10 Situs Edukasi Keuangan & Investasi untuk Memperbaiki Kondisi Finansial

Situs Edukasi Keuangan

Saat ini ada banyak orang yang mencari situs edukasi keuangan dan investasi untuk mendapatkan informasi tentang cara mengelola finansial di masa-masa sulit seperti sekarang.

Sebenarnya mendapatkan informasi tentang finansial sangat mudah dilakukan sekarang ini. Teknologi internet dan mesin pencari Google dapat menunjukkannya dalam waktu singkat.

Namun, tantangan sebenarnya ada pada proses memilah dan memilih sumber informasi terpercaya yang layak dijadikan rujukan.

Anda pasti pernah mendengar kasus kerugian investasi bodong yang nilainya hingga ratusan milyar.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebab utamanya adalah karena para investor tidak mendapatkan informasi yang benar mengenai investasi tersebut.

Jadi, keputusan yang tepat berawal dari mendapatkan informasi yang benar.

Situs Edukasi Keuangan dan Investasi di Indonesia

Di artikel ini saya akan memberikan rekomendasi beberapa situs edukasi keuangan terbaik dan investasi reksadana yang bisa dijadikan acuan dalam mengelola keuangan Anda.

1. Indopremier.com

Situs Edukasi Keuangan Indopremier

Situs Indopremier.com merupakan pilihan pertama yang saya rekomendasikan bila Anda ingin mencari informasi seputar keuangan dan investasi.

Di Indopremier ada panduan atau edukasi keuangan yang sangat membantu bagi para penggunanya dalam perencanaan keuangan. Selain itu, kita juga bisa membuka rekening untuk investasi reksadana melalui situs ini.

Apakah Indopremier.com pernah terindikasi terlibat penipuan? Sejauh ini, belum pernah ada berita yang menyebutkan bahwa situs ini terlibat dengan investasi bodong atau penipuan.

Sebagai informasi tambahan, Indopremier merupakan bagian dari perusahaan efek PT Indo Premier Sekuritas dan salah satu pelaku pasar modal di Indonesia.

Indopremier juga telah memiliki izin dan bisa dicek langsung ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Investree.id

Situs Edukasi Keuangan Investree

Bagi Anda yang belum tahu, Investree.id adalah sebuah platform marketplace fintech P2P lending yang menghubungkan antara pihak yang mengajukan pinjaman dengan pihak pemberi pinjaman.

Situs banyak digunakan oleh bisnis UKM untuk mendapatkan pinjaman dan sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang ingin mengelola dan menumbuhkan keuangannya.

Di situs ini, investor dapat menempatkan dana mereka untuk dipinjamkan kepada pebisnis UKM. Return yang ditawarkan kepada invester tersebut berkisar antara 18% sampai 20% per tahun.

3. Bareksa.com

Situs Edukasi Keuangan Bareksa

Bareksa adalah portal marketplace reksadana yang memperjual-belikan produk investasi reksadana secara online dari berbagai perusahaan manajer investasi.

Selain itu, situs ini juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksadana, saham, obligasi, dan produk investasi lainnya.

Salah satu kelebihan Bareksa adalah kemampuannya dalam memberikan data dan analisis yang lengkap terhadap produk investasi. Ditambah lagi, situs ini menyajikan informasi keuangan terbaru secara komprehensif.

4. Reksadana-Manulife.com

Situs reksadana-manulife.com adalah situs resmi PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), yaitu perusahaan jasa keuangan di bidang investasi.

Kita bisa melakukan pembelian reksadana secara online dengan syarat yang mudah dan minimum investasi kecil. Saat ini, MAMI memiliki 22 produk reksadana yang terdiri dari reksadana saham, pendapatan tetap, campuran, dan pasar uang.

Perlu diketahui bahwa MAMI merupakan manajer investi, yaitu pihak yang membuat dan mengelola reksadana. Jadi, para nasabah membeli langsung kepada pihak yang mengatur reksadana.

5. Akseleran.co.id

Akseleran adalah platform fintech crowdfunding Peer-to-Peer Lending (P2P lending) di Indonesia yang menghubungkan bisnis UKM yang membutuhkan pinjaman dana dengan para pemberi pinjaman.

Akseleran banyak digunakan oleh pelaku bisnis UKM di seluruh Indonesia yang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya. Dana pinjaman tersebut didapatkan dari para investor yang ingin mengembangkan uangnya.

Menurut keterangan di websitenya, Akseleran dapat memberikan imbal hasil kepada pemberi pinjaman dengan nilai rata-rata 18% hingga 21% per tahun.

6. CekAja.com

CekAja.com merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk membandingkan produk-produk keuangan. Proses membandingkan produk keuangan dapat dilakukan dengan mudah secara online.

Selain itu, situs ini juga banyak berisi artikel tentang perencanaan keuangan yang dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada pembacanya.

Fitur yang berbeda dari situs ini ada pada informasi mengenai asuransi, baik itu asuransi umum maupun asuransi jiwa. Jadi, kita bisa membandingkan produk asuransi dari berbagai provider dan mengajukan asuransi melalui situs ini.

Perlu dicatat, CekAja hanya berperan sebagai media perantara saja. Jadi, data dan pengajuan dari calon nasabah akan diteruskan kepada pihak Bank atau perusahaan asuransi.

7. KoinWorks.com

KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani investasi online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif

KoinWorks dapat menghubungkan investor dengan peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir.

Dengan platform ini, investor dapat melakukan investasi mulai dari Rp 100.000. Platform ini menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan bunga yang rendah.

8. Cermati.com

Cermati.com merupakan salah satu situs edukasi keuangan yang dapat digunakan untuk membandingkan berbagai jenis pinjaman dari berbagai lembaga keuangan.

Jadi dengan bantuan Cermati, kita bisa memilih pinjaman yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya pinjaman dengan bunga paling kecil atau syaranya yang paling mudah.

Di situs ini kita bisa mendapatkan berbagai informasi tentang perencanaan keuangan dan juga produk terkait.

Para peminjam dana dapat mengajukan pinjaman melalui Cermati, namun keputusan kredit dan data peminjam menjadi keputusan pihak lembaga keuangan atau Bank.

9. OJK.go.id

Situs OJK.go.id adalah website resmi Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia. Seperti kita ketahui, OJK merupakan lembaga pengawas seluruh kegiatan sektor jasa keuangan di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi, sebaiknya memeriksa perusahaan penyelenggara investasi apakah terdaftar dalam website OJK.

Hal ini bertujuan agar meminimalisir kemungkinan terjerat investasi bodong seperti yang telah banyak terjadi di Indonesia.

Di website OJK.go.id juga tertera daftar nomor telepon yang bisa dihubungi oleh masyarakat untuk mendafatkan informasi atau pengaduan terkait produk keuangan.

10. InvestBro.id

Situs Edukasi Keuangan

Do you event invest, bro? Apakah kamu berinvestasi, bro? Pertanyaan ini muncul ketika kita membuka websitenya.

Investbro.id merupakan salah satu situs edukasi keuangan yang saya rekomendasikan, terutama buat Anda yang ingin berinvestasi di saham.

Utamanya situs Investbro.id ini lebih fokus pada informasi mengenai investasi. Beberapa jenis investasi yang bisa kita baca informasinya di situs ini, seperti; saham, emas, kriptokurensi, properti, reksadana, dan obligasi.

Di situs ini juga Anda bisa menemukan artikel informasi tentang asuransi, pendidikan, dan dana pensiun. Informasi di dalamnya sangat cocok untuk pemula.

Selain itu, investbro.id juga menyediakan tools, yaitu kalkulator. Dengan tools ini, Anda bisa menghitung anggaran pribadi, biaya nikah, bunga majemuk, kekayaan bersih, bahkan simulasi KPR.

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Investasi Bodong

Kesimpulan

Seperti disebutkan di atas, pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan baik dan menguntungkan apabila kita mengakses informasi yang benar dan terpercaya.

Di atas tadi telah disebutkan beberapa situs edukasi keuangan dan investasi yang bisa Anda gunakan sebagai referensi atau rujukan dalam mengelola keuangan.

Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan lebih baik dan lebih aman.

M Majid

Mochamad Majid adalah content writer sekaligus editor di Maxmanroe.com. Menyukai dunia digital media dan fotografi.

Satu pemikiran pada “10 Situs Edukasi Keuangan & Investasi untuk Memperbaiki Kondisi Finansial”

Tinggalkan Balasan

) -->