5 Strategi Marketing Online Instagram Paling Update!

strategi marketing instagram

Zaman semakin modern, semua serba digital, bahkan tak dipungkiri bahwa bisnis online juga banyak yang telah berkembang. Jika Anda sedang menjalankan bisnis online, Anda harus mencoba berjualan via media sosial seperti Instagram.

Instagram adalah salah satu platform yang terkenal mampu membantu bisnis online, lho. Penasaran dengan strategi marketing online Instagram yang paling update? Scroll artikel ini sampai akhir, ya!

Kenapa Harus Pakai Instagram?

Bisnis online menggunakan Instagram itu sudah terbukti manjur membuat bisnis sukses, lho. Selain karena Instagram sudah banyak digunakan orang, Instagram juga menyediakan berbagai macam fitur menarik untuk mempermudah Anda sebagai penjual mempromosikan bisnis dan branding dengan lebih maksimal.

Maka dari itu, kini penggunaan Instagram disebut sebagai salah satu strategi marketing yang tak hanya mudah digunakan, tapi juga efisien. Apalagi di zaman era digital ini, pembeli lebih memilih untuk belanja online, ditambah pula rata-rata pengguna Instagram adalah millennial dan Gen Z yang senang belanja.

5 Strategi Marketing Online Instagram yang Paling Update

Sudah tahu Instagram dan manfaatnya untuk bisnis, tapi masih belum tahu cara mempromosikan bisnis online supaya jualan laris manis? Tenang, berikut ini ada 5 strategi yang bisa Anda pakai ketika menjalani bisnis lewat Instagram!

1. Pastikan Anda Punya Akun Instagram Bisnis

Strategi pertama yaitu pastikan Anda memiliki akun Instagram Bisnis atau Business Account. Tujuannya supaya calon pembeli lebih yakin untuk melihat-lihat produk Anda dan membelinya.

Mengapa?

Karena, terbukti bahwa akun Instagram dengan status “akun bisnis” akan lebih terlihat profesional. Tunjukkan pada calon pembeli bahwa Anda memang serius menjalankan bisnis online, ya!

2. Lengkapi Profil Bisnis

Melengkapi profil bisnis ini sangat penting. Anda bisa mulai dari menentukan nama brand, logo brand untuk dipasang sebagai foto profil akun, deskripsi singkat tentang bisnis Anda, kontak yang dapat dihubungi, serta alamat.

Jangan lupa juga untuk menggunakan username yang mudah diingat dan catchy, serta menyertakan CTA (call to action) atau kata-kata ajakan yang menarik. Misalnya, “Produk A lagi diskon 50%, beli sekarang!’

3. Menentukan Jenis Postingan dan Buatlah Post Anda Semenarik Mungkin

Berikutnya, pastikan Anda konsisten dalam upload foto dan video produk, ya. Tak hanya itu, Anda juga harus menentukan jenis postingan yang sesuai dengan target audience Anda.

Contohnya, Anda jualan produk baju wanita. Maka, cobalah untuk menyesuaikan produk yang Anda jual tersebut dengan target, hal ini bisa diterapkan dari warna postingan.

Coba untuk pakai warna yang lebih feminim berhubung target pasar Anda wanita. Buatlah calon pembeli Anda merasa nyaman ketika scroll postingan Anda dari awal hingga akhir.

Sertakan pula caption untuk setiap postingan yang menarik dan hashtag yang masih berkaitan dengan bisnis Anda agar postingan meningkatkan engagement dengan cepat.

4. Gunakan Fitur Instagram untuk Bantu Jualan Anda

Instagram punya segudang fitur yang sangat membantu operasional bisnis Anda, lho. Ada fitur Instagram Story, di sini Anda bisa posting konten yang menarik, sharing-sharing dengan customer supaya hubungan makin dekat. Siapa tahu calon customer Anda bisa jadi pelanggan setia, otomatis penjualan akan lebih cepat naik, bukan?

Lalu, ada fitur Instagram Live. Anda dapat menjalin kedekatan dengan customer hingga menawarkan produk dan promosi yang sedang berlangsung via Instagram Live. Faktanya, sudah banyak pembeli yang lebih senang belanja online via live shopping karena dianggap lebih mudah.

Selain itu, ada fitur Instagram Ads guna membantu Anda branding lebih maksimal menggunakan Instagram. Melalui Instagram Ads, Anda bisa pasang iklan di Instagram Story supaya brand dan produk Anda muncul di Instagram Story milik calon pembeli.

Ditambah pula, iklan Anda dapat muncul di feed Instagram. Ketika calon pembeli scroll dan ternyata iklan Anda cocok dengan apa yang mereka cari, pasti calon pembeli akan langsung klik akun Anda!

5. Kerja Sama dengan Iinfluencer Instagram

Sekarang, banyak influencer Instagram yang diajak kerja sama oleh pebisnis, terutama untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini dikarenakan influencer sudah punya followers, sehingga ketika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan seorang influencer dan ia mempromosikan produk Anda di Instagram mereka, kemungkinan besar followersnya pun mengikuti apa yang ia pakai.

Misalnya, Anda bekerja sama dengan influencer A untuk mempromosikan produk baru Anda. Apalagi, followersnya sudah lebih dari 5.000 orang. Selain meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda, Anda juga bisa mendapatkan calon customer baru. Jadi, peran influencer ini memang sangat penting, terutama dalam hal branding.

Nah, itulah 5 strategi marketing online Instagram yang dapat Anda ikuti sebagai pebisnis. Yang penting, selalu konsisten terhadap apa yang Anda post di Instagram, jalin hubungan dekat dengan customer, dan gunakan fitur Instagram, misalnya Instagram Ads untuk bantu promosikan produk! Tak lupa juga konsultasi dengan Ginee Ads agar iklan di Instagram semakin cuan!

Mau Jualan di Instagram Makin Lancar? Pakai Ginee Ads dari Ginee Omnichannel!

Ginee Omnichannel hadir dengan layanan Ginee Ads untuk membantu Anda manajemen iklan digital di berbagai platform online seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan Google, lho.

Dengan Ginee Ads, Anda bisa mengatur budget beriklan, menganalisis performa iklan secara real-time, dan bahkan mengatur strategi beriklan yang lebih baik lagi. Yuk, konsultasi dengan Ginee Ads sekarang, gratis!

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

Tinggalkan Balasan