Beranda Pemasaran 23 Situs Stok Foto dan Gambar Gratis Bebas Royalti

23 Situs Stok Foto dan Gambar Gratis Bebas Royalti

Situs Foto StokSitus stok foto & gambar gratis adalah surganya para blogger, desainer, pemasar internet, pengguna sosmed, dan para pecinta gratisan.

Bukan tanpa alasan.

Pasalnya, gambar dan foto bagus merupakan elemen penting dalam membuat artikel menarik dan berkualitas. Tanpa adanya gambar, sebuah artikel terasa ‘kurang sedap’ untuk dinikmati.

Kemudian timbul pertanyaan, di mana kita bisa mendownload gambar gratis berkualitas tinggi dan dapat digunakan untuk konten blog, sosmed, dan keperluan lainnya?

Nah, di postingan ini saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa situs download gambar gratis untuk blog. Di situs-situs ini kita bisa mendapatkan gambar keren beresolusi tinggi tanpa perlu khawatir hak ciptanya.

Pahami Istilah-Istilah Ini Sebelum Menggunakan Gambar Gratis

Istilah-istilah ini seringkali muncul setiap kali orang akan menggunakan gambar gratis. Jadi, pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan di setiap situs yang akan digunakan agar tahu kapan dan apa jenis atribusi yang diperlukan.

1. Creative Commons

Apa itu Creative Commons? Creative Commons adalah sebutan untuk organisasi nirlaba yang memungkinkan berbagi dan menggunakan suatu sumber daya melalui perangkat hukum gratis.

Ada beberapa jenis lisensi Creative Commons. Mulai dari izin penggunaan sumber daya tanpa atribusi, hingga izin penggunaan tertentu tanpa adanya perubahan.

2. Public Domain

Apa itu public domain? Dalam hal ini, public domain adalah karya yang hak ciptanya telah kedaluwarsa atau hangus.

Artinya, sumber daya atau karya dengan status public domain dapat digunakan dengan bebas. Tidak semua gambar yang ditemukan di internet ada dalam status public domain.

3. Royalty Free

Apa itu royalti free? Perhatikan, gambar dengan status bebas royalti belum tentu gratis.

Pada banyak kasus, gambar dengan royalty free biasanya harus dibayar satu kali untuk mendapatkan hak penggunaan.

Dalam hal ini, kata “free” pada “royalty free” berarti Anda tidak perlu membayar royalti pada pemilik gambar setiap kali memakainya.

Cukup sekali membayar. Selanjutnya, Anda bisa menggunakannya berkali-kali.

Daftar Situs Stok Foto dan Gambar Gratis

Saya akan membantu Anda mengevaluasi beberapa situs foto stok gratis. Untuk melihat hasil pencarian di setiap situs, saya menggunakan kata kunci yang sama, yaitu “kitten“.

1. Pixabay.com

Pixabay situs foto stok gratis

Semua gambar di Pixabay memiliki lisensi Creative Commons Zero (CC0). Artinya, kita boleh menggunakan gambar di sana tanpa meminta izin atau memberikan kredit ke pembuatnya.

Di situsnya, Pixabay mengingatkan penggunanya untuk memeriksa kembali bahwa konten yang ada dalam gambar tidak melanggar hak apa pun.

2. Pexels.com

Pexels Situs stok foto dan gambar

Pexels memiliki lisensi sendiri terhadap semua foto dan gambar yang ada di situsnya. Perhatikan keterangan pada setiap gambar di sana.

Anda bisa menggunakan dan memodifikasi gambar-gambar di Pexels secara gratis tanpa atribusi, baik untuk keperluan pribadi maupun komersial.

3. Unsplash.com

Unsplash

Unsplash.com memiliki lisensi sendiri atas semua foto dan gambar yang ada di situsnya. Anda bisa mengambil dan semua gambar di sana secara gratis untuk keperluan apapun, kecuali membuat situs pesaing yang mirip Unsplash.

4. Freeimages.com

Freeimages situs stok foto gratis-min

Freeimages.com juga memiliki lisensi atas semua foto dan gambar yang ada di situsnya. Dengan demikian, maka para pengguna situs ini dapat menggunakan gambar dan foto tersebut untuk berbagai keperluan.

5. Burst (By Shopify)

Burst by Shopify

Burst Merupakan platform stok foto gratis dari Shopify untuk para pebisnis. Semua gambar di situs ini gratis dan bebas royalti.

Burst memiliki kategori gambar khusus untuk bisnis yang dilengkapi dengan tips dan gambar yang beresolusi tinggi. Gambar-gambarnya sangat cocok untuk memulai bisnis.

6. Stocksnap.io

Stocksnap

Stocksnap memiliki lisensi Creative Commons CC0 untuk semua foto dan gambar di situsnya. Artinya, semua foto dan gambar bebas untuk diunduh, diedit, dan digunakan untuk keperluan apapun, baik non-komersil maupun komersil.

7. Kaboompics

kaboompics

Kaboompics mmemiliki lisensi sendiri atas semua foto dan gambar di situsnya. Mirip seperti Creative Commons Zero, tapi Anda tidak boleh mendistribusikan ulang fotonya.

Ada dua hal unik dan menarik dari Kaboompics, yaitu; kita bisa mencari gambar berdasarkan warna, dan terdapat palet warna pelengkap di foto.

8. Canva.com

Sebagian besar orang tahu bahwa Canva merupakan alat desain grafis online. Ternyata situs ini juga menawarkan foto stok gratis lho.

Salah satu kelebihan menggunakan Canva adalah, kita bisa dapat mengubah sebuah gambar menjadi grafik khusus untuk digunakan di media sosial atau blog.

9. NegativeSpace.co

NegativeSpace memiliki lisensi Creative Commons CC0 untuk semua gambar dan foto di situsnya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dengan bebas untuk keperluan apapun.

Di situs ini, Anda bisa mencari gambar dari berbagai kategori. Mulai dari arsitektur, hewan, rumah, hingga teknologi.

Uniknya, situs ini selalu ada foto stok baru setiap minggunya sehingga pengguna tidak akan kehabisan gambar untuk ide kontennya.

10. Gratisography

Gratisography juga memiliki lisensi foto gratisnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan foto dan gambar di situs ini untuk keperluan apa pun.

Sayangnya, jumlah gambar di situs ini agak terbatas. Namun, Anda tetap bisa menemukan banyak gambar berkualitas tinggi di situs ini.

11. Flickr

Flickr

Flickr adalah platform hosting gambar di mana kita bisa menemukan berbagai foto dan gambar yang dapat dimodifikasi untuk keperluan komersial.

Pilih “Commercial use & mods allowed” pada bagian “Any license” untuk menemukan berbagai gambar yang dapat digunakan dan dimodifikasi untuk berbagai keperluan.

Pastikan Anda memeriksa lisensi setiap gambar di Flickr yang akan digunakan karena tidak semua gambar bebas digunakan dan dimodifikasi.

12. ShotStash.com

Shotstash

ShotStash memiliki lisensi Royalti-free CC0 untuk berbagai foto yang ada di situs mereka. Di situs ini Anda juga bisa menemukan berbagai jenis foto baru di bawah lisensi komersial dan pribadi secara gratis.

13. GettyImages.com

GettyImages merupakan platform stok foto yang sangat populer. Namun, Anda tidak bisa secara bebas menggunakan foto dan gambar dari situs ini.

Anda dapat menggunakan gambar dari Getty Images di situs web non-komersial secara gratis dengan cara menyematkannya. Jadi dalam penggunaannya, gambar tidak boleh diunduh dan mengunggah ke situs web Anda.

Dengan menyematkan gambar maka akan terdapat bingkai, tombol berbagi, dan pencitraan merek Getty Images. Ini sebenarnya mengganggu, tapi ada saja blog yang tetap menggunakan gambar mereka.

14. Crello.com

Crello

Crello merupakan alat desain grafis gratis yang mirip seperti Canva. Selain untuk desain grafis, Crello juga memiliki banyak gambar gratis yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

15. Depositphotos.com

Depositphotos

Depositphotos menawarkan berbagai contoh gambar, vektor, konten editorial, dan footage gratis, yang diperbarui setiap minggu.

Anda juga dapat mendaftarkan akun untuk mendapatkan file stok gratis setiap minggu.

16. FoodiesFeed.com

FoodiesFeed

FoodiesFeed merupakan situs stok foto dan gambar gratis yang fokus pada foto-foto makanan. Situs ini sangat cocok untuk digunakan oleh food blogger atau pebisnis makanan.

Semua gambar di FoodiesFeed memiliki lisensi Creative Commons Zero (CC0). Artinya, Anda bebas menggunakan foto-fotonya tanpa harus memberikan kredit atau atribusi fotografernya.

17. Styledstock.co

StyledStock

Styledstock adalah platform stok foto gratis bertema feminim yang sangat cocok digunakan oleh blogger atau pengusaha.

Foto dan gambar di situs ini dapat digunakan untuk keperluan pribadi dan komersial. Namun, hak cipta gambarnya tetap menjadi milik fotografer.

Anda dapat mengedit dan menggunakan foto dari situs ini tanpa harus memberikan kredit. Namun, memberikan atribusi atau link ke situs styledstock.co akan sangat dihargai oleh mereka.

18. Isorepublic.com

ISORepublic

Isorepublic merupakan situs download gambar dan foto gratis dengan kualitas tinggi. Foto dan gambar di situs ini sering digunakan oleh para desainer, blogger, marketer, web developer, dan berbagi profesi lainnya.

Jika ingin memiliki akses ke stok foto gratis yang lebih ekslusif, maka Anda harus mendaftar. ISO Republic akan mengirimkan foto dan gambar berkualitas tinggi langsung ke email Anda.

19. Freerangestock.com

Freerangestock

Freerangestock memiliki lisensi Creative Commons Zero (CC0) untuk setiap foto dan gambar mereka. Foto dan gambar di situs ini berasal dari fotografer internal dan kontribusi dari komunitas fotografer dari luar.

Anda dapat menggunakan dan mengedit foto dari Freerangestock secara gratis untuk berbagai tujuan tanpa harus memberikan kredit kepada fotogragernya.

Namun, Anda tidak diperbolehkan untuk menjual atau mendistribusikan ulang foto dan gambar dari situs ini.

20. Stokpic.com

Stokpic merupakan situs stok foto gratis yang diluncurkan oleh seorang fotografer bernama Ed Gregory. Situs ini memberikan lisensi Creative Commons Zero (CC0) untuk semua foto dan gambar di websitenya.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk berbagai keperluan. Misalnya sebagai gambar postingan blog, gambar marketing, sosial media, dan keperluan lainnya.

21. Pikwizard.com

Pikwizard

Pikwizard merupakan pemain baru di ceruk stok foto dan gambar gratis. Saat ini ada sangat banyak gambar berkualitas tinggi yang bisa kita temukan di situs ini.

Salah satu fitur unik dari Pikwizard adalah gambar-gambar manusia dengan kualitas pixel tinggi yang tidak ada di situs stok foto lainnya.

Selain gratis, Anda bisa menggunakan foto dan gambar dari situs ini untuk berbagai keperluan tanpa perlu memberikan atribusi.

22. PicJumbo.com

Picjumbo menawarkan berbagai foto dan gambar gratis untuk berbagai keperluan. Anda tidak perlu mendaftar, cukup buka websitenya dan lakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Anda bisa langsung mendapatkan gambar gratis terbaru dengan berlangganan buletin mereka. Namun jika memiliki budget, Anda juga bisa membeli foto premium mereka.

23. Morguefile.com

Ketika membaca kata Morgue, mungkin Anda berpikir ini situs tempat gambar-gambar orang mati atau kamar mayat. Ternyata tidak.

Terlepas dari namanya, Morguefile.com merupakan salah satu situs terbaik untuk mencari foto dan gambar gratis.

Kesimpulan

Ada banyak sumber daya gratis yang bisa kita manfaatkan dalam mencari foto atau gambar untuk konten blog, sosial media, dan keperluan lainnya.

Beberapa situs stok foto dan gambar gratis di atas hanya sebagian dari sekian banyak sumber daya yang ada di internet. Dan tentu saja Anda hanya perlu beberapa situs saja untuk menemukan gambar terbaik untuk mendukung konten Anda.

Nah, sekarang Anda bisa mengunduh foto dan gambar gratis tanpa merasa khawatir tentang pelanggaran hak cipta. Mudah-mudahan referensi di atas dapat menambah keunikan konten Anda dengan foto dan gambar berkualitas.

Apakah ada situs gambar gratis yang saya lewatkan? Mohon berikan masukan atau referensi lainnya di kolom komentar untuk menambah daftarnya.

Tinggalkan Balasan