Sikap Yang Seharusnya Dimiliki Oleh Seorang Blogger Newbie

blogger newbie

Image dari Turner.com

Dunia #bisnis online memang menawarkan pendapatan yang sangat besar. Mulai dari toko online, bisnis afiliasi sampai dengan menjadi blogger, adalah beberapa peluang yang bisa dimaksimalkan untuk mengeruk pundi-pundi uang. Peluang bisnis online tersebut begitu menarik hingga berbondong-bondong orang turut menekuninya. Bukan saja toko online, menjadi seorang blogger pun sangat banyak peminatnya.

Kali ini, kita akan lebih membicarakan tentang menjadi seorang #blogger, terutama untuk para newbie, sebutan yang sering disematkan untuk blogger pemula. Menjadi seorang blogger sukses itu bukanlah perkara yang mudah, ada banyak sekali yang harus diperhatikan.

Tidak mudah memang untuk mencapai kesuksesan, tapi bukan juga sesuatu yang tidak bisa dicapai. Untuk Anda para blogger pemula, di bawah ini adalah beberapa sikap mental yang harus Anda pegang agar memudahkan membuka jalan kesuksesan Anda dalam dunia blogging.

1. Fokus dan Serius Pada Materi

Menurut pengalaman saya sendiri dalam membangun sebuah blog, yang paling sulit adalah bagaimana kita fokus dan serius pada materi blog itu sendiri. Contoh kasus misalnya, kita membangun blog dengan tema tertentu.

Namun pada perjalanannya, kita kemudian melihat ada blog lain dengan tema lain yang lebih sukses dari pada blog kita, kemudian kita pun tergoda untuk membuat blog dengan tema tersebut. Nah, sering sekali demikian, jadi setiap kali ada blog lain yang sukses kita selalu tergoda untuk membuat blog baru padahal blog lama belum dimaksimalkan.




Artikel lain: Waspadai FoMO, Blogger juga Bisa Terjangkit Penyakit Berbahaya Ini!

Perlu Anda sadari bahwa sebenarnya ini sangat menghabiskan waktu dan energi Anda sendiri. Saran saya, buatlah satu blog dulu dan fokus di situ, kemudian maksimalkan semuanya, kemudian lihat perkembangannya.

2. Jangan Mudah Menyerah

Jangan mudah menyerah! Yup, apapun yang Anda kerjakan, jangan pernah menyerah begitu saja pada kegagalan. Karena bagaimanapun juga kegagalan bukan akhir segalanya, tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga untuk menentukan langkah selanjutnya.

Kadang yang sering terjadi pada pemula adalah, membangun blog baru satu atau dua bulan dan tidak berhasil, mereka banyak yang menyerah. Padahal orang lain butuh bertahun-tahun untuk mencapai kesuksesan dalam dunia #blogging.

3. Perbanyak Informasi Dari Berbagai Sumber

Ini sangat Anda butuhkan, mungkin beberapa tahun yang lalu, mencari informasi terkait dunia blogging cukup sulit. Namun untuk saat ini, saya rasa lebih banyak senior perbloggingan yang bersedia berbagi pengalamannya untuk para pemula. Mulai dari grup #Facebook sampai forum-forum seperti Ads-id, sangat membantu bagi para pemula untuk belajar lebih banyak dunia blog.




Bukan saja pada forum atau grup Facebook, namun Anda bisa mencari informasi dari berbagai blog, salah satunya yang paling lengkap seperti Maxmanroe.com ini. Intinya adalah perbanyak informasi Anda dari berbagai sumber dan referensi untuk menambah ilmu Anda.

4. Jalin Komunikasi Dengan Para Blogger Senior

Selanjutnya adalah, perbanyak relasi dan berkomunikasi dengan para blogger senior. Jalinlah interaksi dengan mereka, namun demikian Anda juga perlu menjaga sikap bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan para senior ini. Jangan sampai konsultasi Anda pada mereka justru menganggu pekerjaan mereka, karena tentu mereka juga memiliki rutinitas dan kesibukan yang padat. Anda harus tahu waktu kapan harus bertanya dan kapan tidak bertanya, jangan asal bertanya tanpa melihat situasi dan kondisi.

Baca juga: Inilah 5 Tahapan Blogger Menghasilkan Uang dari Kegiatan Blogging-nya

5. Selalu Berhati-hati Dalam Melangkah

Dan yang terakhir ini sangat penting sekali, karena bagaimanapun juga Anda harus selalu berhati-hati dalam melangkah di dunia bisnis online. Resiko penipuan dengan iming-iming menghasilkan uang besar dalam waktu singkat sangat tinggi.

Terutama yang sering menjadi korban adalah para pemula yang belum banyak pengalaman. Banyak modus yang dijalanakan. Intinya Anda harus berhati-hati, banyak-banyaklah bertanya pada orang yang sudah berpengalaman. Dan, jangan mudah tergiur dengan iming-iming bombastis dari siapa saja.

So, jangan pernah minder menjadi seorang pemula, selama Anda menjalaninya dengan enjoy dan tetap pada proses yang benar, maka proses itu akan membawa Anda dengan sendirinya menuju kepada kesuksesan dalam dunia blogging.



16 total comments on this postSubmit yours
  1. Bang artikelnya membantu, dan membangun buat pribadi yang baik. Semoga saya bisa seperti kawan-kawan yang lainnya.

  2. yang penting konsisten dan bener2 fokus

    kalo komunikasi dari blog senior, susah banget, mereka rata2 enggak open mind

  3. Keren infonya,
    By the way, poin ke5 di atas nggak ada om, dari 4 langsung ke 6. Semoga koreksi saya membantu :)

    • oh iy, trimakasih koreksinya

  4. Terima kasih gan atas artikelnya….berkaitan dengan poin (1) fokus pada materi…saya sudah coba untuk fokus akan tetapi di tengah jalan kehabisan ide….kira2 apa yang harus saya lakukan???

    soalnya jika melihat sumber2 ke blog lain dengan tema yang sama, nanti dikira plagiat….mohon pencerahan….

    • memang serin kita mengalami hal itu (kehabisan ide) tapi jangan menyerah, jika memang itu terjadi, maka saran saya tetap cari informasi mengenai tema yang agan bahas di blog, baca sebanyak-banyaknya, pengalaman saya, ketika kita banyak membaca, maka akan muncul ide yang berbeda, mungkin bahasan sudah banyak yag diangkat, tapi yang mengulas secara lebih dalam biasanya masih jarang,

      semoga membantu

  5. Pas banget, kebetulan sekali newbie. jadi info seperti ini sangatlah membantu..
    terima kasih :)

  6. saya blogging ngga tau bisa ngehasilin uang om, yg penting curhat aja deh as a diary xixi, eh iseng daftar GA, trus nongol deh earning di dash b, seting ad display but iklannya ngga nongol…ngga tau deh, belum daftar ulang kali?

  7. menjadi blogger memang memerlukan tenaga serta pemikiran. membuat blog itu mudah, namun mengelola itu yang menjadi tugas seorang blogger, entah menggunakan platform apapun. Maka niat yang lurus untuk memberikan kemanfaatan kepada sesama, adalah visi dan misi utama menjadi seorang blogger. Terlebih bisa mendapatkan materi untuk kemashlahatan. Itu menurut saya mas, hehe.

    salam kenal

    • salam kenal juga

  8. Terima kasih bagi admin yg sdh men-sharekan kepada kami para newbie, sering saya merasa putus asa karena merasa apa yg sdh dikerjakan tdk berhasil. Mohon masukan agar lbh baik lagi memperbaiki blog saya, terima kasih.

    • jangan menyerah, terus belajar dan berjuang mas

  9. terimakasih untuk artikel nya bang admin..
    saya mau tanya nih
    saya kan punya blog ni bang tapi berjalan lambat karna saya juga suka kesulitan dalam menulis artikel yang bagus, yang mau saya tanyakan apakah menulis artikel harus seserius itu sampe saya juga pusing harus menulis apa…
    sebelum nya terimakasih bang. mohon saran nya

    • ya harus serius mas hasbi, masak mau memberi informasi pada orang tidak serius, memang konsistensi sering menjadi kendala utama pada blogger newbie seperti kita, tapi sebenarnya kalau kita membahas sesuatu yang sudah menjadi passion kita, maka itu akan bisa menjaga ketertarikan kita dalam menulis tetap konsisten

  10. untuk poin nomor 1
    Sebagai blogger pemula sebaiknya membuat blog yang satu tema atau gado gado ya?
    karena sebagai pemula kadang kalau fokus di satu tema yang spesifik suka mudah bosan dan bingung mau nulis apa lagi

    pengalaman pribadi sih begitu :D

    • kalau menurut pengalaman saya sih mending fokus pada satu tema aja dulu mas Alwib, baru kalau sudah berhasil bisa menambah pada yang lain. Memang bosan sering menjadi masalah mas Alwib, tapi kalau menuruti bosan, ya kapan bisa sukses..??

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud