6 Resep Sukses Brand Biskuit Legendaris, Khong Guan

resep sukses biskuit khong guan

Apa Resep Sukses Biskuit Legendaris Khong Guan?

Kalau disurvei, mungkin 90% masyarakat Indonesia sudah tahu biskuit Khong Guan. Ini adalah merek biskuit legendaris yang tetap populer di Indonesia hingga saat ini. Di bawah bendera PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd, Khong Guan memang bisa dibilang sukses di ranah di bisnis biskuit.

Khong Guan memang legendaris sebagai jajanan yang selalu diingat publik dengan kaleng merah bergambar seorang ibu dan dua anaknya yang sedang duduk di meja makan menikmati biskuit. Seiring dengan perkembangan bisnis yang bertumbuh besar, perusahaan yang didirikan oleh Hidayat Darmono itu melebarkan sayap dengan meluncurkan merek-merek biskuit seperti Nissin, Monde dan Serena.

Berbagai merek tersebut selalu terus melakukan inovasi, baik dari segi taste (rasa) maupun penampilan produk atau kemasan. Kini PT Khong Guan Biscuit telah memiliki setidaknya 418 jenis biskuit, dan semuanya telah populer di masyarakat.

Lalu sebenarnya apa resep sukses Khong Guan ini hingga bisa merajai bisnis biskuit? Berikut ulasannya.

1. Fokus Pada Kualitas

Resep pertama Khong Guan untuk sukses di bisnis biskuit adalah selalu fokus pada kualitas. Budi Hendarto, selaku direktur Khong Guan Group menuturkan bahwa perusahaannya selalu memperhatikan kualitas dari produknya.

Menurutnya, kualitas adalah hal yang paling utama untuk bisa mendapatkan kesetiaan pelanggan dan memenangkan bisnis apapun. Khong Guan selalu menggunakan bahan berkualitas untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi.

Inilah alasan pertama mengapa biskuit Khong Guan menjadi produk yang banyak dipilih oleh konsumen.

2. Mengutamakan Mutu

Selain kualitas, seorang pengusaha juga harus mampu memastikan produknya memiliki mutu yang baik. Setelah memiliki mutu yang baik maka pengusaha bisa melanjutkan pada strategi-strategi lainnya, tutur Budi Hendarto.

Saat proses produksi dilakukan, Khong Guan selalu mengedepankan mutu. Guna menjamin mutunya Khong Guan Group kemudian mensertifikasi kehalalannya dengan mencapai sertifikat ISO 22000: 2005.

Dengan adanya sertifikasi ini maka Khong Guan dianggap masyarakat sebagai produk yang aman untuk di konsumsi.

3. Memiliki Jaringan Distribusi yang Luas

Saat sebuah produk sudah diterima masyarakat dengan kualitas dan mutu yang baik, maka Khong Guan melakukan perluasan jaringan distribusi yang kuat.

Dalam hal perluasan ini Khong Guan memang selalu mengusahakan memperbanyak jumlah distributor setiap tahunnya untuk menjamin eksistensinya.

Dari usahanya ini tak ayal bila kemudian penjualan Khong Guan menyebar ke seluruh daerah di Indonesia dan sebagian di pasar Asia dan Afrika. Selain menguatkan eksistensi, perluasan jaringan yaang dilakukan Khong Guan juga dimaksudkan untuk membendung serangan dari kompetitor.

4. Produk Dapat Menyentuh Semua Kalangan

Dari pengembangan produk yang ada, maka produk Khong Guan telah sukses menyentuh berbagai kalangan. Kategorinya sendiri adalah Khong Guan yang menyasar pasar menengah-bawah, Nissin untuk kalangan menengah, dan Monde diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas.

Menurut Budi Hendarto pengembangan  atau inovasi produk Khong Guan dilakukan secara berkesinambungan agar tetap dapat di terima oleh seluruh lapisan masyarakat.

5. Melakukan Berbagai Promosi

Meski telah dikenal banyak orang, namun PT Khong Guan Biscuit tak mau terlena. Mereka terus gencar melakukan berbagai promosi.

Salah satu bentuk promosi yang dijalankan Khong Guan adalah beriklan di media televisi, terutama ketika masuk momen penting hari besar nasional seperti hari raya idul Fitri serta Natal dan tahun baru.

6. Melakukan Aktivitas Pemasaran yang Unik

Terakhir, resep Khong Guan meraih sukses adalah melakukan aktivitas pemasaran yang unik. Selain promosi di televisi, Khong Guan memang memiliki strategi pemasaran yang unik dan menarik yaitu dengan memberikan kaleng Khong Guan ke tukang dagang bubur, ketoprak, nasi goreng dan lain-lain.

Kaleng Khong Guan memang selalu diminati oleh para penjual tersebut, sebab memiliki ruang yang baik untuk menyimpan kerupuk. Maka dengan strategi ini Khong Guan akan mendapat keuntungan yaitu iklan outdoor keliling yang gratis.

Simpulan

Dari biskuit Khong Guan kita bisa belajar bahwa menjadi sukses itu perlu kiat-kiat dan usaha yang dilakukan secara berkesinambungan. Tidak perduli apa bisnis yang dijalankan, enam resep sukses biskuit Khong Guan itu bisa diterapkan, di antaranya;

  • Fokus pada kualitas.
  • Mengutamakan mutu.
  • Jaringan distribusi yang luas.
  • Produk dapat menyentuh semua kalangan.
  • Melakukan berbagai promosi.
  • Aktivitas pemasaran yang unik.

Mudah-mudahan rekan-rekan pebisnis bisa menerapkan resep sukses Khong Guan tersebut di dalam bisnisnya.

Asep Irwan

Asep Irwan adalah content writer di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar di dunia kepenulisan, blogging, dan media online.

4 pemikiran pada “6 Resep Sukses Brand Biskuit Legendaris, Khong Guan”

  1. Sekarang mah kalo lebaran banyak di meja ada biskuit khong Guan tapi di dalemnya isi rengginang,.. wkwkwkkkkk

    Balas
  2. Untuk biskuit Khong Guan, sudah jadi Top of Mind masyarakat Indonesia, entah itu ketika acara idul fitri ataupun acara keluarga, pasti menemukan biskuit ini tersaji di atas meja, Legendaris banget biskuit ini. Tapi yang paling lucunya adalah ketika kalengnya Khong Guan tapi malah diisi Rengginang :D hahaha

    Balas
  3. Semua usaha butuh perjuangan. Khong guan bisa bertahan sampai sekarang dan terus berkembang karena kualitas dan mereknya yang dikenal baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.
    Terimakasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan