Beranda Career Tips Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi Corona Virus di Indonesia

Tips Bekerja Dari Rumah Selama Pandemi Corona Virus di Indonesia

Tips Bekerja Dari Rum Selama Pandemi Corona Virus

Seperti kita ketahui bersama, saat ini sebagian perkantoran di Jabodetabek dan beberapa daerah lainnya di Indonesia telah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (work from home) bagi para pekerjanya. Hal ini bertujuan untuk menghambat penularan Corona Virus (COVID-19) yang telah masuk dan mulai menyebar ke Indonesia.

Bagi sebagian profesi, seperti freelancer, pebisnis online, wartawan, trader, software developer, pekerja informasi, bekerja dari rumah bukanlah sesuatu yang baru. Namun, bagi beberapa profesi lainnya, mungkin kebijakan bekerja dari rumah (WHM) merupakan sesuatu yang berbeda.

Melihat situasi saat ini, kemungkinan besar banyak pekerja yang tidak tahu apa yang mereka butuhkan agar dapat berkerja secara efektif dari rumah. Atau yang lebih buruk lagi, mungkin sebagian orang justru malah tidak bekerja dan malah liburan.

Cara Bekerja dari Rumah Selama Pandemi Coronavirus

Jika Anda merupakan salah satu orang yang baru pertamakali bekerja dari rumah, maka ada baiknya mengikuti beberapa tips bekerja dari rumah selama pandemi corona berikut ini:

1. Membuat Ruang Kerja Khusus

Ruang kerja khusus ini tidak harus besar tapi paling tidak bisa digunakan sebagai tempat untuk bekerja. Tempat kerja tersebut bisa di dalam kamar, di ruang keluarga, atau di sudut ruangan lainnya yang bisa digunakan.

Pastikan juga Anda bisa menempatkan meja dan kursi di tempat tersebut sehingga dapat bekerja dengan cukup nyaman.

2. Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet di rumah Anda dapat menunjang pekerjaan yang dilakukan. Koneksi internet ini dibutuhkan untuk mengirim atau menerima data dari orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan.

Mereka yang terbiasa kerja dari rumah umumnya telah memiliki layanan internet dari provider tertentu, misalnya Indihome, Firstmedia, dan lainnya. Namun, Anda juga bisa menggunakan tethering dari ponsel tertentu yang khusus dijadikan modem.

3. Menyiapkan Software Remote Kerja

Jika pekerjaan Anda membutuhkan remote antar komputer, makan Anda peru menginstal software khusus di PC atau Laptop. Aplikasi yang bisa meremote antar komputer yang bisa Anda gunakan yaitu:

  • Chrome Remote Desktop; ini adalah aplikasi gratis dari Google yang berguna untuk memberikan akses dari komputer ke komputer lainnya atau dari Android ke komputer dengan menggunakan OS Windows, MacOS, dan Linux. Download Chrome Remote Deskot
  • Team Weaver; software ini juga berfungsi untuk memberikan akses dari komputer ke komputer lainnya secara remote. Download Team Weaver

4. Menetapkan Jam Kerja

Jika ingin tetap produktif selama bekerja di rumah, maka Anda harus menetapkan jam kerja dengan jelas. Jam kerja tersebut dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang, atau sesuai dengan jam kerja pada umumnya.

Setelah menetapkan jam kerja, tentunya juga harus mematuhi aturan bahwa Anda tetap aktif selama rentang waktu tersebut. Usahakan untuk meminimalisir gangguan selama jam kerja tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan teknik Pomodoro untuk lebih memaksimalkan waktu kerja.

5. Istirahat Teratur

Meskipun bekerja di rumah, bukan berarti kita tidak punya waktu untuk diri sendiri. Saat merasa lelah, sebaiknya beristirahatlah barang sejenak.

Bila memungkinkan, Anda juga bisa minum secangkir teh atau kopi untuk menyegarkan diri dan mengembalikan semangat kerja. Pastikan juga untuk bekerja sesuai porsi, tidak kurang atau tidak berlebihan.

6. Berusaha Tetap Produktif

Secara umum, bekerja dari rumah akan banyak mengalami gangguan, baik dari lingkungan maupun dari anggota keluarga.

Bila diperlukan atur jadwal berbicara dengan rekan kerja, atasan, dan klien. Dengan mengatur jadwal tersebut maka pekerjaan menjadi lebih efisien dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

Selain itu, para pekerja juga disarankan untuk menciptakan rutinitas kerja seperti saat bekerja di kantor. Misalnya mandi, sarapan pagi, menggunakan pakaian kerja, dan berusaha meluangkan waktu berjam-jam untuk bekerja, meskipun sedang berada di rumah.

Baca juga: Tips Mengatur Waktu Bagi Anda yang Kerja dari Rumah

Terlepas adanya pandemi corona virus atau tidak, sepertinya budaya bekerja dari rumah memang sudah seharusnya mulai digalakkan oleh berbagai perusahaan. Pasalnya, saat ini sebagian besar pekerjaan memang dapat dikerjakan dari mana saja secara online atau remote.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan saat bekerja di rumah selama Pandemi Corona virus di Indonesia. Perhatikan juga kesehatan Anda dan keluarga dengan makan makanan yang sehat, berolah raga, dan tidur yang teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat bekerja di rumah.

5 KOMENTAR

  1. Iya kak, aku juga sekarang ini lagi berusaha memanajemen Bekerja di rumah.. makasih tipsnya kak,, sangat membantu

  2. Bekerja di rumah memang lebih fleksibel dan nyaman. Bebas sesuka kita. Konsepnya seperti di google, kerja fleksibel dan tidak penuh tekanan.

  3. Alhamdulillah, masih bisa tetap bekerja di rumah, walau di rumah juga tetap diberi beban belajar online untuk siswa2ku…

  4. Memang kerja pada bagian ap pak, kok tidak di berikan izin untuk kerja dirumah?

Tinggalkan Balasan