Ini 5 Tanda Perusahaan Akan Bangkrut, Ketahui Sejak Dini

Tanda Perusahaan akan Bangkrut– Sebagai seorang karyawan, jaminan masa depan dan karir Anda tentu menjadi hal yang sangat penting. Sulit rasanya bekerja pada perusahaan yang tidak berkembang dan justru di ambang kebangkrutan.

Mungkin Anda sekarang tengah bekerja di perusahaan namun ada desas desus perusahaan tengah menuju kepada kebangkrutan. Nah, ada beberapa tanda sederhana sebenarnya yang bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk melihat apakah perusahaan sedang dalam kondisi sehat atau sedang bangkrut.

Tanda-Tanda Perusahaan Mau Bangkrut

Sebuah perusahaan tidak mengalami kebangkrutan dengan begitu saja, ada proses yang terjadi secara perlahan dan pasti. Mengetahui tanda atau ciri kebangkrutan perusahaan sejak awal akan memberikan Anda kesempatan untuk mencari kerja di tempat baru.

Apa sajakah tanda-tanda tersebut, perhatikan beberapa poin di bawah ini,

  1. Gaji Mulai Tidak Lancar

Ini bisa menjadi parameter sederhana untuk melihat kesehatan perusahaan. Ketika gaji Anda sudah mulai telat dibayarkan, atau justru tidak dibayar sama sekali, maka itu bisa menjadi salah satu tanda awal bahwa perusahaan sedang menuju kebangkrutan.

Tersendatnya gaji bisa dikarenakan kesehatan finansial perushaan tersebut sedang dalam episode negatif. Jadi, jika Anda sedang mengalami keadaan ini, maka ada baiknya jika Anda mulai memikirkan masa depan Anda di perusahaan tempat Anda bekerja tersebut.

Jangan biarkan diri Anda bekerja dalam ketidakpastian yang akan merugikan Anda sendiri tentunya.

  1. Tidak Ada Perkembangan Sumber Daya

Tanda selanjutnya adalah tidak adanya perkembangan terhadap sumber daya. Ini bisa menjadi salah satu tanda kemandegan perusahaan atau bisa jadi merupakan kemunduran.

Seharusnya, ketika perusahaan sehat dan berkembang, maka secara otomatis akan membutuhkan sumber daya juga. Sehingga sumber daya perusahaan pun akan perlu terus dikembangkan kualitasnya maupun kuantitasnya.

Jadi, jika tidak terjadi perkembangan sumber daya pada perusahaan, hal ini patut menjadi pertanyaan. Apakah tidak adanya perkembangan sumber daya ini memang menjadi strategi perusahaan, atau karena perusahaan sedang dalam masa yang buruk. Jika memang merupakan strategi dari perusahaan, maka Anda bisa sedikit bernafas lega.




  1. Atasan Anda Resign Mendadak

Gejala kemunduran perusahaan selanjutnya adalah seringnya terjadi perombakan susunan manajeman. Atasan Anda sering berganti dengan yang baru, atau bisa dibilang atasan Anda yang lama meninggalkan perusahaan.

Jika para orang-orang penting di jajaran manajemen mulai sering mengadakan rapat darurat tanpa karyawan lain, maka Anda perlu waspada. Orang-orang lama di jajaran manajeman mulai diganti dengan orang baru yang kurang berkompeten, maka keadaan ini cukup membahayakan kelangsungan perusahaan.

Sampai di sini Anda sudah harus mulai memikirkan karir Anda. Karena atasan (apalagi yang berdedikasi dan memiliki integritas tinggi) yang meninggalkan perusahaan secara tiba-tiba, itu mencurigakan.

  1. Penurunan Produksi Atau Omset

Ini juga bisa menjadi gejala buruk bagi perusahaan. Ketika biasanya perusahaan mengalami penurunan produksi, maka ini adalah salah satu tanda nyata terjadinya masalah dalam perusahaan.

Jika tidak segera teraratasi, maka perusahaan akan mengalami kehancuran. Bagi Anda sebagai karyawan, Anda juga harus bisa melihat dan membaca tanda seperti ini sejak dini.

Jika perusahaan Anda selalu mengalami penurunan produksi setiap waktu dan semakin parah, maka Anda harus segera memikirkan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Apakah Anda akan bertahan dengan berusaha mengembalikan kesehatan perusahaan, atau Anda akan meninggalkan perusahaan yang berada dalam ambang kehancuran.

  1. Perusahaan Tak Punya Rencana Cadangan

Setiap perusahaan yang sehat dan berkembang, selalu memiliki rencana dan strategi untuk menghadapi tantangan yang ada. Ketika perusahaan tak memiliki rencana atau strategi yang jelas maka tentu saja tinggal menunggu kehancurannya.

Katakanlah, saat ini perusahaan masih dalam keadaan sehat, namun jika tak memiliki rencana dan strategi yang jelas, maka akan tinggal menunggu waktu saja kehancurannya. Apalagi jika ketidakpunyaan rencana tersebut karena kemunduran perusahaan, kepemimpinan yang lesu, dan masalah lainnya, maka Anda sebaiknya harus segera memikirkan nasib Anda.

Itulah beberapa tanda perusahaan akan bangkrut, atau bisa juga sebagai indikator apakah perusahaan tempat Anda bekerja sedang tidak sehat dan menuju kehancuran. Anda perlu mengetahui hal ini sejak dini agar Anda sebagai karyawan bisa meminimalisir akibat yang ditimbulkan jika perusahaan benar-benar bangkrut.

Terutama untuk masa depan Anda sendiri. Jjika Anda sudah mengetahui beberapa tanda kebangkrutan sejak dini, maka Anda bisa menyiapkan antisipasi lebih awal.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud