Super Food Indonesia ~ Perjuangan Membangun Bisnis Kuliner Sehat Mulai dari Nol

Super Food Indonesia

Image dari Superfoodindonesia.com

Asupan makanan memang merupakan hal yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Maka bila asupan makanan yang dikonsumsi sehat, tubuh pun akan berpeluang untuk menjadi sehat. Dan sebaliknya bila asupan makanan yang dikonsumsi mengandung bahan-bahan yang tidak sehat dan tidak bergizi, tubuh pun bisa jadi akan mengalami kondisi yang kurang baik.

Dari sini bisnis bahan makanan sehat pastinya akan sangat potensial untuk dijalankan. Tidak hanya dalam bentuk makanan siap saji, #peluang usaha bahan mentah makanan pun juga ciamik. Apalagi saat ini tren hidup sehat sudah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat. Tren hidup sehat ini pada akhirnya akan membuat peluang bisnis bahan makanan sehat pun akan makin besar.

Artikel lain: Kraukk ~ Bisnis Kuliner Frozen Food Sehat yang Laris Manis di Dunia Maya

Salah satu usaha yang telah menjalankan bidang ini adalah Super Food Indonesia. Dengan menghadirkan bahan-bahan makanan sehat, Super Food Indonesia pun kini telah mencapai sukses. Lalu seperti apakah usaha bahan makanan Super Food Indonesia yang didirikan oleh Antonius ini? Berikut ulasannya.

Produk Super Food Indonesia

Produk bahan makanan sehat yang dihadirkan Super Food Indonesia sendiri bervariasi. Setidaknya ada sekitar 150 produk bahan makanan sehat yang ditawarkan oleh Super Food Indonesia. Di antara produk bahan makanan sehat tersebut tergolong dalam kategori biji-bijian, buah kering, kacang-kacangan dan herbal. Biji Chia sendiri merupakan salah satu produk andalan Super Food Indonesia.




Chia seed sendiri merupakan biji tanaman chia yang berwarna hitam dan putih kecil dan memiliki kandungan nutrisi paling lengkap. Salah satu nutrisi yang ada pada chia food adalah omega–3, omega–6, serta serat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh dan menjadi sumber energi.

Berawal Dari Penjualan Online

Super Food Indonesia sendiri didirikan oleh Antonius bersama rekannya pada awal tahun 2013 dengan modal awal Rp 10 juta. Super Food Indonesia sendiri pada awalnya membuka bisnisnya dengan penjualan melalui gerai daring (online) melalui alamat www.superfoodindonesia.com.  Peluang besar pada bisnis bahan makanan sehat ini sendiri didapat oleh Antonius setelah dirinya memiliki pengalaman menjadi distributor bahan makanan.

Menurut Antonius konsumen produk makanan sehat ini memang terus berkembang. Buktinya, konsumen yang diperoleh pun terus berkembang hingga pasarnya menyebar ke seluruh Indonesia. Pulau Jawa sendiri sampai sekarang masih menjadi pasar terbesar Super Food Indonesia.

Setelah beberapa tahun berjalan, Super Food Indonesia pun kini telah berkembang dari pemasaran online ke penjulan offline ritel (eceran). Pembeli produk Super Food Indonesia sendiri kebanyakan adalah ibu-ibu. Oleh ibu-ibu tadi, bahan makanan sehat dari Super Food Indonesia diolah menjadi produk siap santap atau menjadi campuran sajian tertentu.

Harus Banyak Belajar, Fokus dan Yakin

Untuk menajalankan bisnis ini hingga sukses, Antonius menyatakan bahwa dirinya harus belajar dari segala hal termasuk pengalaman yang telah dilakoninya. Maka tak ayal bila ia membutuhkan proses yang lama dalam menjadikan bisnis ini suskes.




Pengetahuan tentang bahan-bahan makanan sehat dan manfaatnya memang harus diketahui pengusaha dengan baik sebab akan banyak konsumen yang biasanya bertanya sebelum membeli bahan-bahan makanan Anda. Lebih lanjut Antonius menyatakan bahwa kiat sukses dalam bisnis ini adalah fokus dan yakin. Anda harus yakin bahwa Anda mampu menarik supplier besar, meski Anda harus memulainya dari pemasok eceran.

Baca juga: Baso Tahu Saboga, Bisnis Kuliner Raja Bakso Tahu Asal Bandung

Perhatikan Kualitas Produk dari Pemasok

Setelah Anda mampu menarik pemasok besar dari luar negeri maka Anda harus mampu memperhatikan kontrol kualitas terhadap produk. Mengapa? Sebab menurut pengalamannya bahan-bahan dari luar negeri ini bisa jadi kurang berkualitas hingga membuat kerusakan bahan dan tentunya kerugian lantaran barang itu tak bisa dikembalikan.

Maka pengusaha yang sudah berinteraksi dengan supplier luar negeri diharapkan oleh Antonius untuk menetapkan sederet persyaratan ketat dengan sebuah perjanjian tertentu yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Selain pengetatan persyaratan, hal lain yang juga tidak boleh dilupakan oleh pebisnis bahan makanan sehat adalah memperhatikan penyimpanan produk.

Jadi pengusaha memang harus selalu mengikuti prosedur penyimpanan seperti yang tertera dalam tiap produk.  Jika memang dinajurkan penyimpanan dalam keadaan dingin, maka Anda juga harus menyimpannya di lemari pendingin. Jangan lupakan juga pengemasan produk yang baik. Pastikan bahwa pengemasan produk bahan makanan Anda benar-benar rapat supaya barang tak berubah kualitas hingga sampai tangan konsumen.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud