12 Toko Online Terbesar dan Terpopuler di Dunia Saat Ini

Saat ini ada puluhan toko online terbesar di dunia yang punya banyak pelanggan dari berbagai negara. Walaupun bisnis e-commerce ini sudah sangat padat persaingannya dan mudah kita temukan di internet, namun toko online internasional terpercaya selalu bisa menghadapi persaingan tersebut.

Pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya, dan semakin banyaknya pengguna internet yang memilih untuk melakukan transaksi online membuat pertumbuhan toko online semakin banyak mendapatkan untung.

Dari sekian banyak toko online saat ini, ada beberapa toko online terbesar di dunia yang menguasai sebagian besar pasar online dan menjadi yang terpopuler saat ini. Berikut ini adalah 12 situs belanja online terbesar di dunia yang saat ini menguasai sebagian besar pasar di internet:

1. Amazon.com, Toko Online Terbesar di Dunia

toko online terbesar di dunia

Situs Amazon.com merupakan toko online terbesar di dunia saat ini. Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1995 di Amerik. Dulunya situs jual beli internasional terbesar ini hanya menjual buku secara online, dan sekarang Amazon telah menguasai sebagian besar pasar online di Amerikat serikat.



Pertumbuhan pengguna internet di Amerika yang cukup pesat membuat perkembangan bisnis Amazon bertumbuh pesat. Yang awalnya hanya menjual buku, Amazon kemudian melebarkan bisnisnya dengan menjual berbagai produk. Saat ini kategori produk di Amazon sudah sangat banyak, mulai dari produk buku, ebook, barang elektronik, peralatan rumah tangga, gadgetery, dan lain-lain.

Situs toko online internasional terpercaya ini juga melakukan ekspansi ke negara lain seperti; Inggris Raya, Irlandia, Perancis, Kanada, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Jepang, Australia, Brazil, Meksiko, dan India.

Artikel lain: 10+ Situs Belanja Online Terbaik di Indonesia

2. Toko Online Ebay.com

Situs Lelang online Ebay

Di posisi ke #2 daftar toko online terbesar di dunia diduduki oleh situs Ebay.com. Berbeda dengan Amazon, Ebay merupakan situs lelang barang secara online. Toko online ini didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 dan berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat.

Konsep bisnis Ebay ini adalah Customer to Customer dan Business to Customer. Di situs ini setiap orang bisa menjual dan membeli barang dan jasa dari seluruh dunia dengan sistem lelang.

Namun, selain cara lelang, Ebay memperluas layanan mereka dengan memberikan opsi “Buy Now”, belanja by UPC, ISBN, iklan baris, online trading, dan berbagai layanan lainnya. Untuk bertransaksi di Ebay, Anda harus punya akun Paypal, sebuah layanan transaksi online aman yang juga merupakan anak perusahaan dari Ebay.

3. Situs Toko Online Alibaba.com

Toko Online Alibaba

Alibaba.com adalah e-commerce asal Tiongkok dan merupakan salah satu situs jual beli internasional terbesar saat ini. Dalam menjalankan bisnisnya, Alibaba menawarkan metode Costumer to Customer, business to customer, dan Business to Business, kepada para penggunanya.

Selain dapat digunakan untuk berjualan produk fisik, Alibaba juga menyediakan layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja, dan layanan komputasi awan data-centric.

Alibaba yang merupakan situs belanja online China terbesar saat ini didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999 yang awal pendiriannya bertujuan untuk menghubungkan produsen di Tiongkok dengan para pembeli di negara lain. Pertumbuhan e-commerce ini sangat pesat, bahkan Alibaba telah membeli saham salah satu e-commerce terbaik di Indonesia, Lazada, senilai Rp13,2 triliun.

4. Situs E-commerce Netflix.com

Situs E-commerce Netflix.com

Netfilx.com adalah sebuah e-commerce yang menawarkan jasa penyewaan DVD secara online yang pertama dan terbesar di dunia saat ini. Situs ini didirikan oleh Reed Hastings pada tahun 1997 di Amerika Serikat.

Saat ini Netflix berpusat di Los Gatos, California, Amerika Serikat, dan memiliki beberapa area layanan di beberapa negara termasuk di Indonesia, Canada, Brazil, Mexico, Inggris, dan beberapa negara lainnya.

Hingga saat ini Netflix telah memiliki koleksi DVD lebih dari 65.000 judul dan berhasil mendapatkan 5 juta lebih pelanggan. Dengan pengeluaran sebesar USD300 juta per tahun, Netfilx berhasil mengirimkan 1,4 juta film ke pelanggan mereka setiap harinya.

5. Situs E-commerce Walmart.com

Situs E-commerce Walmart.com

Walmart adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengoperasikan jaringan department store. Didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962 di Rogers, Arkansas, Amerika Serikat.

Pada perkembangannya, Walmart juga membidik pasar online dengan membangun situs Walmart.com untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Saat ini, situs Walmart.com termasuk salah satu toko online terbesar di dunia dan paling banyak diakses di Amerika. Situs ini berpusat di Betoville, Arkansas, Amerika Serikat.

Produk yang dijual di situs e-commerce itu sangat beragam, mulai dari produk elektronik, furnitur, gadgetery, dan lain sebagainya.

6. Toko Online BestBuy.com

Toko Online BestBuy.com

Bestbuy.com adalah perusahaan asal Amerika serikat yang bergerak di bidang industri retail. Didirikan oleh Richard M. Schulze pada tahun 1966 di kota Richfield, Minnesota, Amerika Serikat.

Pada tahun 2004 silam, Bestbuy pernah mendapatkan penghargaan “Company of The Year” oleh majalah Forbes. Perusahaan ini lebih fokus menjual berbagai produk yang berhubungan dengan gadgetery, baik itu untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan rumah tangga.

7. Situs Toko Online Etsy.com

Situs Toko Online Etsy.com

Etsy.com adalah sebuah situs e-commerce yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan toko online terbesar di dunia yang menjual barang-barang unik. Didirikan oleh empat orang, yaitu; Robert Kalin, Chris Maguire, Haim Schoppik, Jared Tarbell, di Amerika Serikat.

Berbeda dengan e-commerce lainnya, Etsy adalah situs e-commerce peer-to-peer (P2P) yang fokus pada barang-barang dan perlengkapan dari hasil buatan tangan, barang-barang kuno, dan barang buatan pabrik yang unik. Beberapa produk yang dijual di Etsy diantaranya; barang seni, perhiasan, pakaian, fotografi, perlengkapan mandi dan kecantikan, pernak-pernik, selimut, dan mainan.

Para penjual di Etsy membuat kerajinan tangan yang unik, bahkan ada yang menjual kerajinan manik-manik, dan perhiasan dari bahan kawat. Barang antik yang dijual di situs ini harus berusian minimal 20 tahun. Situs ini mengenakan biaya $0.2 kepada penjual yang mendaftarkan barang mereka di Etsy untuk dijual.

8. Toko Online Target.com

 Toko Online Target.com

Target.com berada dalam naungan Target Corporation, sebuah perusahaan ritel Amerika yang didirikan oleh George Dayton pada tahun 1902 di Minneapolis, Minesota, Amerika Serikat. Target merupakan pengecer diskon terbesar kedua di Amerika Serikat, setelah Walmart.

Situs toko online Target.com punya konsep yang mirip seperti kebanyakan toko online lainnya. Situs e-commerce ini menjual berbagai produk, mulai dari produk elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan berbagai aksesoris. Saat ini Target.com memiliki pelayanan di dua negara, yaitu di Amerika Serikat dan Kanada.

Perusahaan ini masuk peringkat ke-36 Fortune 500 pada 2013 dan merupakan komponen dari indeks Standard & Poor’s 500. Lisensi merek dagang ini dimiliki oleh Wesfarmers, pemilik terpisah dari jaringan Target Australia yang tidak berhubungan dengan Target Corporation. Lisensi merek dagang ini dimiliki oleh Wesfarmers, pemilik terpisah dari jaringan Target Australia yang tidak berhubungan dengan Target Corporation.

9. Taobao.com: Situs Belanja Online China

situs belanja online china

Taobao.com adalah situs e-commerce asal Tiongkok yang mirip seperti Ebay, Amazon, dan Rakuten. Taobao merupakan salah satu situs jual beli internasional terbesar yang dioperasikan oleh Alibaba Group.

Situs ini didirikan oleh Alibaba Group pada 10 Mei 2003. Mengusung konsep Costumer to Costumer (C2C) ritel, Taobao menyediakan platform untuk usaha kecil dan pengusaha individu untuk membuka toko online yang melayani konsumen di Tiongkok, Hongkong, Macau, Taiwan, dan juga negara lainnya.

Hingga saat ini Taobao.com yang didapuk sebagai toko online China termurah ini memiliki lebih dari 700 juta produk dan menjadi salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.

10. Situs Toko Online Flipkart.com

Situs Toko Online Flipkart.com

Flipkart.com adalah situs e-commerce asal India yang didirikan oleh dua bersaudara, Sachin Bansal dan Binny Bansal. Perusahaan ini terdaftar di Singapura, namun Flipkart berpusat di Bangalore, Karnataka, India.

Sejauh ini, Flipkart telah berhasil meluncurkan beberapa produk sendiri yang diberinama “DigiFlip”. Beberapa produknya tersebut diantaranya; USB, tablet, dan tas laptop.

Flipkart telah berkali-kali menerima pendanaan dari investor, diantaranya sebesar $210 juta dari DST Global, $1 miliar dari Tiger global dan grup media Afrika Selatan Naspers, $550 juta dari beberapa investor yang sudah ada. Hingga tahun 2017 ini, Flipkart masih mendapat pendanaan dari investor.

11. Situs E-commerce Ikea.com

Situs E-commerce Ikea.com

Ikea adalah sebuah perusahaan asal Swedia yang bergerak di bidang ritel penjualan dan perakitan perabotan rumah tangga, seperti; sofa, tempat tidur, dan aksesoris rumah tangga. Perusahaan ini didirikan oleh Ingvar F. Kamprad di Swedia pada tahun 1943.

Situs Ikea.com merupakan salah satu toko online terbesar di dunia yang saat ini berpusat di Laiden, Belanda. Pada 15 Oktober 2014 lalu, IKEA membuka gerai pertama di Indonesia, tepatnya di Alam Sutera, Tangerang, Banten. Toko tersebut merupakan toko ke-364 dan terbaru di 46 negara di seluruh dunia.

Selain itu, IKEA juga telah bekerjasama dengan beberapa industri lokal di Solo, Jawa Tengah dengan mengambil bahan baku dan pengrajin asal Solo dan Yogyakarta. Produk-produk lokal tersebut akan dipasarkan IKEA ke pasar Internasional.

12. Situs Toko Online Jabong.com

Situs Toko Online Jabong.com

Jabong.com adalah sebuah situs e-commerce asal India yang fokus pada dunia fashion, produk kecantikan, aksesoris rumah, dan produk lifestyle lainnya. Didirikan oleh empat orang; Arun Chandra Mohan, Praveen Sinha, Manu Jain, dan Mukul Bafana.

Menurut The Economist, sebuah perusahaan majalah berita dan peristiwa Internasional, Jabong telah mencatat penjualan yang cukup fantastis sepanjang tahun 2012 lalu. Jabong disebutkan melakukan pengiriman barang hingga 14.000 pesanan setiap hari.

Baca juga: Mencermati Perbedaan Toko Online dan Marketplace

PENUTUP

Demikianlah daftar situs toko online terbesar di dunia saat ini yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam membangun toko online, tentunya selain situs e-commerce lokal. Situs-situs e-commerce di atas merupakan toko online terpercaya dan aman untuk berbelanja online. Semoga bermanfaat.





1 comment on this postSubmit yours
  1. saya ingin bertanya soal amazon. ini saya biasa beli nitip teman saya.

    sekarang ini saya ingin beli sendiri. itu pembayaran sama gak kaya tokopedia?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud