini juga support 8K resolution hingga virtual reality.

Buat Anda yang bergelut di dunia digital marketing, membuat video dengan tool ini akan sangat membantu. Anda bisa membuat video interaktif, video untuk marketing, film pendek hingga video series.

Untuk harga yang ditawarkan adalah $52.99 per bulannya. kalau Anda mengelola brand besar, tentu saja harga ini sudah murah.

5. Final Cut Pro

Final Cut Pro

Satu lagi tool premium yang mungkin bakal Anda sukai adalah Final Cut Pro. Tool ini didesain untuk pengguna Apple.

Tool edit video ini memberikan begitu banyak fitur terutama buat Anda yang membuat video konten kohesif.

Anda bisa membuat video horizontal dengan resolusi 4K dan 8K. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa meng-export dan convert video ke size yang lebih optimal.

Bila Anda ingin mencoba fitur ini, Anda bisa coba gratis atau memilih fitur permium dengan membayar $299.99.

Tool Edit Video Social Media

Dalam dunia pemasaran sekarang, konten video sangatlah penting. Mencari aplikasi terbaik untuk edit video konten khusus sosial media bukanlah hal yang mudah.

Tapi jangan khawatir, kami menemukan beberapa tool yang keren yang pasti Anda suka.

6. Promo

Hal yang paling menarik dari tool ini adalah template dan sejumlah fitur yang memudahkan Anda dalam melakukan editing.

Anda bisa mendapatkan banyak sekali ide dari template yang tersedia di sini. Di sana banyak sekali template untuk Instagram Stories, dan berbagai jenis template video ads lainnya.

Anda bisa mengakses foto dan klip yang cocok untuk materi iklan Anda melalui tool ini kemudian mengkreasikannya menjadi video. Di samping itu, Anda juga bisa membuat text berisi call to action, menambahkan background musik hingga audio background sebelum membagikannya langsung ke sosial media.

Aplikasi ini menawarkan coba gratis selama dua bulan. Kalau Anda ingin mengakses tool lainnya, Anda bisa membayar versi premium sebesar $49 per bulan.

7. Lumen5

Lumen5

Merupakan salah satu tool editing video yang paling disukai dengan fitur-fitur menariknya. Beberapa di antaranya yaitu story board, layout dan juga background audio.

Ada juga library template untuk membantu Anda mencari ide terbaik. Ditambah lagi bantuan AI yang membantu Anda memastikan apakah hasil akhir video-nya bisa memiliki engagement di mata audience.

Anda bisa membuat video untuk Instagram Story, Facebook Ads, Youtube, LinkedIn hingga Twitter dengan aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini menawarkan coba gratis selamanya tapi dengan fitur terbatas seperti kapasitas download yang hanya 3 kali dalam sebulan. Selebihnya Anda bisa menggunakan versi premium sebesar $29 per bulan.

8. Biteable

Biteable

Seperti nama tool-nya, Biteable menawarkan kemudahan edit video pendek dengan mudah dan cepat. Tool ini menawarkan berbagai template yang seru, tapi Anda juga bisa melakukan edit video kreasi sendiri dari nol.

Ada juga sejumlah video yang bisa Anda jadikan background bersama dengan pilihan text animasi.

Tool ini memperbolehkan penggunanya untuk mengunggah video kreasi mereka sendiri dan memberikan kemudahan memasukkan brand mereka dengan font dan warna yang kohesif.

Bagi Anda yang penasaran bisa mencoba tool ini secara gratis dengan fitur terbatas dan watermark. Untuk fitur tambahan, Anda bisa menggunakan versi premium dengan membayar $29 per bulan.

9. InVideo

InVideo

Tool ini menawarkan fitur edit video untuk berbagai ukuran, mulai dari format square hingga landscape. Mulai dari bite-sized hingga testimonial. Aplikasi ini membantu Anda membuat video lebih menarik dan tidak membosankan.

Anda bisa memulai edit video dengan menggunakan template, lalu masukkan pesan yang diinginkan, branding video background dan lainnya. Ada juga elemen animasi agar video terlihat lebih menarik.

InVideo ini bisa Anda akses secara gratis, namun Anda hanya bisa download maksimal 60 kali saja sebulan dan video Anda memiliki watermark. Nah, untuk menikmati fitur lainnya, Anda bisa membayar $20 per bulan.

Ciptakan Video Pemasaran yang Menarik Dengan Tool Editing Video

Pada dasarnya sebagian besar tool editing video yang disebutkan di atas dapat menyesuaikan ukuran video Anda dengan platform media sosial yang digunakan.

Namun, akan lebih baik bila mengikuti spesifikasi video media sosial terbaru sehingga semua video Anda memiliki ukuran yang optimal.

Jaman sekarang digital marketing sudah berkembang ke arah yang lebih kompleks. Termasuk membuat video untuk kebutuhan pemasaran.

Pastinya Anda ingin konten Anda terlihat lebih menarik di mata audience. Bila Anda tidak punya waktu, atau dana Anda terbatas untuk membayar seorang video maker profesional, Anda bisa memanfaatkan beberapa tool di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here