Tanamkan Rasa “Cemburu” Untuk Menciptakan Persaingan Kerja yang Lebih Kompetitif

persaingan kerja

Menamatkan pendidikan dengan nilai yang baik lalu memperoleh kelancaran saat memasuki dunia kerja tentu menjadi impian banyak orang. Dunia kerja yang menyenangkan membuat kita bisa meniti karir dengan baik. Sayangnya, dunia kerja dan kehidupan tidak berjalan semulus seperti apa yang kita impikan. Akan banyak masalah atau situasi sulit yang harus kita hadapi ketika berada di dunia kerja.

Rasanya sangat manusiawi bila kita merasa iri atau cemburu dengan rekan kerja yang berhasil mendapat pujian dari atasan, mendapat promosi jabatan atau memperoleh kenaikan gaji yang cukup signifikan. Namun tahukkan Anda, ternyata perasaan cemburu dan iri itu justru kita butuhkan lo ketika berada dalam sebuah persaingan kerja. Ingin tahu kenapa? berikut penjelasannya.

Menemukan Apa yang Menjadi Tujuan Pribadi

Banyak orang yang hanya menjalankan pekerjaan sebagai rutinitas setiap hari tanpa tahu hal apa yang sebenarnya menjadi passion dan tujuan hidupnya. Nah, dengan memiliki rasa iri dan cemburu terhadap keberhasilan orang lain, berarti setidaknya kita mulai menemukan hal apa yang kita inginkan. Dari hal inilah, kita mulai belajar untuk mengenali tujuan pribadi dan bisa mulai mengambil langkah yang tepat untuk mewujudkannya sesegera mungkin.

Mulai Memikirkan Masa Depan

Timbulnya rasa iri dan cemburu adalah tahap awal terhadap kesadaran kita akan kesuksesan yang didapatkan oleh orang lain. Atau dengan kata lain, kita mulai memikirkan masa depan kita dan ingin beberapa langkah lebih maju dibandingkan dengan orang lain. Hal ini harus menjadi suatu dorongan yang positif supaya kita bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam lingkup persaingan kerja yang sehat dengan rekan kerja lainnya.

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Jangan segan untuk berkomunikasi secara intensif dengan rekan kerja yang lebih sukses dari kita. Tujuannya bukan untuk menjilat atau memanfaatkan, namun justru untuk mempelajari cara-cara yang dilakukan agar bisa mencapai kesuksesan. Setelah mempelajari hal tersebut, maka lakukan hal yang lebih baik dari yang teman kita lakukan dan tentunya sesuaikan hal tersebut dengan kapasitas kemampuan kita.

Mendorong Kita Untuk Menciptakan Relasi Baru

Kita tidak bisa bekerja sendirian untuk mencapai kesuksesan. Karena kita juga membutuhkan bantuan dan saran dari orang lain agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, menjalin relasi baru dengan orang-orang yang baru kita kenal bisa menjadi peluang untuk membuka jalan kesuksesan di masa mendatang.

Mendorong Kita Untuk Melakukan Introspeksi Diri

Apakah kita sudah merasa melakukan pekerjaan semaksimal mungkin? Lantas mengapa malah rekan kerja kita yang memperoleh posisi atau kepercayaan yang lebih tinggi dari pada kita?

Pertanyaan seperti ini harus menjadi cerminan bagi diri kita untuk melakukan introspeksi diri. Karena apa yang menurut kita benar dan baik, belum tentu sama benarnya dan sama baiknya di mata orang lain. Tidak ada orang yang bisa sukses dengan bekal kesombongan dan kekerasan hati. Sebab semua orang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar dan melakukan introspeksi diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Setelah melakukan introspeksi diri, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah mulai mempelajari hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan pekerjaan akan membuat kita semakin aktif dan kreatif dalam menggagas dan mewujudkan ide-ide baru.

Jadi tidak ada salahnya bagi kita jika merasa cemburu dan iri dalam situasi persaingan kerja. Sikapi rasa cemburu dan iri tersebut sebagai motivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Persaingan kerja yang sehat dan aktif akan membuat kita dan rekan-rekan kerja lainnya menjadi lebih maju dan makin termotivasi.






Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud