Situs Photo Sharing Terpopuler Yang Cocok Untuk Photographers

Situs-Photo-Sharing-Terpopuler-1Pernahkah Anda menggunakan fasilitas dari situs photo sharing? Di sana kita dapat menyimpan foto secara online sambil berbagi dengan orang lain. Tentu ini adalah media yang sangat bagus, terutama bagi Anda seorang fotografer.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini banyak pecinta seni #fotografi memanfaatkan situs sharing foto untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk membagikan foto lebih mudah dengan fitur share yang tersedia langsung didalamnya. Selain itu, situs sharing foto juga berfungsi sebagai alat penyimpan file foto sehingga ketika file asli pada media penyimpanan perangkat keras Anda bermasalah, Anda masih memilikinya.

 Memilih Situs Sharing Foto

Saat ini Anda bisa memilih situs sharing mana yang cocok dengan Anda. Mungkin pilihan tepat adalah situs sharing foto yang sudah populer serta memiliki banyak fitur dan mudah diakses. Ini adalah media sosial yang sangat tepat untuk membagikan karya-karya fotografi Anda yang luar biasa.

Disini Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan karya menarik, sekaligus juga menginspirasi kepada pengguna lainnya. Berikut ini adalah beberapa situs photo sharing yang dapat Anda gunakan secara gratis:

Artikel lain: Fotografi ~ Hobi yang bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan

 1. Flickr (www.flickr.com)

Flickr dikenal dengan logo huruf Flickr berwarna biru dan merah muda. Flickr merupakan  sebuah situs web untuk berbagi foto dan juga termasuk sebagai situs komunitas dalam jaringan. Saat ini Flickr dimiliki oleh Yahoo.Inc dan sudah terintegrasi dengan layanan Yahoo! Mail. Ada banyak fitur yang dapat Anda temukan dalam Flickr. Utamanya adalah Anda dapat membuat akun secara gratis, kemudian tersedia tempat penyimpanan foto untuk dapat diakses umum maupun pribadi.

Ya, Anda sebagai pengguna dapat menentukan siapa saja yang boleh mengakses foto yang Anda unggah tersebut. Dan yang terpenting adalah fitur share atau bagikan secara langsung ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, E-mail, Pinterest dan Thumblr. Anda juga bisa mendapatkan kode-kode Link foto, HTML dan BBCode untuk kepentingan posting foto ke web sendiri, blog maupun forum. Bahkan tersedia pula fitur-fitur tambahan lain yang tersedia.

2. Photobucket (photobucket.com)

Situs sharing foto populer selanjutnya adalah Photobucket yang juga banyak digunakan oleh pecinta seni fotografi. Photobucket merupakan salah situs web untuk Layanan hosting gambar dan hosting video serta memiliki berbagi fitur penggunaan foto. Wikipedia menuliskan bahwa Photobuckettelah menampung lebih dari 10 miliar gambar yang diunggah darisekitar 100 juta anggota terdaftar. Sebuah angka yang fantastis.

Hampir sama seperti Flickr, Photobucket banyak digunakan untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Foto yang telah diunggah pada Photobucket, dapat Anda gunakan untuk keperluan posting di forum internet, embedding di blog, dan distribusi kejejaring sosial. Pada setiap foto Anda akan menemukan berbagai kode-kode berguna seperti HTML, IMG dan Direct.

3. ImageShack (imageshack.com)

Benarkah hanya Photobucket dan Flickr saja yang populer? Masih ada ImageShack yang juga merupakan situs hosting gambar gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Sama seperti situs sharing lainnya, dalam ImageShack Anda dapat mengunggah foto dengan berbagai ekstensi mulai dari JPG, GIF, PNG, TIFF maupun BMP dibawah 5 MB.

Uniknya ImageShack memiliki fitur informasi bernama Camera Settings. Disini Anda bisa melihat berbagai informasi jenis kamera dan pengaturan teknis dari sebuah gambar. Untuk fitur bagikan atau Share tersedia untuk Facebook, Twitter, Pinterest, dan Email. Anda juga tetap bisa mendapatkan kode-kode foto seperti Direct, HTML dan lain-lain untuk memposting foto ke website maupun forum lainnya.




4. Pinterest (www.pinterest.com)

Pinterest sebenarnya memiliki fungsi sama seperti ketiga situs sharing diatas, dimana kita dapat melakukan post foto atau gambar. Hanya saja dalam Pinterest setiap foto yang kita unggah dapat dimasukkan kedalam berbagai kategori-kategori yang cukup banyak.

Selain itu pengguna Pinterest juga dapat mem-follow pemilik akun lain dan juga melakukan re-pin seperti halnya melakukan retweet pada jejaring sosial Twitter. Fitur-fitur share juga dapat ditemukan, terutama share untuk Facebook. Sedangkan untuk share lain adalah melalui fitur Send untuk Google+, Gmail dan Yahoo.

5. SmugMug (www.smugmug.com)

Dari tampilan situsnya, SmugMug memang sangat menarik dan bisa dibilang sebagai situs sharing terbaik. Anda sebagai pengguna diperbolehkan untuk meng-upload foto serta video HD ke SmugMug. Hanya saja situs ini masih berbayar sehingga membuatnya terbatas tidak bisa digunakan lebih bebas.

Baca juga: Sosok 3 serangkai di balik kesuksesan YouTube

Yang unik dari SmugMud adalah ternyata situs ini menawarkan toolset yang memfasilitasi penjualan media digital dan cetak untuk fotografer amatir serta profesional. Jadi Anda membayar, namun dapat juga menghasilkan uang dari situs sharing foto ini.




7 total comments on this postSubmit yours
  1. Thanks untuk listnya, sangat bermanfaat tentunya.
    kayaknya saya cuma baru pake 2 deh, flickr dan pinterest saja.

    • Sampai saat ini saya baru pakai Pinterest saja, dulu pernah pakai Flicker tapi rasanya kurang asik.

  2. wahhh makasih ……

  3. bermanfaat sekali mas untuk para photograf diluaran sana :)

  4. terima kasih informasinya nih, meskipun saya bukan seorang fotografer, tapi saya bisa melihat-lihat foto-foto hasil para fotografer. hehehe

  5. wah mantap nih untuk yang fotografer. ini sih bisa membuat fotografer menjadi kebgian rezeki

  6. saya lebih sering memakai photobucket untuk mengambil link gambarnya.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud