Tetap Nyaman Meski Harus Menatap Layar Smartphone di Malam Hari? Gunakan 5 Aplikasi Berikut Ini

aplikasi mobile

Image dari Huffingtonpost.com

Saat ini kita sering mengetahui bahwa penggunaan smartphone pada malam hari akan membuat tidur kita makin melambat. Melambatnya jam biologis ini ini disebabkan oleh adanya lampu biru yang dipancarkan layar #smartphone. Lampu biru pada layar ponsel pintar ini memang akan mempengaruhi kita untuk tidak tidur sebab cahaya lampu biru dari smartphone akan ‘menipu’ pikiran kita untuk seolah-olah memaksa membayangkan bahwa hari masih siang.

Tentu saja ketika kita kesulitan untuk tidur pada malam hari banyak ahli yang menyatakan bahwa hal ini akan berbahaya karena akan mempengaruhi kesehatan kita. Namun seiring waktu, banyak pihak yang kemudian mencermati hal ini dan melakukan terobosan untuk menjadikan smartphone menjadi sahabat yang baik untuk penggunanya untuk tidur yang berkualitas.

Dari sini lalu muncullah beberapa fitur dan #aplikasi yang membuat mata akan merasa nyaman saat menatap layar smartphone sebelum tidur. Lalu aplikasi dan fitur apa saja yang mampu menjadikan istirahat kita tetap baik meski harus menggunakan ponsel pintar pada malam hari? Berikut ulasannya.

1. Night Shift

Fitur dan aplikasi pertama yang bisa Anda manfaatkan agar istirahat Anda tidak terganggu meski menggunakan smartphone pada malam hari adalah Night Shift. Night Shift sendiri adalah fitur yang ada pada iPhone terutama pada OS #iOS 9.3. Dengan mengaktifkan fitur ini maka layar smartphone akan berubah menjadi warna kuning yang lebih hangat dan nyaman.

Night Shift memang mampu mengontrol jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone. Penggunaan Night Shift sendiri sangat praktis sebab pengguna bisa melakukan pengaturan intensitas filter cahaya secara terpisah pada siang dan malam hari atau juga bisa langsung mengaktifkan atau mematikannya dengan satu ketukan di bar notifikasi.




Artikel lain: 8 Aplikasi Mobile Terbaik Untuk Para Hipster yang Aktif

Night Shift ini memang bisa bekerja otomatis mendeteksi waktu dan mengubah temperatur layar dari cahaya matahari yang ada. Namun fitur dan aplikasi ini juga bisa Anda set atau atur secara manual dengan mengaktifkan atau mematikannya secara langsung.

2. Twilight

Berikutnya aplikasi yang mampu membuat mata Anda tetap nyaman pada malam hari adalah Twilight. Dengan menggunakan aplikasi ini maka tampilan layar akan mampu beradaptasi dengan waktu yang sedang berlangsung.

Pada malam hari sendiri, aplikasi Twilight ini akan mampu membuat intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel atau tablet jadi “melunak”. Namun selain bisa otomatis, Anda juga bisa mengatur aplikasi ini dengan manual sesuai jadwal yang Anda tentukan sendiri.

3. Eye Filter (Blue Light Filter)

Dengan menggunakan aplikasi Eye Filter maka ketegangan pada mata Anda akan berkurang seiring dengan adanya warna overlay tembus pandang yang diberikan aplikasi pada seluruh layar smartphone. Bahkan dengan aplikasi ini Anda akan mampu mengurangi kecerahan dan cahaya biru secara keseluruhan.




Aplikasi ini sendiri mempunyai beberapa fitur penyesuain sederhana seperti  on/off filter eye, pemilihan warna untuk filter (hitam, abu-abu dan coklat), mengatur opacity antara 0% -100%, dan mengatur jadwal.

4. Night Owl – Screen Dimmer

Selanjutnya, aplikasi yang mampu membuat mata tetap nyaman dan istirahat jadi tetap baik meski menggunakan smartphone pada malam hari adalah Night Owl. Dengan fitur yang ada pada Night Owl maka Anda akan mampu untuk melakukan pengaturan kecerahan layar yang lebih rendah dari pengaturan perangkat bawaan.

Jika ponsel pintar Anda sendiri menggunakan jenis layar AMOLED, maka satu keuntungan lebih bisa didapat karena bisa mampu mengirit pemakaian daya. Filter yang ada di Blue-Light pada Night Owl inilah yang nantinya akan mampu mengurangi emisi cahaya biru pada layar dan menghilangkan efek insomnia.

Baca juga: 5 Aplikasi Editing Foto Populer Untuk Sulap Wajah Kamu Makin Kece Badai

5. Midnight (Night Mode)

Terakhir, aplikasi yang mampu membuat mata tetap nyaman meski menatap layar smartphone pada malam hari adalah Midnight. Dengan aplikasi ini maka Anda tidak hanya akan mampu untuk meminimalkan emisi cahaya biru, namun Anda pun bisa melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Pengerjaan beberapa file pada smartphone memang akan penting.

Nah dengan aplikasi Midnight ini maka Anda akan mampu menyesuaikan suhu warna layar. Pada aplikasi Midnight sendiri ada akses kontrol yang akan membuat layar melakukan otomatisasi guna memulai atau menghentikan filter ketika aplikasi mendeteksi penggunaan ponsel di tempat yang gelap.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Kalau untuk pengguna laptop dan komputer bagaimana mas ?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud