Sebelum Coding, Inilah 4 Hal yang Terlebih Dahulu Wajib Dilakukan Founder Startup

founder startup

Image dari Etohum.com

Saat ini zaman dan dunia memang banyak berubah. Dengan pertumbuhan #teknologi yang sangat pesat membuat banyak bisnis beralih dari offline ke online. Dan salah satu produk bisnis online yang makin digemari orang-orang adalah startup.

Ya, produk digital yang satu ini memang sedang marak-maraknya. Bahkan saking marakya, di kota Bandung sendiri akan dibuatkan tempat semacam Silicon Valley, pusat startup di Amerika. Dengan hal ini semua maka startup tidak bisa lagi dipandang sebelah mata di negeri ini. Nah, bila kita berbicara tentang startup maka akan ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membentuk produk startup itu sendiri.

Dan salah satu bentuk aktivitas untuk menciptakan startup itu adalah coding. Ya, coding memang sebuah tahapan yang perlu dilalui developer yang ingin membuat produk. Namun sebelum benar-benar melakukan coding, ada beberapa hal yang patut dilakukan. Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya.

1. Definisikan Dengan Jelas Masalah yang Ingin Dipecahkan

Hal pertama yang perlu founder startup lakukan sebelum coding adalah mendefinisikan masalah yang ingin dipecahkan. Ya, sebuah startup memang dituntut untuk bisa memecahkan sebuah permasalahan. Semakin banyak orang yang membutuhkan pemecahan masalah dari startup Anda maka semakin bernailai baik pula #startup Anda.

Nilai dari sebuah produk startup memang bukan terlihat dari murah, baik, cepat, pintar, menarik, atau apapun yang terkait langsung dengan #aplikasi atau website yang dibuat. Namun lebih dari itu, impact dan tawaran solusi yang bisa orang lain rasakanlah yang mampu membuat startup Anda bernilai. Jadi cobalah untuk merumuskan masalah dan jalan keluar yang bisa Anda tawarkan dari startup yang akan Anda dirikan.




Artikel lain: 5 Tips Jitu Dapatkan Ide Bisnis Startup yang Potensial

2. Yakinkan Influencer Dengan Tawaran Produk Startup Anda

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan coding adalah meyakinkan influencer dengan tawaran produk startup Anda. Ya, untuk menjadikan produk Anda mulai banyak dikenal saat launching dan tak membuat produk startup Anda tidak sia-sia setelah jadi, maka Anda membutuhkan beberapa orang influencer.

Untuk apa sebuah influencer? Tentu saja seperti layaknya seorang pelanggan setia, mereka akan bermanfaat bagi Anda untuk membantu mengenalkan produk kita kepada khalayak atau publik. Dengan dikenalkannya produk startup kita, maka kita akan mendapatkan sebuah keyakinan dan kepastian bahwa startup akan diterima pasar dengan baik saat grand launching. Tapi bagaimana mengundang influencer bahkan sebelum coding dilakukan? Anda bisa memikirkan nilai atau manfaat yang sekiranya dibutuhkan para influencer.

Selanjutnya tawarkan pada mereka agar mereka juga mau bekerja sama. Namun jangan harap mengundang dan meyakinkan para influencer ini bisa dilakukan dengan mudah. Bisa jadi Anda akan mendapatkan penolakan. Namun saat terjadi penolakan Anda tak boleh menyerah. Terus tawarkan nilai dan keunggulan produk startup Anda hingga mereka bisa yakin dan mau bekerja sama dengan Anda..

3. Tentukan Nilai Utamanya

Ya, sebuah startup memang harus memiliki nilai utama atau kelebihan teratas untuk ditawarkan kepada publik. Dan hal ini perlu Anda cari dan temukan jauh sebelum proses coding dilakukan. Cobalah rumuskan apa saja nilai utama yang akan Anda hadirkan kepada publik agar startup yang Anda buat tidak sia-sia.




Contoh nilai utama pada startup yang telah ada adalah startup Uber yang memberikan kesempatan bagi para sopir mobil pribadi untuk memanfaatkan waktu luang mereka untuk menerima penumpang dan mengantarkan. Selain menguntungkan bagi penumpang karena tak harus membayar sewa mobil yang mahal untuk waktu yang lama, bagi sopir pribadi pun akan menguntungkan karena mendapatkan penghasilan tambahan.

Contoh yang lain yaitu Slack yang menciptakan solusi kemudahan komunikasi dalam pekerjaan. Ketika mereka mampu merangkul basis pengguna yang besar, maka mereka pun membuat sebuah toko aplikasi untuk dimonetisasi lebih besar lagi.

Baca juga: 4 Tips Untuk Membawa Startup Online Go Internasional

4. Jangan Lupakan Strategi Pasar

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan sebelum  coding adalah dengan tidak melupakan strategi pasar. Ya, Anda memang harus memikirkan strategi pasar apa yang akan diluncurkan. Cobalah hubungkan strategi yang akan Anda terapkan ini dengan masalah yang telah kamu identifikasi. Dan cobalah cari teknik bagaimana membuat publik bersedia membayar solusi yang Anda tawarkan.

Jangan lupa juga tetapkan target pasar Anda. Cari keberadaan mereka dan sesuaikan strategi dengan gaya hidup dan karakter mereka. Pilih juga media yang paling tepat untuk produk startup Anda. Apakah media offline atau media online yang akan digunakan. Pastikan semuanya sesuai dengan rancangan dan juga produk startup Anda.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud