Setelah 50 Tahun “Terkubur”, Inilah Musik Pertama Di Dunia yang Diproduksi Menggunakan Teknologi Komputer Jadul

alan-turing

Image dari Classicfm.com

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang salah satu profil tokoh dunia yang berperan dalam perkembangan teknologi utamanya terciptanya komputer dan kode pemrograman yakni Alan Turing. Pria yang merupakan warga negara Amerika ini memang dikenal sebagai sosok yang sangat kontroversial di balik pemikiran brilian dan juga temuan teknologinya yang fenomenal.

Dan belum lama ini terungkap bahwa, ternyata tidak hanya menciptakan komputer, Alan Turing juga merupakan komposer musik pertama di dunia yang menggunakan teknologi komputer. Ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas of Canterbury, Christchurch, New ZeAland, musik ini dibuat oleh Turing menggunakan #komputer raksasa yang ia ciptakan pada tahun 1951.

Karya yang Terlupakan

Nama Alan Turing memang sangat erat kaitanya dengan perkembangan teknologi komputer dunia sejak awal diciptakannya bahkan hingga masa perang dunia ke-2, ketika pria ini berhasil memecahkan kode supersolid Enigma milik pasukan Nazi Jerman. Dari situlah, tidak banyak diketahui bahwa Turing juga pernah mengkomposisi sebuah musik menggunakan komputer ciptaannya yang pada waktu itu masih berukuran super jumbo.

Disampaikan oleh peneliti Jack Copeland yang juga seorang komposer musik, menyatakan bahwa penemuan ini pertama kali terungkap ketika dirinya mendengarkan sebuah musik dari perangkat audio compaq yang ada di British Library’s Sound Archive. Pada waktu itu ia menyadari ada yang salah dari musik tersebut, musik ini terdengar sedikit terganggu serta memiliki kunci yang tidak pas.

Artikel lain: Alan Turing ~ Bapak Ilmu Komputer yang Memecahkan Kode Enigma

Ketika ditelusuri, ternyata musik ini merupakan melodi yang dibuat oleh tim dari BBC broadcast menggunakan komputer raksasa milik Turing di tahun 1951. Dari situlah ia bersama sang rekan, Jason Long mengadakan penelitian dan analisa untuk menemukan musik original yang ditengarai merupakan hasil dari tangan dingin Alan Turing tersebut.

Proses Pengembalian Musik Original

Hal pertama yang dilakukan oleh Copeland dan Long untuk mengembalikan musik original ini adalah dengan menentukan frekuensi yang bisa dihasilkan dari komputer lawas milik Turing. Masalahnya adalah, komputer jadul ini sudah dibongkar beberapa tahun lalu. Dari situlah mereka hanya bisa mencoba untuk menganalisa frekuensi yang bisa dihasilkan dan digabungkan menjadi frekuensi yang lebih tepat.

Yang mereka temukan adalah, ternyata ada beberapa frekuensi yang tidak mungkin diciptakan oleh #teknologi komputer awal milik Turing. Mereka menduga, telah ada editing dari musik tersebut dengan cara memperlambat frekuensi, yang kemungkinan disebabkan oleh perangkat portable disk cutter nilai BBC.

Untuk memperbaiki kesalahan ini, para peneliti kemudian mengembangkan sebuah program komputer yang dapat menganalisa rekaman serta mengembalikan rekaman tersebut pada kecepatan yang sesungguhnya. Ketika mereka sudah mendapatkan kecepatan yang tepat, maka program bisa menampilkan musik original yang pertama kali dibuat.

Hasilnya, mereka mengungkap beberapa judul lagu yang masuk dalam alunan musik tersebut termasuk tiga judul yakni God Save the King,” “Baa, Baa Black Sheep,” dan “In the Mood” karya Glenn Miller.




Copeland yang menemukan fakta tentang musik pertama yang pernah direkam menggunakan komputer ini merasa bahwa, temuannya tersebut layaknya sebuah mahakarya yang telah lama terkubur dan tidak pernah diketahui jejaknya.

Baca juga: Alfred Bernhard Nobel ~ Kisah Panjang Sang Inisiator Penghargaan Nobel 

Dalam dunia teknologi, mungkin ekspektasi masyarakat awam adalah melihat sesuatu yang canggih dan belum pernah. Namun musik yang mungkin terdengar biasa saja ini adalah bukti bahwa, sang maestro komputer juga mempunyai nilai sentimentil tinggi dalam dunia seni.

Dari sinilah kemudian, ditasbihkan bahwa musik ini menjadi musik pertama yang dibuat melalui teknologi komputer. Dan menariknya, musik ini pernah didengar lebih dari 50 tahun lalu dan kembali didengarkan lagi saat ini.

Bagi rekan-rekan yang penasaran seperti apa musik yang dibuat oleh Alan Turing ini,  bisa mengakses pada tautan berikut ini. Soundcloud.com/guardianaustralia/first-ever-recording-of-computer-music



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Wow! mungkin kalau jaman modern-nya bisa disamakan dengan aplikasi guitar pro :D hahah

  2. pasti ribet banget, dijaman sekarang mau rekording pake software aja ribet dan susah.. hehe ngomong ngomong tu lagu formatnya apa ya?

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud